Ceramah Master Chin
Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana
caranya supaya memiliki “Ketrampilan melafal Amituofo”?
Ada praktisi yang
bertanya padaku, bagaimanakah yang dimaksud dengan ketrampilan melafal
Amituofo? Yang dimaksud dengan ketrampilan melafal Amituofo adalah di dalam
hati hanya ada “Mengingat dan melafal Amituofo”, selain mengingat dan melafal
Amituofo, takkan ada lagi bentuk pikiran lainnya.
Bentuk-bentuk
pikiran adalah kekotoran batin, akar kekotoran batin belum dipatahkan, apabila
dapat mematahkan akar kekotoran batin ini, maka kondisi batin yang dicapai akan
lebih tinggi lagi, tidak mudah untuk mewujudkannya.
Ketika anda
mengingat Buddha Amitabha, di hatimu ada Buddha Amitabha, kekuatan pikiran ini
sangat kuat, sehingga mampu meredam kekotoran batin, walaupun kekotoran batin
itu masih ada namun sudah tidak efektif lagi, inilah yang dimaksud dengan
ketrampilan melafal Amituofo.
Apabila dalam
kehidupan keseharian di hati kita masih timbul keserakahan, saat menghadapi
keadaan yang tidak menyenangkan, masih muncul kebencian, ketahuilah bahwa
ketrampilanmu masih belum memenuhi standar.
Ketrampilan
sesungguhnya adalah ketika menghadapi keadaan yang menyenangkan takkan timbul
kemelekatan atau keserakahan, sebaliknya ketika menghadapi keadaan yang tidak
menyenangkan, takkan timbul kebencian, senantiasa menjaga keseimbangan batin, inilah
yang disebut sebagai ketrampilan melafal Amituofo.
Dalam melatih
metode pelafalan Amituofo, minimal harus mencapai ketrampilan begini, barulah
disebut sebagai berhasil, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, jadi mesti mencapai
target ini.
Untuk mencapai
target ini, ada sebagian praktisi mengeluh : “Ini terlampau sulit”. Memang
betul, sulit, mana ada segampang itu untuk menjadi Buddha? Tentu saja tidak
mudah.
Maka itu dalam
kehidupan keseharian harus melatih ketrampilan, yakni mengikhlaskan dan
melepaskan kemelekatan. Dengan perkataan lain, sepanjang hidup ini, dalam
memperlakukan orang lain, menangani segala urusan, memperlakukan makhluk hidup
dan benda mati, tidak mendambakan dan melekat padanya, setiap masalah hendaknya
diurai, jangan berperhitungan, barulah ketrampilan kita jadi efektif.
法音普薰集—如何達到「功夫成片」? (第九十五集) 檔名:29-511-0095
有同修來問我,功夫成片是什麼樣子?這個要知道,功夫成片心裡面只有「憶佛念佛」,除憶佛念佛之外,其他的妄念沒有。妄念是煩惱,煩惱的根並沒有斷,根要斷掉的話,這境界就高了,不容易做到。我們念佛這個念,憶也是念,心裡面想佛,這個念力量強,把煩惱壓住、伏住,煩惱雖然有不起作用,不起現行,這個就叫做功夫成片。如果我們離開念佛堂,在日常生活當中還會起貪心,遇到不高興的還會起瞋恚心,你要知道,你的功夫沒有達到這個水平。功夫真的達到成片,遇到歡喜的沒有貪愛心,遇到不高興的也沒有瞋恚心,你的心永遠保持平靜,永遠保持在念佛堂的境界,這叫成一片。在念佛堂裡鍛鍊,至少要練成這種功夫,你才算是有成就,你念佛及格;及格就是決定往生,要達到這個目的。
要達到這個目的,有些同修說:「這個難,好難。」沒錯,是難,哪有那麼容易作佛?當然不容易。這一樁事情平時要用功夫,平時用什麼功夫?看破、放下。也就是說,我們在這一生當中,對於一切人、一切事、一切物,要看淡一點,不要太執著,凡事要學大而化之,不要斤斤執著,我們這個功夫才會得力。