Sabtu, 22 Desember 2018

30.Adakah faedah dari baca mantra?


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Adakah faedah dari baca mantra?”

Di dalam “Usnisa Vijaya Dharani Sutra” tercantum bahwa andaikata ada makhluk yang jatuh ke Alam Binatang, mendengar Dharani ini, maka pada satu masa kehidupan ini, dia dapat terbebas dari Alam Binatang, hewan ini setelah mati, dia takkan bertumimbal lahir jadi hewan lagi, dia berhasil melampaui Alam Binatang, terlahir ke Alam Manusia.

Hal ini menjelaskan bahwa jasa kebajikan dari mantra adalah tak terbayangkan, hewan yang mendengar nama Buddha atau mantra, dapat terlahir ke alam yang lebih baik.

Maka itu praktisi senior tempo dulu mengajari kita, sebelum melepaskan satwa ke alam bebas, terlebih dulu membaca sutra, mantra atau melafal Amituofo buat mereka, ada faedahnya.

Tetapi praktisi senior tempo dulu juga mengucapkan sebuah kalimat, kita mesti mengingatnya baik-baik, “Daripada membaca sutra lebih baik membaca mantra, daripada membaca mantra lebih baik melafal Amituofo”, semakin sederhana semakin efektif.

Isi sutra sangat panjang; mantra adalah makna dari keseluruhan isi sutra, kita tidak memahaminya, tetapi setan dan malaikat dapat memahaminya.

Tetapi sekarang melafal mantra ada kesulitannya, yakni cara baca atau bunyi ejaan mantra yang sudah tidak tepat lagi, makanya tidak bisa menimbulkan mukjizat.

Di dalam buku berjudul “Biografi para anggota Sangha senior”, pada masa Dinasti Tang, mantra yang dilafal oleh para anggota Sangha dan praktisi senior waktu itu sangat tepat vokalnya, sehingga dapat menimbulkan mukjizat.

Tetapi sekarang kita membaca mantra, ejaan-nya sudah tidak tepat lagi, makanya tidak mampu mengundang setan dan malaikat, mengapa demikian? Di dalam mantra terdapat banyak nama setan dan malaikat, oleh karena ejaan kita tidak tepat, makanya dia tidak paham maksudmu, alasannya terletak di sini.

Maka itu pada tempo dulu, sebagian Bhiksu dan praktisi senior Aliran Tantra, masih sanggup membaca mantra dengan bunyi atau ejaan yang tepat, sehingga setan dan malaikat begitu mendengarnya langsung paham maksudnya, lalu segera datang.

Sekarang kita membaca mantra menuruti apa yang tertulis, tetapi ejaan atau bunyinya sudah tidak tepat lagi, inilah letak permasalahannya. Oleh karena itu, daripada baca mantra lebih baik melafal Amituofo, sepatah “Amituofo” ini, tak peduli bagaimanapun kita mengeja atau melafalnya, semua makhluk juga dapat memahami maksudnya, oleh karena sepatah Amituofo ini sudah terlampau umum, bahkan sudah universal.

Ada orang yang bertanya, mana yang benar, melafal Amituofo atau Omituofo? Saya bilang dua-duanya juga boleh! Mengapa demikian? Oleh karena semua makhluk dapat memahaminya, hal ini membawa manfaat besar bagi mereka.

 

法音普薰集—咒到底靈不靈?  (第五十三集)  檔名:29-511-0053

所以古大德給我們講,咒是經之密說,經是咒之顯說,咒的意思,就是佛在這個經文上所講的一個意思,這個解釋,解釋得很圓滿,解釋得很好。所以佛經裡面常常夾雜咒語在其中,這是世間一般文章裡面所沒有的,我們了解這個意思就好。《尊聖陀羅尼經》裡面所講的,這是說的畜生,畜生道,聽到這個咒語牠能超生,這一生得的畜生身,這個畜生身盡了、死了,牠就不再墮畜生身,牠就超脫了。超脫很顯然的,這畜生到人道來了,說明經咒功德不可思議,畜生聽到佛名,聽到咒語,都能超生。所以古大德教導我們放生,我們放生之前,一定要給所放的這些生物,念咒給牠聽,念經給牠聽,念佛號給牠聽,有好處。可是古人給我們說的一句話,我們要記住,「念經不如念咒,念咒不如念佛」,愈是精簡愈有受用。經麻煩,那麼長;咒是總經的意思,很少的言語統統都包括了,我們不懂,鬼神能懂。

但是現在念咒有個困難,困難在哪裡?咒的語音不準確,所以這個咒念得不靈。我們在唐朝時代,《高僧傳》裡面,當時這些高僧大德念咒他真靈,真的是呼風喚雨,役使鬼神,真有這麼靈。現在我們怎麼念,鬼神也不來,為什麼?經咒上很多是鬼神的名號,我們念的音不準,他聽不懂,道理在此地。所以從前那一些法師、密宗的大德,他們的音很準,所以他聽得懂,一聽就懂了,他就來了。我們現在也照那個字去念,念的發的音不準確,所以現在問題在這個地方。既然如此,那念咒真的不如念佛,這一句「阿彌陀佛」,不管我們怎麼念法,大概他都能聽得懂,太普遍了。所以有人念,到底是南無阿(ㄚ)彌陀佛,還是念阿(ㄛ)彌陀佛,我說都行!都可以,為什麼?鬼神統統聽得懂,這對他們有大利益。