Minggu, 17 Februari 2019

61.Siapa saja yang bisa berhasil


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Orang yang bagaimana pasti meraih keberhasilan?”

Setiap insan yang meraih keberhasilan, kunci keberhasilan yang pertama adalah suka belajar, insan yang suka belajar tidak ada yang tidak berhasil. Orang yang tidak suka belajar adalah orang malas, dia takkan berhasil.

Maka itu kita harus melakukan introspeksi diri : “Apakah saya punya penyakit malas?”. Jawabannya pasti ada, kalau tidak ada penyakit malas, maka sejak awal pasti sudah menjadi Buddha atau Bodhisattva, minimal juga sudah jadi Bodhisattva Dharmakaya.

Buktinya sampai sekarang masih berputar-putar di lingkaran enam alam tumimbal lahir, makanya terus terang saja, pasti ada penyakit malasnya! Hanya saja taraf kemalasan tiap orang itu berbeda-beda.

Anda mesti mengenali penyakit batin diri sendiri, barulah anda dapat memperbaikinya; kalau tidak mengenali penyakit batin diri sendiri, maka anda takkan punya niat untuk menyembuhkannya, sehingga penyakit tersebut kian parah dari hari ke hari, sampai akhirnya tidak tertolong lagi.

Ajaran Buddha mengatakan pencerahan, yang paling mendasar adalah diri sendiri mesti menyadari penyakit batin sendiri, menyadari penyakit “Sepuluh Kejahatan” yang diderita diri sendiri.

Setelah belajar Ajaran Buddha, menyadari diri sendiri mengidap penyakit kikir dan serakah, Buddha Sakyamuni mengajarkan kita berdana, dengan berdana untuk melenyapkan kekikiran dan keserakahan; menyadari diri sendiri  memiliki penyakit batin karma buruk, mengamalkan sila dapat menghapus karma buruk; menyadari diri sendiri memiliki penyakit batin kebencian, dengan Ksanti (kesabaran) menghapus kebencian; menyadari diri sendiri memiliki penyakit batin kemalasan, dengan Virya (ketekunan) menghapus kemalasan; menyadari pikiran sendiri diliputi kekacauan, dengan Dhyana (konsentrasi) untuk meredakan kekacauan pikiran; menyadari diri sendiri diliputi kedunguan, dengan Prajna (kebijaksanaan) untuk mengalahkan kedunguan.

Buddha Sakyamuni mengajarkan kita mengamalkan Enam Paramita, yang merupakan landasan dari Pintu Pelaksanaan Bodhisattva, lantas mengapa sebutir  pun tidak sanggup kita amalkan?

Oleh karena kita tidak tahu bahwa kita memiliki enam jenis penyakit batin tersebut, makanya meskipun sudah bersusah payah melatih diri, namun hasilnya nihil.

Pancanantariya Karma dan Sepuluh Kejahatan baca di :


法音普薰集什麼樣的人一定有成就?  (第一OO集)  檔名:29-511-0100
  凡是成功的人,成功的第一個因素是好學,真正好學的人沒有不成就的。不好學就是懈怠的人,他不會成就。所以我們自己要認真反省,要檢點:「我有沒有這個病?」肯定是有,不要認為自己沒有。如果你自己沒有,你早就成佛、成菩薩,最低限度你也證得圓教初住法身菩薩。你還在十法界,你還在六道,那說句真話,肯定有!只是「懈怠」程度上有差別。你必須自己知道自己的毛病,你才能改過自新;自己有病自己不知道,你就不會起求醫的念頭,這個病一天一天惡化,最後就沒救了。佛家講覺悟、講開悟,開悟、覺悟最低的程度,最初的方便,就是知道自己的毛病,知道自己有十惡的毛病。學佛之後知道自己有慳貪的毛病,佛教我們布施,用布施來度慳貪;知道自己有惡業的毛病,持戒度惡業;知道自己有瞋恚的毛病,忍辱度瞋恚;知道自己有懈怠的毛病,精進度懈怠;知道自己心地散亂,禪定度散亂;知道自己愚痴,般若度愚痴。佛教我們這六度法門,菩薩行門裡頭的基本法,為什麼我們一條都做不到?我們不知道自己有這六個毛病,所以雖然修,修的沒有效果。