Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma:
“Bagaimana cara membangkitkan ‘hati sejati’?”
Di dalam Avatamsaka Sutra disebutkan bahwa, alam semesta beserta seluruh isinya muncul dari hati dan pikiran, berubah menuruti perubahan niat pikiran. Yang dimaksud kata ‘hati’ di sini adalah hati sejati, ‘niat pikiran’ adalah hati khayal.
Baik hati sejati maupun hati khayal adalah satu hati. Apa yang dimaksud dengan “hati sejati” dan “hati khayal”? Tercerahkan sepenuhnya dan tidak tersesat adalah hati sejati, sedangkan jika masih ada perasaan bingung/ tersesat, maka kita menyebutnya sebagai hati khayal atau hati semu.
Apa itu tersesat? Di dalam ceramah Dharma kita sering menyebutkan khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Jika di dalam hati anda masih ada ketiga hal ini dan belum dilenyapkan hingga bersih, maka ini disebut dengan hati khayal atau hati semu, hati sejati tidak bisa muncul. Jika ketiga elemen ini sudah dilenyapkan semua, sama sekali sudah tidak ada, maka hati sejati pun akan muncul.
Jadi bukanlah berarti di luar hati khayal masih ada hati sejati, kalau demikian halnya, anda takkan bisa menemukan hati sejati. Maka itu dikatakan hati sejati dan hati khayal merupakan satu kesatuan yang tak terpisahkan, beginilah alasannya.
Asalkan kita sudah melenyapkan khayalan, perbedaan dan kemelekatan, maka hati sejati barulah akan muncul. Hati sejati dapat memunculkan alam semesta beserta seluruh isinya.
Bahkan Alam Dharma Tunggal Sejati juga dimunculkan oleh hati sejati, di dalamnya tidak ada hati khayal sama sekali, hanya ada hati sejati.
Artikel Terkait :
Alam Dharma Tunggal Sejati dan Dasa Dharmadhatu :
https://smamituofo.blogspot.com/2013/07/alam-dharma-tunggal-sejati-dan-dasa.html
Alam Dharma Tunggal Sejati adalah Alam Sukhavati :
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Agustus 2010
法音普薰集—「真心」如何現前? (第一四三集) 檔名:29-511-0143
《華嚴經》上告訴我們,虛空法界一切眾生「唯心所現,唯識所變」,這個「心」是真心,「識」是妄心,真心跟妄心是一個心。什麼叫「真心」、「妄心」?完全覺悟而沒有迷叫真心,帶著有迷惑,我們就叫它作妄心。什麼迷惑?我們在講席當中常講的妄想分別執著,你心裡頭只要這三樣東西沒有淘汰得乾淨,這就是妄心,真心不能現前。這個東西統統淘汰盡了,完全沒有了,真心就現前。絕不是說妄心外面還有個真心,那就找不到了,那就真心也沒有了;所以說「真妄不二」,就是這個道理。只要把妄想分別執著去掉,真心就現前。真心是能現,能現宇宙虛空,在佛法裡面講十法界依正莊嚴。連一真法界都是真心所現的,所現的這個境界裡頭產生變化;它現的原來是一真,叫一真法界,那是完全沒有妄心的,真心現出來的。