Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma:
“Apakah anda bisa ‘Melatih Diri’?”
Bagaimana cara melatih diri? Apakah membaca sutra adalah melatih diri? Bukan. Apakah mendengar ceramah adalah melatih diri? Juga bukan. Apakah melafalkan nama Buddha dan namaskara setiap hari adalah melatih diri? Juga bukan.
Jadi apakah yang dimaksud dengan melatih diri? Memperbaiki perbuatan. Perbuatan termasuk sangat banyak dan rumit. Buddha mengelompokkannya ke dalam tiga kelompok besar, yaitu tubuh, ucapan, dan pikiran.
Semua tindakan baik yang dilakukan melalui tubuh, ucapan dan pikiran, adalah terkategori sebagai perbuatan, andaikata tindakan ini dilakukan demi kepentingan diri sendiri, masih memiliki niat mengejar ketenaran dan keuntungan pribadi, masih ada ketamakan, kebencian, kedunguan, keangkuhan, ini bukanlah melatih diri.
Sewaktu mendengar ceramah, mempelajari Dharma, melafal nama Buddha, kita seharusnya menyingkirkan perbuatan dan pikiran yang tidak baik, inilah yang disebut dengan melatih diri.
Ketika mata melihat rupa dan telinga mendengar suara, jika timbul niat pikiran, terhadap apa yang disukai timbul niat serakah, sebaliknya terhadap apa yang tidak disukai timbul kebencian, ini merupakan tindakan yang keliru.
Bagaimana cara melatih diri yang benar? Dengan menggunakan sepatah Amituofo. Begitu niat serakah muncul, langsung melafal Namo Amituofo, mengganti hati serakah dengan lafalan Amituofo.
Sama halnya pula ketika pikiran kebencian muncul, segeralah melafal Amituofo, mengubah kebencian menjadi lafalan Amituofo. Begini barulah disebut melatih diri secara benar, mengetahui cara melafal Amituofo secara benar.
Dengan cara begini melafal Amituofo barulah efektif, menyingkirkan kekotoran batin, tabiat dan rintangan karma. Jika kita melafalkan nama Buddha, mendengar ceramah, mempelajari Dharma, tetapi tidak dapat menghapus kekotoran batin dan tabiat kita, maka sia-sia saja anda berdaya upaya. Ini bukan namanya melatih diri, tapi palsu, bukan yang sebenarnya.
Pikiran anda yang salah, ucapan yang salah, perbuatan yang salah, semuanya tidak diperbaiki, jika anda melatih diri dengan cara begini, maka tidak ada gunanya sama sekali, sampai akhirnya masih bertumimbal lahir di enam alam kehidupan. Tumimbal lahir di enam alam kehidupan sangatlah menyusahkan!
法音普薰集—你會「修行」嗎? (第一O三集) 檔名:29-511-0103
修行在哪裡修?念經是不是修行?不是。聽教是不是修行?也不是。每天念佛磕頭是不是修行?也不是。那什麼叫修行?修是修正,行是行為。行為很多、很雜,佛把它歸納為三大類,身、口、意。身,你所造作的這是行為,口的言語是行為,意的起心動念是行為。如果身所造的,口所說的,念頭所想的,都還有自私自利,都還有名聞利養,都還有貪瞋痴慢,這不是修行。我們聽經、研究經教、念佛,要把不善的心行把它念掉,這叫修行。眼見色、耳聞聲動了個念頭,喜歡動了貪心,不喜歡就動瞋恚心,這都是錯誤的行為。怎麼個修法?用這一句名號,貪心才起來,南無阿彌陀佛,把貪心換掉,用這個佛號把貪心換掉;瞋恚心生起來,一聲阿彌陀佛,瞋恚心換掉,這叫真正修行,這叫真正會念。你念這個佛號很管用,把你的煩惱、習氣、業障全念掉了。如果我們念佛、聽經、學教,與我們的煩惱業障不發生關係,這都白念了,這不是修行,是假的,不是真的。你錯誤的念頭、錯誤的言論、錯誤的行為,並沒有修正過來,這樣修學法,修一輩子也沒用,到最後還是要搞六道輪迴。六道輪迴很麻煩!