Sabtu, 16 Februari 2019

59.Siapa yang paling mudah diselamatkan


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Siapa yang paling mudah diselamatkan?”

Sang Buddha dalam menyelamatkan para makhluk, ada dua golongan orang yang paling mudah diselamatkan. Golongan pertama adalah insan yang memiliki akar kebijaksanaan yang tinggi, begitu dinasehati dia langsung mengerti, takkan ada sebutir pun bentuk pikiran, melafal Amituofo dengan setulusnya; golongan kedua adalah insan yang memiliki akar kebijaksanaan yang rendah.

Jadi orang yang memiliki akar kebijaksanaan yang tinggi dan rendah yang paling mudah diselamatkan, siapakah yang dimaksud sebagai insan yang memiliki akar kebijaksanaan rendah? Yakni mereka yang tidak berniat untuk mencari pemahaman, jadi saya disuruh melafal Amituofo yah saya turuti saja melafalnya dengan setulusnya, siang malam melafal berkesinambungan, niat pikiran apapun tidak ada, orang begini dapat berhasil.

Yang paling sulit diselamatkan adalah golongan menengah, yang tergantung-gantung, ini yang sulit diselamatkan, kita termasuk dalam golongan ini, sungguh merepotkan.

Maka itu Buddha Sakyamuni membabarkan Dharma 49 tahun lamanya, bersusah payah adalah demi golongan orang seperti kita ini, yang terpaksa harus menyampaikan teori, metode dan kondisi batin, menjelaskannya hingga terperinci, setelah kita memahaminya dengan jelas barulah bersedia melepaskan kemelekatan.

Sanggup melepaskan kemelekatan adalah pahala besar, di dunia ini, siapa yang paling memiliki pahala? Yakni orang yang tidak punya bentuk-bentuk pikiran, yang paling mempunyai pahala.

Jadi bukanlah orang yang mempunyai kedudukan tinggi, harta berlimpah barulah dikatakan punya pahala, justru ini bukanlah pahala. Anda memang menikmati kesenangan materi, tapi cuma untuk berapa lama?

Bagaimana setelah mati? Berputar di dalam lingkaran enam alam tumimbal lahir, apakah begini termasuk pahala?

Sebaliknya praktisi yang di hatinya tiada sebutir pun bentuk pikiran, siang malam mengingat dan melafal Amituofo, orang begini beberapa tahun lagi akan menjadi Buddha, inilah yang disebut pahala besar.

Andaikata anda dapat memahami kebenaran ini, barulah mengetahui jasa kebajikan dari ruang kebaktian pelafalan Amituofo adalah unggul tiada bandingnya.


法音普薰集哪種根性的人容易成就?  (第九十八集)  檔名:29-511-0098
  所以佛度眾生,兩種人最好度。一個是上根利智,一勸他,他就通達明瞭,他一個妄念沒有,老實念了;另外一個是下愚。上智跟下愚最好度,下愚是什麼?他也不想懂,叫我念我就老實念,就一天念到晚,他什麼念頭都沒有,這種人能成功。最難度的是當中的半吊子,難度,我們就屬於當中這一類,很麻煩。所以世尊四十九年,辛辛苦苦都是為我們這一幫人,不能不把道理、方法、境界細細來說明,我們真的搞清楚、搞明白,才肯放下。放下是大福報,這世間什麼人最有福報?沒有妄念的人有福報。絕對不是說有很高的地位,有多少財富,不是的,那不是福報。現前雖然享受物質生活,你能享幾年?死了以後怎麼辦?三途六道去流轉,那算什麼福報。心裡頭一個妄想都沒有,一天到晚憶佛念佛,這個人過幾年他就作佛去,這才叫大福報。你真正通達明瞭,才知道念佛堂功德的殊勝無比。