Sabtu, 08 Desember 2018

Ceramah di Paris 27 Mei 2018


Ceramah Master Chin Kung di Paris, Perancis, 27 Mei 2018
Judul : Pendidikan Kesusilaan harus diterapkan sejak anak usia dini

Generasi kami merupakan generasi yang paling sengsara, bertemu dengan meletusnya Perang Dunia Kedua, kehilangan tempat tinggal dan mengungsi, tidak ada tempat yang dapat dijadikan hunian tetap.

Perang berlangsung 8 tahun lamanya, kehidupan yang dilewati penuh kesengsaraan, maka itu saya tidak tamat sekolah, hanya menyelesaikan sampai tingkat sekolah menengah pertama, tidak punya kesempatan melanjutkan sekolah lagi. Tetapi dalam membaca, saya tergolong orang yang seksama dan responnya juga sangat cepat.

Pendidikan Kesusilaan adalah hal yang sangat penting! Hanya dengan pendidikan kesusilaan barulah dapat menasehati semua orang agar dapat hidup berdampingan dengan harmonis, menjauhi konflik, menghindari penggunaan kekuatan militer dan kekerasan, dapat saling bertoleransi, saling membantu dan bekerja sama, dengan demikian semua orang dapat melewati kehidupan dengan sangat baik. Mengapa tidak mewujudkannya? Mengapa malah hobi berperang?

Pendidikan Kesusilaan harus dimulai dari anak usia dini. Pendidikan sekarang adalah kekurangan akan unsur kesusilaan, kekurangan akan unsur etika moral, kekurangan akan unsur Hukum Sebab Akibat. Apabila pemikiran sudah kalut maka tindakan pun jadi amburadul.

Kini Ajaran Buddha menghadapi masalah kritis, yakni tidak adanya generasi penerus. Maka itu kami menyelenggarakan Kampus Studi Budaya Han, supaya setiap orang memahami Bahasa Mandarin Klasik, semoga dalam kurun waktu satu dekade dapat menghasilkan 150-200 orang yang berbakat, maka misi pendidikan kita telah berhasil.

Kini baik ajaran Konfusius, Ajaran Buddha, maupun Tao, tidak ada orang yang serius mempelajarinya, juga tidak ada praktisi sejatinya. Maka itu setiap tempat yang kami singgah, semoga dapat menyelenggarakan jenjang pendidikan dari Taman Kanak-kanak sampai Perguruan Tinggi. Dengan demikian konsep pendidikan dan metode pengajaran dari kami ini, dapat diwariskan dari satu generasi ke generasinya selanjutnya, turun temurun.



法國巴黎餐後開示倫理道德教育要從幼兒抓起  (第六集)  2018/5/27  法國巴黎精舍  檔名:32-295-0006

我們這個年代是最辛苦的一代,遇到第二次大戰,戰爭當中讓我們流離失所,就是逃亡,沒有一個地方可以定居。八年戰爭,過得非常辛苦,所以學業都沒有完成,我只念完初中,就沒有機會讀書了。但是我看東西看得很細心,反應很快。

教育非常重要!只有用教育做手段,勸導大家心向和諧,不能對立、不能夠用武力,要和睦相處、互助合作,這個世界大家會過得很好。為什麼不做?為什麼要打仗?

教育,從小教就教好。現代的教育缺乏倫理、缺乏道德、缺乏因果,連宗教都不相信了,都說宗教是迷信——思想亂了,行為就亂了。

我初學的時候是藏傳的,跟老師三年,老師過世了。我第二個老師是研究經典的,我跟他在經典上下功夫,跟他十年。現在不但是佛教,所有的宗教都有一個很嚴重的問題,沒有接班人。

我們在辦漢學院,為了大家能夠看得懂中國的古文,能夠在十年之內培訓一百五十到二百個這樣的人才,我們的教育就成功了。

  現代儒、釋、道衰了,沒有真正學習,也沒有真正修行。所以現在我們所走到的地方,都希望辦一個一條龍的學校。什麼叫一條龍?從幼稚園教起,他要來念小學,辦下去;他要想念中學,辦中學;最後大學。統統是我們自己辦的學校,我們的教學觀念、教學的方法就能夠繼承下去。