Sabtu, 22 Desember 2018

31.Hidup dalam dunia yang penuh dengan kerisauan


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Hidup dalam dunia yang penuh dengan kerisauan”

Sejak zaman dulu hingga sekarang, baik di dalam maupun di luar negeri Tiongkok, pernahkah anda mendengar ada praktisi sejati yang mati kelaparan? Tidak pernah.

Pada masa Dinasti Tang terdapat Master Daoxuan, yang merupakan pendiri Aliran Vinaya, beliau makan sehari satu kali saja, tidak makan setelah lewat tengah hari, makanan beliau merupakan persembahan dari Dewa, ini tercatat dalam sejarah.

Dia tidak perlu berpindapatra, juga tidak butuh umat yang datang mengantarkan makanan untuknya, tetapi tiba pada waktunya, Dewa akan datang memberi persembahan makanan.

Ini merupakan kejadian nyata, dengan sendirinya Buddha dan Bodhisattva serta Dewa Pelindung Dharma akan mencarikan pendukung buat dirimu, jadi anda tidak perlu merisaukannya, begini barulah betul.

Tetapi banyak orang yang tidak percaya, kalau tidak percaya yah takkan ada mukjizat. Oleh karena setengah percaya setengah tidak, tidak sanggup membangkitkan keyakinan secara menyeluruh, makanya tekadnya juga tidak bulat, melafal Amituofo lain di mulut lain pula di hati.

Makanya praktisi yang melafal Amituofo jumlahnya banyak, tapi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, jumlahnya cuma sedikit, alasannya terletak di sini.

Jadi bukanlah sutra yang tidak efektif, atau lafalan Amituofo yang tidak efektif, sutra dan nama Buddha adalah sungguh efektif, kalau anda tidak percaya maka juga tak berdaya.

Maka itu orang yang percaya, hatinya jadi tenang, terhadap keperluan hidup takkan merisaukannya sama sekali, juga takkan menanyakannya sama sekali.

Hari esok masih belum tiba, buat apa anda mengkhawatirkannya? Begini barulah disebut praktisi sejati, para Buddha akan memberkatinya, Dewa Naga akan melindunginya, dia benar-benar memiliki berkah dan kebijaksanaan.

Orang yang selalu merisaukan kehidupannya tipis berkahnya, tidak punya berkah, sehingga melewati hari demi hari dalam kesengsaraan. Orang yang berberkah takkan merisaukannya sama sekali, yakin bahwa Buddha dan Bodhisattva akan mengatur yang terbaik buat dirinya, begini barulah terasa bebas dan tanpa beban.

Pahala yang paling besar, yang paling unggul, yang paling sulit diperoleh, adalah dalam satu masa kehidupan ini dapat mengakhiri tumimbal lahir buat selama-lamanya, terlahir di Tanah Suci Sukhavati, menyempurnakan KeBuddhaan. Pahala ini dikagumi oleh para Buddha dan Bodhisattva, dalam satu masa kehidupan ini, kita bisa berhasil mendapatkannya.

Manusia di dunia ini memohon berkah dan kebijaksanaan, tetapi tidak tahu harus memohon ke mana, juga tidak tahu bagaimana cara untuk menimbunnya, sungguh disayangkan.


法音普薰集—為什麼念佛的人多 往生的人少  (第五十五集)  檔名:29-511-0055
你看自古至今,中國、外國,你什麼時候聽到哪有一個真正修行人餓死了的?沒聽說過。唐朝道宣和尚,這是我們律宗的開山祖師,他一天吃一餐,這是修戒律的,過中不食,他這一餐飯天人供養,這是歷史上記載的。他也不需要托缽,也不要信徒送來,天人供養。這是真實的,自自然然佛菩薩、護法神找那些護法送來,不用你去操心,這才是正確的。可是很多人不相信,信沒有,他那個信佛是半信半疑,不能深信,所以願也就不切,念佛也就有口無心。所以念佛的人很多,往生的人少,原因在此地。不是經不靈,不是佛號不靈,經跟佛號是真靈,你不相信就沒有法子。所以相信的人心清淨,對於生活一點不憂慮,一點牽掛都沒有,根本就不問。明天,明天還沒到,著急什麼?這才是個真正學佛人,諸佛護念,龍天擁護,真正的福慧。世間人為生活操心的,福薄,沒有福,日子過得好苦。有福的人不操心,一點心都不操,佛菩薩安排,這個多自在。最大的福報,最殊勝、最難得的,是在這一生當中永脫輪迴,往生淨土,圓成佛道。這個福報實在講是諸佛菩薩所羨慕的,我們這一生當中都得到。世間人曉得求福求慧,不曉得到哪裡去求,不知道怎樣去修,真正可惜。