Ceramah Master Chin
Kung Serial Suara Dharma :
“Apakah
ketrampilan melafal Amituofo kita telah efektif?”
Bgn 1
Melatih diri tak
terpisahkan dari kehidupan keseharian, apabila tidak menerapkan ajaran dalam
kehidupan keseharian, maka meskipun tiap hari anda membaca sutra, ini bukanlah
melatih diri, setiap hari melafal Amituofo, tetapi yang dipikirkannya cuma demi
kepentingan diri sendiri, tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Maka itu di dalam
sutra ini mengajarkan kita cara melafal Amituofo, kalimat pertama adalah “Membangkitkan
Bodhicitta”, kalimat kedua adalah “Melafal Amituofo berkesinambungan”.
Sekarang banyak
praktisi cuma tahu melafal Amituofo berkesinambungan, tetapi tidak tahu
membangkitkan Bodhicitta, mengapa demikian? Semuanya mementingkan diri sendiri,
makanya tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati.
Master Ou Yi
berkata dengan bagus sekali, jelas dan sempurna, “Berhasil atau tidaknya
seseorang terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada ada atau tidaknya keyakinan
dan tekad yang dimiliki, sedangkan tinggi rendahnya tingkatan Bunga Lotus yang
dicapai adalah tergantung pada dangkal atau dalamnya ketrampilan melafal
Amituofo yang dimiliki”.
Maka itu apabila
seorang praktisi dapat membangkitkan Bodhicitta, lalu membulatkan tekad, maka
dia telah memenuhi syarat terlahir ke Alam Sukhavati.
Ketrampilan melafal
Amituofo, dimanakah letak ketrampilan tersebut? Yakni sepatah Amituofo yang
saya lafal ini dapat meredam segala bentuk kekotoran batin, inilah yang disebut
sebagai ketrampilan; sepatah Amituofo yang saya lafal ini dapat melenyapkan
segala bentuk pikiran, inilah yang disebut sebagai ketrampilan.
Ketika saya tidak
melafal Amituofo, bentuk-bentuk pikiran bermunculan, ketika saya melafal
Amituofo, bentuk-bentuk pikiran jadi lenyap, inilah yang disebut sebagai
ketrampilan.
Kalau sambil
melafal Amituofo, bentuk-bentuk pikiran masih bermunculan, ini namanya tidak
memiliki ketrampilan, hal ini tidak boleh tidak dipahami.
法音普薰集—我們念佛的功夫得力嗎? (第九十六集) 檔名:29-511-0096
(一)
修行全是在生活上修,離開生活,天天讀經不是修行,天天念佛,為的是自己,自私自利,不能往生。所以這個經裡頭教給我們念佛的方法,第一句是「發菩提心」,第二句才是「一向專念」。現在很多人一向專念沒有菩提心,為什麼?全是自私自利,這不能往生。蕅益大師講得最好,真的透徹、圓滿,「能不能往生全在信願之有無,品位高下在念佛功夫的淺深」。所以真正發菩提心,求生淨土就行了,往生條件就達到了。念佛的功夫,功夫在哪裡?我這句佛號能降伏一切煩惱,這叫功夫;我這個佛號能斷除一切雜念,這是功夫。我不念佛,雜念就來了,我念佛,雜念就沒有了,這叫功夫。一面念佛,還一面生煩惱,還一面起雜念,這沒有功夫,這不能不懂。