Jumat, 15 Februari 2019

56.Ketrampilan Melafal Amituofo


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana caranya supaya memiliki “Ketrampilan melafal Amituofo”?

Ada praktisi yang bertanya padaku, bagaimanakah yang dimaksud dengan ketrampilan melafal Amituofo? Yang dimaksud dengan ketrampilan melafal Amituofo adalah di dalam hati hanya ada “Mengingat dan melafal Amituofo”, selain mengingat dan melafal Amituofo, takkan ada lagi bentuk pikiran lainnya.

Bentuk-bentuk pikiran adalah kekotoran batin, akar kekotoran batin belum dipatahkan, apabila dapat mematahkan akar kekotoran batin ini, maka kondisi batin yang dicapai akan lebih tinggi lagi, tidak mudah untuk mewujudkannya.

Ketika anda mengingat Buddha Amitabha, di hatimu ada Buddha Amitabha, kekuatan pikiran ini sangat kuat, sehingga mampu meredam kekotoran batin, walaupun kekotoran batin itu masih ada namun sudah tidak efektif lagi, inilah yang dimaksud dengan ketrampilan melafal Amituofo.

Apabila dalam kehidupan keseharian di hati kita masih timbul keserakahan, saat menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan, masih muncul kebencian, ketahuilah bahwa ketrampilanmu masih belum memenuhi standar.

Ketrampilan sesungguhnya adalah ketika menghadapi keadaan yang menyenangkan takkan timbul kemelekatan atau keserakahan, sebaliknya ketika menghadapi keadaan yang tidak menyenangkan, takkan timbul kebencian, senantiasa menjaga keseimbangan batin, inilah yang disebut sebagai ketrampilan melafal Amituofo.

Dalam melatih metode pelafalan Amituofo, minimal harus mencapai ketrampilan begini, barulah disebut sebagai berhasil, pasti terlahir ke Alam Sukhavati, jadi mesti mencapai target ini.

Untuk mencapai target ini, ada sebagian praktisi mengeluh : “Ini terlampau sulit”. Memang betul, sulit, mana ada segampang itu untuk menjadi Buddha? Tentu saja tidak mudah.

Maka itu dalam kehidupan keseharian harus melatih ketrampilan, yakni mengikhlaskan dan melepaskan kemelekatan. Dengan perkataan lain, sepanjang hidup ini, dalam memperlakukan orang lain, menangani segala urusan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, tidak mendambakan dan melekat padanya, setiap masalah hendaknya diurai, jangan berperhitungan, barulah ketrampilan kita jadi efektif.


法音普薰集如何達到「功夫成片」?  (第九十五集)  檔名:29-511-0095

有同修來問我,功夫成片是什麼樣子?這個要知道,功夫成片心裡面只有「憶佛念佛」,除憶佛念佛之外,其他的妄念沒有。妄念是煩惱,煩惱的根並沒有斷,根要斷掉的話,這境界就高了,不容易做到。我們念佛這個念,憶也是念,心裡面想佛,這個念力量強,把煩惱壓住、伏住,煩惱雖然有不起作用,不起現行,這個就叫做功夫成片。如果我們離開念佛堂,在日常生活當中還會起貪心,遇到不高興的還會起瞋恚心,你要知道,你的功夫沒有達到這個水平。功夫真的達到成片,遇到歡喜的沒有貪愛心,遇到不高興的也沒有瞋恚心,你的心永遠保持平靜,永遠保持在念佛堂的境界,這叫成一片。在念佛堂裡鍛鍊,至少要練成這種功夫,你才算是有成就,你念佛及格;及格就是決定往生,要達到這個目的。

  要達到這個目的,有些同修說:「這個難,好難。」沒錯,是難,哪有那麼容易作佛?當然不容易。這一樁事情平時要用功夫,平時用什麼功夫?看破、放下。也就是說,我們在這一生當中,對於一切人、一切事、一切物,要看淡一點,不要太執著,凡事要學大而化之,不要斤斤執著,我們這個功夫才會得力。