Sabtu, 08 Desember 2018

Ceramah di Paris 17 Mei 2018


Ceramah Master Chin Kung di Paris, Perancis, 17 Mei 2018
Judul : Bagaimana cara memperoleh manfaat dari pengamalan sila

Kini banyak orang yang belajar Buddha Dharma, melekat dan terbelenggu pada kata dan kalimat yang tercantum di dalam sutra, dia tidak tahu bahwa setiap aksara yang terdapat di dalam sutra itu adalah hidup dan fleksibel, bukan mati dan kaku; kalau anda tidak paham, maka takkan berdaya mengamalkannya, maka itu harus mampu memahami hal ini.

Kini praktisi yang belajar Vinaya, jumlahnya kian berkurang. Ajaran yang diwariskan oleh Buddha dan Guru Sesepuh sesungguhnya adalah hidup dan fleksibel.

Andaikata di dalam sebuah aliran atau sekte, tidak ada lagi orang baik, yang benar-benar menguasainya, maka ajaran tersebut berada dalam kondisi kritis, generasinya akan terputus. Jadi kalau pengikut aliran tersebut bersikukuh dan keras kepala, maka siapa lagi yang berani datang belajar ajaran tersebut.

Maka itu Aliran Sukhavati akan berkembang secara meluas, oleh karena dengan hanya mengandalkan sepatah Amituofo, segala permasalahan sudah dapat diatasi. Master Hai Xian merupakan teladan kita.

Menjalani kehidupan di dalam Pintu Buddha, yang paling penting adalah menjalankan sila, terlebih dulu mesti memahami dengan jelas, makna, semangat dan manfaat dari mengamalkan sila.

Sila membantumu mencapai samadhi, kalau ternyata menjalankan sila lantas tidak mencapai samadhi, maka sia-sia saja kita mengamalkan sila. Bila di hatimu masih ada perbedaan dan kemelekatan, maka pengamalan sila jadi tidak efektif, pelaksanaan sila hendaknya terpisah dari khayalan, perbedaan dan kemelekatan.

Melihat rupa dan mendengar suara, tidak timbul niat pikiran, inilah yang dimaksud dengan mengamalkan sila; khayalan, perbedaan dan kemelekatan tidak ada lagi, inilah yang dimaksud dengan memasuki samadhi; setelah tercapainya samadhi maka terbukalah kebijaksanaan; dengan terbukanya kebijaksanaan, maka baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, semuanya dapat dipahami dengan sendirinya, inilah yang dimaksud sebagai Buddha Dharma.

Namun malangnya hari ini, enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, jasmani dan pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), semuanya adalah pencemaran batin, sila telah diabaikan.

Ketika mata melihat rupa, takkan timbul niat pikiran, inilah yang disebut pengamalan sila; namun sayangnya orang sekarang mengutamakan formalitas, sementara itu teori tidak dijelaskan, apa kegunaannya, juga tidak dijelaskan, dengan mengamalkan sila mencapai samadhi, dengan tercapainya samadhi terbukalah kebijaksanaan.

Sekarang tidak ada orang yang menjelaskannya lagi, ingin melatih diri, harus cari ke mana? Tidak ada lagi. Di dalam sutra-kah? Untuk memahami ajaran sutra perlu menguasai Bahasa Mandarin, maka itu belajar Bahasa Mandarin merupakan hal yang penting.

Selama lima ribu perjalanan sejarah Tiongkok, Leluhur kita telah mewariskan pada kita, Sutra Buddha dan Klasik, andaikata anda tidak tahu cara membacanya, juga tidak memahami maknanya, maka warisan ini akan musnah, dosa ini sungguh berat.

Apabila hari ini anda dapat melestarikan budaya warisan leluhur, menyelenggarakan pendidikan kesusilaan, melestarikan Bahasa Mandarin Kuno, maka jasa kebajikan ini sungguh besar!

Melestarikan budaya warisan leluhur yang berusia lima ribu tahun, kemudian mewariskannya secara turun temurun, ini merupakan jasa kebajikan yang besar.

Tidak berbakti atau durhaka itu ada 3 jenis, yang terparah adalah membiarkan generasi terputus, sehingga warisan budaya tidak ada yang meneruskannya.

Jadi budaya warisan leluhur mesti diwariskan generasi demi generasi tak terputus, maka itu mesti membina agar generasi muda mengenal Bahasa Mandarin, barulah budaya warisan leluhur dapat dilestarikan turun temurun. 



法國巴黎餐後開示學佛如何從持戒中得利益  (第一集)  2018/5/17  法國巴黎精舍  檔名:32-295-0001

現在學佛,有很多是死在文字下、經文上,他不知道經文上每一個字、每一句都是活的,它不是死的;你要不懂,沒辦法持,一定要懂。現在研究戒律的愈來愈少。佛跟祖師傳下來的都是活的。

宗教要沒有好的人、真正通達的人,那教學有危機、有斷層。大家都這麼固執,以後沒人敢學。所以淨土宗會發揚光大,淨土宗只要執著一句阿彌陀佛,問題全解決了。海賢老和尚是榜樣。

佛門裡面的生活是規矩,最重要的,戒律的意義、戒律的精神、戒律的利益要搞清楚。戒律是幫助你得定的,因戒得定。持戒得不到定,那個戒就白持了。你還有分別、還有執著,那戒就不靈了,戒律要離開妄想分別執著。見色聞聲,不起心不動念是戒;妄想分別執著沒有了是定,是入定;入定,智慧就開了;智慧開了,世出世間一切法自然明瞭,這是佛法。你要明白這個道理,來看佛法,佛法問題就出現了。今天形式沒有了,六根接觸六塵境界,全部被染污了,戒都破了。眼見色,不起心不動念是持戒,眼在色塵裡面得定;耳在音聲裡頭得定,鼻在那些香氣裡頭得定,這才是持戒;意在起心動念得定,這是真修行。現在沒有了,現在人完全講的是形式,它的道理沒講,作用也沒講,因戒得定,因定開慧。現在沒人講,想修,到哪裡修?找不到了。在經典裡頭,經典是漢文寫的,沒有學過中國文字,你就沒辦法讀經,所以中國的文字學重要。五千年祖宗留下來的智慧就是經典,你拿到經典,你不會讀,你不懂這些意思,就斷了,這個罪業重。

  你今天能夠辦學,能夠救文言文,功德太大!讓老祖宗五千年留下來的寶貝還能繼續傳下去,這有功德,一切功德沒有比這個更大。不孝有三,無後為大,後頭不能斷,一代一代傳下去,這就對了。要培訓年輕的人懂得《說文解字》,這才能傳下去。