Selasa, 20 November 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 November 2018


Mengapa Buddha Sakyamuni melarang pengikutNya mengkonsumsi lima jenis sayuran berbau tajam? Oleh karena sifat kimianya dapat membangkitkan nafsu indria. Maka itu bagi praktisi yang tidak sanggup menjalankan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan dengan sempurna, Sang Buddha menasehati kita supaya menghindari lima jenis sayuran berbau tajam. 


Terkecuali anda melatih diri sudah sampai tahap dalam segala kondisi tetap teguh tak tergoyahkan, tidak timbul niat pikiran lagi, maka apapun boleh dimakan. Sang Buddha mengemukakan aturan yang dapat diterima dengan akal sehat, tujuannya adalah untuk melindungi dirimu supaya dapat menjalankan Lima Sila dan Sepuluh Kebajikan dengan baik dan sempurna.

Tidak mengkonsumsi lima jenis sayuran berbau tajam, tujuannya adalah untuk menghindari perbuatan asusila. Sila dalam Ajaran Buddha bertujuan untuk melindungi kesucian jiwa ragamu.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 November 2018
Judul : Mengapa kita harus menjalankan sila?
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0043


為什麼佛要禁止五辛?它的性質會引發情欲,它跟這個有關係。所以凡是自己對於五戒十善不能守得清楚的,佛就講了,這個要最好迴避。如果大乘佛法,到了你能夠在一切境界裡頭不起心不動念,什麼都能吃。佛很講理的,無非是保護我們把五戒十善做好、做圓滿。這個就是容易引起性衝動,所以也避免邪淫。佛門的戒律都是保護自己的身心清淨、一塵不染。

文摘恭錄 — 台南極樂寺餐後開示—我們為什麼要持戒  (第四十集)  2018/11/2  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0043




 

Dalam Pintu Dharma Tanah Suci, kekuatan tekad merupakan yang paling penting.  Adakah pengecualiannya? Saya rasa ada.

Buddha Amitabha bertekad menyelamatkan semua makhluk, tak peduli bagaimanapun kondisi mereka, asalkan anda bukan sengaja melanggar sila, Buddha Amitabha akan memaafkan dirimu, asalkan anda yakin, bertekad dan melafal Amituofo, memenuhi tiga persyaratan ini, saat menjelang ajal, Buddha Amitabha pasti datang menjemputmu.

Benar-benar yakin, tanpa keraguan sama sekali; bertekad terlahir ke Alam Sukhavati; Alam Sukhavati begitu bagus, saya berniat ke sana, takkan ragu; syarat ketiga adalah melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, jasa kebajikan ini tak terhingga dan tanpa batas. Mesti yakin pada Buddha Amitabha, harus membulatkan tekad terlahir ke Tanah Suci Sukhavati.

Menjalankan sila bertujuan melindungi kesucian jiwa ragamu, sehingga dapat terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, jadi bukan berarti setelah melanggar sila (tanpa sengaja), lantas tidak dapat terselamatkan lagi, kalau demikian halnya, dimana lagi hati Maitri Karuna Buddha Amitabha?

Terhadap hal yang masuk akal, semua orang akan memiliki pemikiran yang sama. Guru sesepuh dan praktisi senior jaman dulu menekankan bahwa pengamalan sila bertujuan supaya anda meningkatkan mawas diri, tidak berani melakukannya.

Seperti dalam kehidupan keseharian, kadang kala sudah tahu tidak boleh, masih juga melanggarnya, lantas apakah dia masih memiliki kesempatan terlahir ke Alam Sukhavati? Apabila dia sanggup melafal Amituofo hingga tidak timbul sebersit niat pikiran apapun, maka jasa kebajikan ini akan membawanya terlahir ke Alam Sukhavati.

Saat menjelang ajalnya, sebersit niat pikiran terakhirnya adalah Amituofo, maka dia dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Maka itu tidak boleh ada keraguan sama sekali, kalau ada keraguan sedikit saja, maka anda sudah terjebak.

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 2 November 2018
Judul : Mengapa kita harus menjalankan sila?
Bertempat di : Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0043

淨土法門,願力還是最重要。有沒有例外的?我覺得有。阿彌陀佛的願力,什麼樣的眾生都度,只要你不是現行犯,當下故意犯這些齋戒,阿彌陀佛統統原諒你,只要你信、願、行這三個條件具足,他就來了。真相信,不懷疑;願意去,極樂世界好,我很樂意去,不猶豫;第三個,這一句佛號不間斷,無量無邊功德。要相信阿彌陀佛,要真正求生淨土。

佛的戒律跟儒家的禮一樣,儒要守禮,佛要持戒。持戒律是幫助身心清淨,往生的時候沒有障礙,不是犯了之後就沒救了,那佛的慈悲心在哪裡?人同此心、心同此理。祖師大德說得嚴重一點,是讓你警惕,不敢做,被嚇到了,用意在這裡。

像這些日常生活當中,有人很喜歡,他不是戒不掉是喜歡。喜歡,那這樣的人能不能往生,明知故犯?他如果念佛達到沒有雜念,他的功德就能往生,不是在平時,臨終的一念,最後一念是阿彌陀佛,都能往生。那我們最後一個念頭不是貪吃,是阿彌陀佛,那我們是往生還是不往生?所以不能懷疑,懷疑就不能去了,那就上大當了!

文摘恭錄 — 台南極樂寺餐後開示—我們為什麼要持戒  (第四十集)  2018/11/2  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0043