Sabtu, 17 November 2018

04.Keburukan keluarga jangan disebarkan keluar


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma

“Mengapa keburukan keluarga tidak boleh disebarkan keluar?”

Insan suci dan bijak Tiongkok jaman dulu mengajari kita : “Keburukan keluarga jangan disebarkan keluar”. Apa alasannya? Yang namanya keluarga itu, di dalamnya pasti ada hal yang jelek, ini sulit dihindari, apabila sering mengatakannya kepada orang lain, dengan sendirinya keluarga ini akan diremehkan. Bahkan mengundang niat jahat orang lain, merusak keharmonisan keluargamu, seperti kata pepatah “Petaka berasal dari mulut”.

Keluarga begini, masyarakat juga begini. Mengapa kondisi masyarakat hari ini begitu kacau? Di mana letak permasalahannya? Bila direnungkan dengan seksama, alasannya karena kita mengabaikan ajaran insan suci dan bijak jaman dulu.

Insan jaman dulu berkata “Tidak mendengar kata orang tua, menelan kerugian di depan mata”, kita harus menelan kerugian di depan mata! Apa kata orang tua? Orang tua mengajari kita dalam hidup bermasyarakat mesti “Menutupi keburukan menyebarkan kebaikan”.

Melihat kekurangan atau keburukan orang lain, janganlah disebarluaskan, juga jangan taruh di hati; sebaliknya melihat kebaikan atau kelebihan orang lain, kita harus memuji dan menyebarluaskannya.

Dengan demikian, orang yang berperilaku buruk akan merasa malu pada dirinya sendiri, “Saya melakukan kejahatan, orang lain dapat memaafkan diriku; saya cuma melakukan secuil kebajikan, tetapi orang lain sudah memujiku”. Dapat membangkitkan rasa malu orang banyak, barulah masyarakat ini dapat stabil dan damai.

Kini apa yang kita lihat, baik di dalam maupun luar negeri Tiongkok, malah sebaliknya. Masyarakat kini adalah menutupi kebaikan menyebarkan keburukan. Keburukan seseorang sengaja diumbar-umbar, sementara kebaikan tidak diungkit sama sekali.

Tindakan ini membuat pelaku kebaikan jadi putus asa, sementara itu bagi pelaku kejahatan malah merupakan motivasi yang besar; gejolak masyarakat, dunia diliputi kecemasan, semua ini ada sumbernya.

Keburukan keluarga, kesalahan yang pernah dilakukan Ayahbunda dan saudara hendaknya tidak disebarkan keluar. Sebagai bagian dari keluarga, kita mesti menasehati apabila Ayahbunda maupun saudara kita melakukan kesalahan, agar mereka kembali ke jalan yang benar.

Nasehat ini hanya diberikan di dalam rumah, jangan dilakukan di tempat orang lain; jangan sampai menyebarkan keburukan keluarga sendiri pada orang lain. Ingatlah didikan insan jaman dulu, begini barulah betul.


法音普薰集為什麼家醜不可外揚?  (第七集)  檔名:29-511-0007
  中國古聖先賢常常教導我們:「家醜不可外揚」。為什麼?家裡面有一些不善的事情,這也是難免的,如果常常說給外人聽,外面人對你這個家庭自然就輕視,甚至於引起他不善的企圖,來破壞你家庭和睦,諺語所謂「禍從口出」。家庭如是,社會也如此。今天社會為什麼會這樣的混亂?這個原因到底在哪裡?我們細細思惟,我們違背古聖先賢的教誨。古人所謂「不聽老人言,吃虧在眼前」,我們眼前吃了大虧!「老人言」是什麼?老人教給我們對社會、對人群應當「隱惡揚善」。看到別人不善的地方不說,絕不宣揚,也不把它放在心上;看到別人的好處,我們應當要讚揚。這種作法,使不善之人會感覺到自己慚愧,「我做惡事,人家都能夠包容,都能原諒我;我做一點小小的善事,人家表揚我、讚歎我」。能夠激發大眾的廉恥心,激發大眾的慚愧心,這個社會才會有安定,世界才會有和平。
  現在我們眼前所看到的,在中國、在外國,看到的恰恰相反。現在這個社會是隱善揚惡,惡的事情特別加以報導,善的事情往往提都不提。這種作法,讓行善的人灰心,對那作惡的人是莫大的鼓勵;社會動亂、世局不安,其來有自。這是講到家庭,父母、兄弟有過失都要遮蓋。一味的遮蓋,也是錯誤的,必須要勸導,勸導父母、兄弟改惡向善。這個勸導只是在家裡頭,絕不是在有外人在的這個場合當中;只要有外人在,我們決定是隱惡揚善。記住古人的教誨,這樣做就對了。