Sabtu, 17 November 2018

09.Apa makna Bunga Lotus dan simbol Swastika 卍?


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Apa makna Bunga Lotus dan simbol Swastika ?”

Di dalam Buddha Dharma sering digunakan simbol, yang paling umum dijumpai adalah Bunga Lotus, Roda Dharma dan Swastika ().

  Simbol Swastika merupakan salah satu dari 32 tanda Buddha, di dada rupang Buddha terukir simbol Swastika. Swastika melambangkan kesejahteraan.

Bunga Lotus melambangkan kesucian, kita melihat rupang Buddha atau Bodhisattva duduk atau berdiri di atas tahta Bunga Lotus, mengapa tidak memakai bunga jenis lainnya?

 Bunga Lotus melambangkan kesucian tanpa noda, mewakili etika moral Buddha dan Bodhisattva. Bunga Lotus tumbuh dari dalam lumpur, akarnya berada di dalam lumpur, batangnya berada di bawah permukaan air, bunganya bermekar di atas permukaan air, Bunga Lotus bukan saja melambangkan keluar dari lumpur dan tak terkotori oleh lumpur, bahkan tak tersentuh oleh air.

Sang Buddha menggunakan simbol ini untuk melambangkan Dharma, lumpur diibaratkan sebagai enam alam tumimbal lahir, enam alam tumimbal lahir penuh dengan lima kekeruhan dan kejahatan; di atas endapan lumpur adalah air, air ini melambangkan empat alam suci yakni Alam Sravaka, Alam Pratyekabuddha,  Alam Bodhisattva dan Alam Buddha.

Hal ini menunjukkan bahwa sebagai praktisi bukan hanya harus membebaskan diri dari enam alam tumimbal lahir bahkan juga mesti melampaui Sepuluh Alam Dharma (Dasa Dharmadhatu), inilah makna dari Bunga Lotus.





法音普薰集佛門的蓮花、卍字是什麼意思?  (第十二集)  檔名:29-511-0012
  佛法裡面常常用來表法的,最普遍的是三個東西,第一個是蓮華,第二個是法輪,第三個是卍字。卍字是三十二相之一,佛胸口有卍字的相。卍字是表吉祥的,都是右旋。蓮華表清淨,用得很多,我們看到佛像、菩薩像坐在蓮華台上、站在蓮華台上,為什麼不用其他的花來代表?蓮華所表的意思是清淨無染,確實是代表佛菩薩的德行。蓮華是長在池塘裡面,它的根在池塘泥土裡,它的莖是在水裡面,花開在水上面,蓮華代表不但是出污泥而不染,連清水它也不染。所以佛用這個來表法,把池塘裡面的泥代表六道,六道是五濁惡世、是染污;泥的上面是清水,把清水代表四聖法界:聲聞、緣覺、菩薩、佛,十法界裡面的佛;華開在水上面,這就顯示修行人不但要脫離六道,還要脫離十法界,四聖法界也不沾染,這是蓮華表的意思。