Kamis, 07 Februari 2019

55.Dari mana datangnya kebahagiaan


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Dari mana kebahagiaan itu berasal?

Dalam kehidupan ini kita mesti dapat mewujudkan “Tidak bersaing dengan orang lain, tidak mendambakan dunia ini”. Kita melewati kehidupan yang bersahaja, makanan asalkan dapat mengganjal perut, pakaian asalkan dapat menghangatkan tubuh, rumah mungil dapat berteduh dari hujan, maka ini sudah cukup, kehidupan bersahaja membuat kita bahagia.

Dari mana kebahagiaan berasal? Anda tidak bersaing dengan orang lain dan tidak mendambakan dunia ini, barulah anda dapat menikmati kebahagiaan. Dari mana datangnya kerisauan? Oleh karena suka bersaing dengan orang lain, mendambakan dunia ini, makanya anda hidup dalam dunia yang penuh dengan kerisauan. Apa alasannya?

Ketika anda mendambakan sesuatu tapi tidak tercapai, maka anda akan frustasi, setelah berhasil memilikinya, anda takut kehilangan, setiap hari hidup dalam keadaan “Ingin memperoleh dan takut kehilangan”, betapa sengsaranya.

Saya sendiri tidak menghendakinya, saya hidup dengan bahagianya! Hidup di dunia ini, hidup sehari hitung sehari, hari esok belum tiba, jangan dirisaukan, barulah kehidupan kita terasa bebas dan leluasa!

Selain melatih diri dan mengejar kemajuan batin buat diri sendiri, maka sisa waktu luang, bila masih memiliki sedikit tenaga dan waktu, bantulah orang lain. Bagaimana cara membantunya?

Bantulah dia supaya menjauhi kesesatan dan tercerahkan. Menjauhi kesesatan dan tercerahkan adalah benih sebab, buah akibatnya adalah menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, kesesatan membawa kesengsaraan pada dirimu, tercerahkan membawa kebahagiaan pada dirimu.


法音普薰集快樂從哪裡來?  (第九十三集)  檔名:29-511-0093
  真正要做到我們這一生在這個世間,「於人無爭,於世無求」。我們過一點簡單的生活,每天能吃飽,穿得暖,有個小房子可以遮蔽風雨,足了,非常快樂了。快樂從哪裡來?你不爭不求就快樂。煩惱從哪裡來?於人爭,於世有求,你就煩惱。為什麼?求不得苦,得到了又怕丟掉,患得患失,這很痛苦。我什麼都不要,我就要這麼一點點,我也不積蓄,我也不儲存,你多快樂!我在這個世間活一天算一天,明天不去想它,我們就得自在了!除了提升自己的境界,還有一點能力、還有一點時間,幫助別人。幫助他什麼?幫助他破迷開悟。破迷開悟是因,果,果是離苦得樂,迷帶給你痛苦,覺帶給你快樂。