Rabu, 06 Februari 2019

45.Mengapa ada kaya dan miskin


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Mengapa nasib  manusia ada yang kaya dan ada yang miskin?”

Kita terlahir sebagai manusia, kita memiliki “Aksepaka Karma” yang sama;  namun setiap orang memiliki paras yang tidak serupa, lingkungan hunian yang tidak sama, kaya dan miskin juga berbeda, ini adalah sejenis kekuatan lainnya, kekuatan ini disebut sebagai “Paripuraka Karma”.

Apa yang dimaksud dengan Paripuraka Karma? Yakni karma baik dan buruk. Pada masa kehidupan lampau menimbun lebih banyak karma baik, maka pada masa kehidupan sekarang hidup serba berkecukupan; sebaliknya bila karma baik yang ditimbun itu lebih sedikit, maka pada masa kehidupan sekarang akan hidup serba kekurangan.

Dua jenis kekuatan ini, kita sendiri mesti memahaminya dengan jelas, harus dimengerti, barulah takkan mengeluh pada Langit dan Bumi, juga takkan menyalahkan orang lain.

Meskipun hidup dalam kondisi susah sekalipun, juga takkan mengeluh pada Langit dan Bumi, takkan menyalahkan orang lain, mengapa demikian? Oleh karena ini merupakan balasan karma buruk yang dilakukan diri sendiri pada masa kelahiran lampau, sehingga pada masa kelahiran sekarang menerima buah akibatnya, barulah bersedia menerima dan menjalaninya dengan ikhlas, orang begini barulah dapat melatih diri, mengamalkan ajaran.

Kalau masih saja hobi berkeluh kesah pada Langit dan Bumi, suka menyalahkan orang lain, maka niat pikiran begini hanya akan menciptakan karma buruk.

Artikel terkait :
Apa beda jasa kebajikan, berkah kebajikan dan pahala?


法音普薰集為什麼人的命有富貴貧賤?  (第七十五集)  檔名:29-511-0075
  我們都得人身,是同一個引業;但是每一個人面貌不相同,生活環境不相同,富貴貧賤不相同,這是另外一個力量,這個力量叫「滿業」。滿業是什麼?善惡業。過去生中修的善業多,這一生就富貴;修的善業少,這一生就比較貧困。兩種力量,我們自己要清楚、要明瞭,然後就不會怨天尤人。縱然生活在逆境當中,也不會怨天尤人,為什麼?過去生中造的不善因,這一生得的這果報,自己當然能夠樂於接受,這個人才能夠修道,才能夠行道。如果怨天尤人,這個念頭就造罪業。