Sabtu, 08 Desember 2018

Ceramah di Paris 23 Juni 2018


Ceramah Master Chin Kung di Paris, Perancis, 23 Juni 2018
Judul : Usia seabad hanyalah satu petikan jari

Manusia yang hidup pada era ini, jika tidak sudi melafal Amituofo, tidak bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, maka akan sangat menderita. Generasi sekarang kenyang menikmati kesengsaraan, generasi berikutnya akan lebih tersiksa lagi.

Oleh karena generasi sekarang ini jarang memiliki kesempatan untuk bisa menimbun berkah, maksud hati ingin memupuk berkah kebajikan, namun apa daya tidak tahu harus cari ke mana tempatnya.

Masa kini bila anda bermaksud melakukan kejahatan, maka tempat yang tersedia itu banyak sekali, bahkan di sekeliling-mu banyak tersedia tempat berbuat jahat, bahkan lingkungan juga mendukung anda berbuat jahat.

Maka itu manusia era sekarang mudah melakukan kejahatan, sedangkan untuk melakukan kebajikan justru merupakan hal yang sangat sulit. Vihara tidak menyerupai vihara, praktisi tidak menyerupai praktisi, tidak sanggup menjauhi lima nafsu keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), tak terpisahkan dari ketamakan, kebencian, kebodohan, keangkuhan, bagaimana bisa melatih diri?

Berbakti pada Ayahbunda dan menghormati guru adalah landasan, yang juga merupakan akar, sekarang harus ke mana mencari orang begini? Maka itu guru tidak berhasil menemukan murid ideal, bukannya tidak mau mengajari, tetapi tidak ada yang sudi belajar.

Sementara itu orang yang ingin belajar, tidak berhasil menemukan guru ideal, demikian pula sebaliknya, guru yang serius ingin mengajar, tidak berhasil menemukan murid ideal.

Lagi pula usia manusia begitu pendek, meskipun hidup sampai seabad lamanya, juga hanyalah satu petikan jari saja, begitu singkat, maka itu hargailah baik-baik.


法國巴黎餐後開示彈指一揮百年 斷惡修善積福  (第八集)  2018/6/23  法國巴黎精舍  檔名:32-295-0008

  這一代人如果不念佛、不求往生,會很苦。這一代苦,下一代更苦。因為這一代的人,修福的機會很少,你想去積一點福德,你找不到地方;但是造罪業的地方太多,周邊都是造業的,環境也是造業的。所以,造業很容易,修善很難。道場不像道場,修行不像修行,五欲六塵離不開,貪瞋痴慢離不開,怎麼修?
  中國老祖宗講了幾千年,孝親尊師,這是基礎,這是根本,現在到哪裡去找這個人?所以老師找不到學生,不是不想教,真想教,沒人學。真正想學的人,找不到老師,真正想教的人,找不到學生。而且人的壽命很短,縱然活一百歲,也只是一彈指而已,所以要珍惜。