Jumat, 07 Desember 2018

28.Sudahkah anda memahami Buddha Dharma


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Sudahkan anda memahami Buddha Dharma?”

Kami pernah melihat banyak keluarga, Ayahbunda yang tidak merestui putra-putrinya belajar Ajaran Buddha. Lantas kenapa diri sendiri belajar Ajaran Buddha, tetapi Ayahbunda jadi tidak suka? Oleh karena kita tidak belajar dengan baik, kita tidak menunaikan ajaran bakti.

Apabila setelah belajar Ajaran Buddha, kita jadi lebih berbakti, lebih telaten dalam menjaga Ayahbunda, dengan demikian Ayahbunda pasti sangat senang, mereka pasti akan mengatakan ke mana-mana : “Anakku sekarang sudah lebih berbakti”, dia belajar Ajaran Buddha, dia tahu berbakti, maka Ayahbunda akan lebih memotivasi supaya anak-anak lainnya juga ikut belajar Ajaran Buddha.

Namun malangnya, kita belajar Ajaran Buddha, bukan hanya tidak menguasainya, bahkan tidak memahaminya sama sekali, setelah belajar Ajaran Buddha, apa yang dilakukan di rumah?

Tiap hari mengeluh Ayahbunda menciptakan karma buruk, tiap hari mengkritik Ayahbunda, tidak puas pada Ayahbunda, Ayahbundamu melihat dirimu berubah jadi begini, tentu saja merasa sangat bersedih hati.

Meskipun anda bermaksud supaya Ayahbundamu berubah jadi lebih baik, dapat bervegetarian, tidak membunuh, tidak mencuri, tidak berbohong, menjadi orang baik sesuai dengan standar yang tercantum di dalam Buddha Dharma, tapi anda mesti mengetahui terlebih dulu bagaimana caranya untuk mempengaruhi mereka, bukan malah memaksakan kehendakmu, bukan dengan cara memprotes dan menentang mereka, janganlah mengatakan : “Kalau kalian makan daging, kelak harus datang bayar utang!”

Manalah boleh melontarkan ucapan yang menyakitkan hati, meskipun ucapanmu adalah fakta, tapi cara penyampaiannya janganlah kasar begitu, lalu saat anda menyampaikan itu, terlebih dulu lihatlah situasi, kapan dan di mana.

Meskipun Ayahbunda melakukan banyak karma buruk, janganlah langsung menghakimi mereka, terlebih-lebih janganlah memasang ekspresi wajah yang tidak senang pada mereka.

Hendaknya menuruti kehendak para makhluk, ikut bersukacita pada jasa kebajikan yang dilakukan orang lain, pelan-pelanlah mempengaruhi mereka, ini butuh waktu yang panjang, perlahan-lahan mereka akan menyadarinya dan kembali ke jalan yang benar.


法音普薰集—你學佛學會了嗎?  (第四十六集)  檔名:29-511-0046
我們曾經遇到許許多多家庭,父母反對兒女學佛。為什麼自己學佛,還招惹父母的反對?我們沒有學好,我們沒有去盡孝道。如果學佛之後,對父母更孝順,照顧更周到,父母一定非常歡喜,一定到處給人說,「我這個兒子孝順」,他學佛,他懂得孝順,他就會鼓勵所有年輕人都要學佛,不就這個道理嗎?我們學佛,不但沒有學到家,根本就沒有學會,學了佛以後在家裡變成怎樣?天天看到父母造業,天天批評他,天天對他不滿意,你父母看到你這個樣子,他當然難過。你雖然希望你父母能夠好,能夠吃長素,能夠不殺生,能夠不偷盜,能夠不妄語,做得跟佛法講的一樣,你得要用方法去感化他,你不能去批評他,不能說你們吃肉,「吃肉將來要還債的!」不可這樣說法,雖然是事實,你要曉得那是什麼環境,這剛才講的,你說法的時候,你要看是什麼場所,你要看是什麼時間,他縱然做的有許多惡業,不可以說,不但不能說,連那個不高興的面孔都不可以擺出來,恆順眾生,隨喜功德,慢慢的來啟發他,要有時間,長時間讓他慢慢覺悟,讓他懂得回頭。