Minggu, 17 Februari 2019

60.Cara membalas budi Buddha


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana cara membalas budi Buddha?”

Buddha dan Bodhisattva menyelamatkan para makhluk bukan hanya untuk satu masa kehidupan saja, budi kebajikan Buddha dan Bodhisattva, tiada yang dapat sebanding denganNya, budi Ayahbunda juga tak sebanding.

Budi Ayahbunda cuma untuk satu masa kehidupan saja, sedangkan budi Buddha dan Bodhisattva adalah selama kelahiran demi kelahiran.

Kita jatuh ke Neraka, jatuh ke Alam Setan Kelaparan, Buddha dan Bodhisattva juga akan mengikuti kita ke Neraka, mengikuti kita ke Alam Setan Kelaparan, “Di dalam pintu Buddha, takkan mengabaikan seorang pun”.

Kemudian kita baru mengerti, Buddha dan Bodhisattva tidak pernah mengabaikan diri kita, sebaliknya diri kita-lah yang selama ini selalu mengabaikan Buddha dan Bodhisattva.

Sudah mengabaikan Buddha dan Bodhisattva, lalu menyalahkan lagi Buddha dan Bodhisattva, karma buruk yang kita ciptakan sungguh berat.

Demikian pula dengan Kalyanamitra (sahabat Dharma yang memperkenalkan pada kita Ajaran Buddha) tidak pernah mengabaikan diri kita, namun kita selalu mengabaikan Kalyanamitra. “Membalas empat budi besar”, teori memang gampang!

Bagaimana caranya membalas budi guru? Membalas budi Kalyanamitra? Membalas budi Buddha? Yakni menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai dengan ajaran, tidak malas, beginilah cara membalas budi!

Kalau masih hobi bermalas-malasan, maka satu masa kehidupan ini takkan punya harapan terselamatkan, ini adalah fakta. Maka itu kita harus senantiasa melakukan introspeksi diri, senantiasa memotivasi diri sendiri, mesti menjauhi kejahatan memupuk kebajikan, menyingkirkan kemalasan sejauh-jauhnya, tekun dan giat melatih diri.`

Empat budi besar :


法音普薰集如何報佛恩?  (第九十九集)  檔名:29-511-0099
  佛菩薩度眾生不是一世,佛菩薩的恩德沒有能夠相比,父母恩不能比,父母恩是一世,佛菩薩恩是生生世世。我們墮地獄、墮餓鬼,佛菩薩也跟到地獄、跟到餓鬼,「佛氏門中,不捨一人」。然後我們才明瞭,佛菩薩對得起我們,我們對不起佛菩薩。對不起佛菩薩,還要責怪佛菩薩,我們造的業重了。善知識對得起我們,我們對不起善知識。「上報四重恩」,談何容易!怎樣才能報老師的恩?報善知識的恩?報佛恩?依教奉行,捨離懈怠,真報恩!還要懈怠懶散,這一生沒救了,這是真的。所以我們自己要常常反省,常常警策自己務必要斷惡,務必要修善,務必要永離懈怠,務必要真精進。