Selasa, 08 Juni 2021

80 Apakah kita sudah benar-benar ‘melepaskan kemelekatan’

 

 

Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma:

Apakah kita sudah benar-benar ‘melepaskan kemelekatan’?

 

Dalam kehidupan sehari-hari, dalam pekerjaan, dalam menangani urusan dan memperlakukan orang lain, makhluk hidup dan benda mati, benar-benar bisa melepaskan khayalan, perbedaan dan kemelekatan. Melepaskan kemelekatan, kita semua harus ingat, maksudnya bukanlah melepaskan secara fisik (wujud), melepaskan segala urusan dan tidak mau mengerjakannya lagi. Anda setiap hari perlu hidup makan dan berpakaian, jika anda tidak makan dan tidak berpakaian lagi, maka pengertian anda terhadap apa yang dikatakan Buddha sudah salah total. Jangan salah paham, jika kita melepaskan segala hal, kita pun akan mati, jika sudah mati, bukannya semua hal sudah kita lepaskan?

 

Sebenarnya ini pengertian yang tidak benar, jika sudah mati, maka akan sangat buruk. Dalam Ksitigarbha Sutra disebutkan bahwa, setelah meninggal 49 hari kemudian, akan bertumimbal lahir, sudah jelas dia tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Jika benar-benar sudah melepaskan, maka ia tidak akan bertumimbal lahir lagi. Jika ia masih berputar di enam alam tumimbal lahir, maka dapat dilihat bahwa dia belum melepaskan kemelekatan.

 

Sudah meninggal tetapi masih tidak bisa melepaskan, kita harus benar-benar mengerti dan memahaminya dengan jelas, hal ini benar-benar menyusahkan dan lebih celaka lagi. Buddha ingin menyelamatkan kita, jika nafas kita belum terputus, masih bisa tertolong, tetapi jika nafas sudah berakhir, tidak bisa tertolong lagi, Buddha dan Bodhisattva pun tidak bisa membantu kita. Jadi kita harus serius, harus giat melatih diri.

 

Melepaskan bukan melepaskan secara fisik (wujud), tetapi melepaskan di dalam hati. Melepaskan secara fisik, kita harus memberi contoh yang baik kepada seluruh makhluk, menjadi teladan. Jika anda melakukannya dengan lebih baik dan sempurna, memberikan contoh kepada orang-orang, ini disebut sebagai menolong para makhluk. Meskipun kita memberi contoh, tetapi di dalam hati tetap bersih, tidak ternodai oleh sebutir debu pun, inilah yang namanya melepaskan. Melepaskan artinya begini, jangan salah paham.

 

Jadi, banyak orang yang salah mengartikan, ini hanya sebagian kecil, bukan sebagian besar, jika sebagian besar, maka akan sangat bermasalah. Ada beberapa orang yang bahkan pekerjaannya pun tidak dilakukan lagi, mengundurkan diri dari pekerjaannya, harta uang di rumahnya pun sudah disumbangkan semua, sudah  melepaskan semuanya. Kemudian menulis surat dan memberi tahu saya, saya tidak ada nasi untuk dimakan lagi, bagaimana? Ia sudah salah mengartikannya secara keseluruhan.

 

  法音普薰集—我們真的「放下」了嗎?  (第一二七集)  檔名:29-511-0127

  從日常生活當中,從工作裡面,處事待人接物之中,真正的把妄想、分別、執著捨掉。捨掉,諸位要記住,不是說事捨掉,事捨掉,我這些事都放下、都不做了,你天天過生活穿衣吃飯,我也不穿衣也不吃飯,你就把佛的意思完全搞錯。千萬不要誤會,我統統放下,放下就死了,死了不都放下了嗎?其實錯了,死了就不得了。《地藏經》上告訴我們,死了四十九天之後他又投胎來了,沒放下;他要真放下他就不來投胎,他還會到六道裡投胎流轉,可見得他沒放下,死了都放不下,這是我們一定要把它搞清楚、搞明白,所以死了真的困難,真的是不得了。佛要度我們,我們那一口氣沒斷,有救,那一口氣斷了,沒救,佛菩薩也幫不上忙,所以一定要認真、要努力。放下不是在事上放下,是在心上放下,心理上放下;事上,那不是標題上寫得很清楚,要給一切眾生做好榜樣、做樣子,你要做得更好更圓滿,做出樣子來給別人看,這叫度化眾生。雖然做出好樣子,心裡面乾乾淨淨一塵不染,這叫放下,放下是指這麼一樁事情,千萬不能誤會。所以有很多人聽話錯解了意思,這是少數不是多數,多數麻煩就大了。有那麼一兩位他工作也不做,辭掉了,家裡錢財都布施都放下了,然後寫信告訴我,他沒飯吃怎麼辦?這是完全把意思錯會了。