Rabu, 06 Februari 2019

42.Kunci hidup sehat


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Kunci untuk hidup sehat yang sesungguhnya”.

Kunci untuk hidup sehat yang sesungguhnya adalah hati yang suci, tiada khayalan dan bentuk-bentuk pikiran lainnya. Kemudian pola makan dan minum serta tempat hunian harus dijalani secara benar.

Hidup itu harus teratur dan disiplin, jangan sampai terpengaruh oleh lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan dan bentuk-bentuk pikiran), barulah hatimu bisa suci; mesti melepaskan ketenaran dan keuntungan, menyingkirkan keserakahan, kebencian, kedunguan dan keangkuhan.

Hati yang suci, inilah benih sebab dari hidup sehat; segala sesuatu dijalani dengan apa adanya, menuruti jodoh dan takkan memaksakan kehendak diri sendiri, ini adalah faktor pendukung dari hidup sehat.

Dengan adanya benih sebab dan faktor pendukung maka pasti membuahkan kehidupan yang sehat dan bugar.

Lima nafsu keinginan dan Enam kondisi luar mesti dijauhi, apabila tidak sanggup mengendalikan diri, membiarkan diri sendiri terbuai ke dalam kenikmatan, maka akibatnya takkan berani dibayangkan lagi, tubuhmu cepat lambat pasti hancur di tanganmu sendiri.


法音普薰集健康的真正因素  (第七十集)  檔名:29-511-0070
  健康真正的因素,是心地清淨,沒有妄想,沒有雜念。其次,是飲食起居如法。有秩序,有節制,決定不沾染五欲六塵,你的心才會清淨;一定要放下名聞利養,放下貪瞋痴慢。心地清淨,這是健康的真因;一切隨緣而不攀緣,這是健康的外緣。有真因,有外緣,健康的果報自然就現前。「耽染塵情」,「塵」就是五欲六塵;「五欲」是財色名食睡,「六塵」是色聲香味觸法,這個東西一定要有節制。如果沒有節制,縱情放逸,後果就不堪設想,你一定把你的身體糟蹋掉了。