Kamis, 15 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2018


Saat bertemu dengan berbagai rintangan, ini adalah sebab akibat, setelah memahaminya, takkan lagi menyalahkan orang lain. Musuh kerabat penagih hutang, ada yang berasal dari masa kehidupan sekarang, ada pula yang berasal dari masa kelahiran lampau, memahami jalinan antar insani, bukan saja pada satu generasi sekarang ini, bahkan bisa saja beberapa generasi sebelumnya, bahkan bisa juga sampai berpuluh-puluh generasi sebelumnya, masih ada sangkut pautnya, hal ini sungguh mengerikan!

Setelah memahami kenyataan ini, saya jadi berpikir, bagaimana caranya supaya sepanjang hidup ini tidak berselisih dengan orang lain, tidak menyakiti hati orang lain, jangan sampai berseteru dengan orang lain, perjalanan hidup yang ditempuh takkan berliku-liku. Berkat perlindungan dari leluhur, pemberkatan dari Triratna, segala harapan dapat terwujud, ini nyata adanya.

Namun sebagai manusia, kita memiliki tabiat yang berat, sudah tahu tidak boleh masih juga melanggarnya. Yang namanya tabiat itu bukan dipelihara pada satu masa kehidupan ini saja, namun sudah terpelihara sejak kelahiran demi kelahiran, maka itu tidak mudah diubah.

Tetapi bila kita tidak mengubahnya, dalam perjalanan melatih diri, akan bertemu dengan banyak rintangan. Kita tidak bisa menyalahkan orang lain, semua ini diciptakan oleh diri sendiri, tiada kaitannya dengan orang lain.

Benih sebab yang kita tanam akan menghasilkan buah akibat, benih menghasilkan buah membutuhkan faktor pendukung, salah satunya adalah unsur manusia. Maka itu faktor pendukung ini mesti dikelola dengan baik, barulah dapat mengubah buah akibatnya. Bila anda memahami aturan ini, maka anda pasti bisa memperbaiki hasil akhirnya.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2018
Judul : Cara Mengubah Jalan Hidup
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0040

九十年過去,印象最深的就是真正相信因果報應,是真的,一點都不假。遇到許許多多的障礙,都是因果,看清楚、想明白了,不會再怪人。有這一生的、有過去生中的,知道人與人的關係,可以能夠溯到過去多少代,甚至於幾十代,都還相互的影響,所以很可怕!了解這個事實真相,我就常想,怎樣一生當中,不得罪一個人、不傷害一個人、不讓一個人起反感,對自己,前途才一帆風順。祖宗真的加持、三寶護佑,心想事成,這些話都不是假的,都是真話。

可是我們人,習氣很深,知道了,改過還是很難。這是關於習氣,不是一生一世養成的,多少生,乃至於多少劫養成的毛病,所以很不容易改掉。可是自己冷靜去想,如果不能改掉,我們現在修行有很多障礙。這障礙不能怪別人,都是自己習氣感召的,實在講於人沒有關係。人是個緣,真正有因,結到果,當中要有緣;緣不足,不會結果。所以這個緣要好好處理,因果就可以改。你懂得這個道理、曉得這個訣竅,自己能夠把自己業障改過來、扭過來。

文摘恭錄 台南極樂寺餐後開示如何扭轉自己的境遇  (第四十集)  2018/10/19  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0040

 


 

Insan terpelajar jaman dulu di Tiongkok, mereka sangat jelas di mana letak kesalahan diri sendiri, setelah menyadarinya, segera memperbaiki diri, sehingga lembaran hitam masa silam sirna dan masa depan jadi gilang-gemilang.

Manusia sepanjang hayatnya, masalah terbesar adalah bagaimana supaya terbebas dari enam alam tumimbal lahir, bagaimana cara agar terlahir ke Alam Sukhavati, sedangkan masalah lainnya cuma persoalan sepele, tidak pantas ditaruh di hati, apa yang dapat diikhlaskan, mengalah sajalah.

Seperti yang dikisahkan dalam “Liu Chi Xiang (Lorong 6 Kaki)”, apa beratnya mengalah jalan seluas 3 kaki pada orang lain? Dengan mengalah, berapa banyak ancaman bahaya yang tidak tampak, akhirnya jadi terurai? Sebaliknya bila tidak sudi mengalah, pasti ada akibatnya.

Bagaimana akibatnya? Dendam yang dipendam kian lama kian mendalam, hingga akhirnya keluarga jadi bercerai-berai. Andaikata diri sendiri masih memiliki timbunan jasa kebajikan, kedudukan yang tinggi, kekuasaan yang besar, maka karma buruk yang diciptakan akan lebih berat lagi; satu masa kehidupan menciptakan karma buruk, 10 masa kehidupan belum tentu dapat melunasinya hingga tuntas, betapa mengerikannya!

Maka itu mesti belajar menahan kesabaran, “Segala keberhasilan terwujud dari kesabaran”, kalau tidak sanggup bersabar maka sungguh memprihatinkan, melewati kelahiran demi kelahiran. Maka itu dapat bersabar, dapat mengalah, orang begini memiliki pahala.

Ketika batin kita sedang tidak seimbang, rintangan terbesar bukanlah ada pada orang lain, namun kita menciptakan rintangan terbesar buat diri sendiri. Untuk mengubahnya harus dimulai dari diri sendiri, bukan menyuruh orang lain memperbaiki diri, namun setelah diri sendiri berhasil memperbaiki diri, orang lain yang melihatnya, perlahan-lahan juga akan ikut berubah.

Sebelum mengenal Buddha Dharma, selama kelahiran demi kelahiran yang lampau, entah sudah berapa banyak karma buruk yang kita perbuat, menyimpan dendam dan membalas orang lain tanpa mengenal ampun, ikatan permusuhan kian dijalin kian mendalam, balasan yang diterima kelahiran demi kelahiran kian parah dan berat, sungguh mengerikan.

Melatih diri dimulai dari diri sendiri, asalkan diri sendiri bersedia kembali ke jalan yang benar, barulah dapat mempengaruhi orang lain.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 19 Oktober 2018
Judul : Cara Mengubah Jalan Hidup
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0040


中國古時候讀書人,佛法講修行人,讀書人就是修行人,修行人就是讀書人。書、理都明白了、都清楚了,就知道自己過失在什麼地方;知道就改,最後過失統統消失掉,前途一帆風順。

人的一生,最大的一樁事情,怎麼樣脫離六道輪迴、怎麼樣往生極樂世界,其他的都是小事,不足為道,能讓儘管讓。《六尺巷》這個劇本最重要就是教讓,讓他三尺又何妨?能讓,很多災難無形當中化解了;不能讓,放在心上,決定有報應,報應往往很殘酷。報應的結果是什麼?仇愈結愈深,到最後家破人亡。如果自己累積的還有功德,地位很高、權勢很大,那造業就更重;一世造業,也許十世都還不清,那多可怕!所以,要修忍耐,「一切法得成於忍」,不能忍很可憐,生生世世。所以能忍、能讓,這個人真正有福報。

所以心不平是最大的障礙,不是障礙別人,障礙自己。改過一定從自己,不是別人,自己改了之後,慢慢別人也改了。

佛法真好東西,我們要不遇到佛法,過去生生世世造的罪業不知道,報復不饒人,怨愈結愈深,果報一世比一世嚴重、可怕。

  修行從自己修起,儒跟佛完全相同。自己修正過來之後,功德很大,能影響別人。 

文摘恭錄 台南極樂寺餐後開示如何扭轉自己的境遇  (第四十集)  2018/10/19  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0040