Senin, 19 November 2018

19.Cara memperpanjang usia


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Bagaimana cara memperpanjang usia?”

Rintangan karma yang kita miliki sudah terlampau berat, dosa yang kita perbuat juga sudah terlampau mendalam. Jangan bilang setelah belajar Ajaran Buddha, saya tidak menciptakan karma buruk lagi, ini mustahil, mengapa demikian?

Anda tidak memahaminya dengan jelas, hatimu tidak mati, anda masih berpikir sembarangan, anda masih memiliki bentuk-bentuk pikiran, makanya masih menciptakan karma; hanya saja lebih ringan dibandingkan waktu sebelumnya, karma buruk yang diciptakan sudah agak berkurang, sedangkan karma baik yang diperbuat sudah lebih banyak, hanya demikian adanya.

Maka itu, amati diri sendiri dengan seksama, melakukan introspeksi diri dengan serius, teori yang tercantum di dalam 84 ribu pintu Dharma, semuanya dapat saya pahami, saya juga tidak memiliki keraguan sama sekali, cuma sayangnya, saya tidak sanggup mengamalkannya.

Masa hidup di dunia ini begitu terbatas, meskipun hidup sampai usia 80 tahun, hanyalah satu petikan jari saja, melewati waktu dengan sia-sia. Melewati hidup tanpa tujuan adalah dosa, pada masa kelahiran lampau anda bersusah payah menimbun berkah sehingga pada masa kelahiran sekarang ini dianugerahkan usia padamu, mengapa anda tidak memanfaatkannya dengan baik?

Usia pendek bukanlah masalah, asalkan mempergunakannya dengan baik, dengan sendirinya usia akan bertambah panjang. “Empat Ajaran Liao-fan” merupakan contoh teladan yang bagus, Tuan Liao-fan tidak memohon usia panjang, Tuan Kong meramal keberuntungannya, usia Liao-fan hanya bisa mencapai 53 tahun saja, namun pada akhirnya dia dapat hidup sampai usia 74 tahun, usianya bertambah 21 tahun. Dia tidak memohon, hanya menyingkirkan kejahatan memupuk kebajikan, menimbun jasa kebajikan berkesinambungan, dengan sendirinya usianya bertambah panjang.

Saya percaya pada garis hidup, mulanya usiaku hanya bisa mencapai 45 tahun, saya tidak memohon usia panjang, waktu itu saya berpikir, alangkah bagusnya pada usia 45 tahun dapat terlahir ke Alam Sukhavati, maka itu tekadku sudah bulat. Alhasil dengan sendirinya usia bertambah panjang, saya memahaminya.

Master Zhangjia mengatakannya padaku, di dalam “Surangama Sutra” tercantum “Mempersembahkan hati mendalam ini kepada para Buddha dan semua makhluk, inilah yang disebut sebagai membalas budi Buddha”.  

Mempersembahkan segenap hati kepada Buddha, setiap saat takkan melupakanNya, berharap agar Saddharma (Dharma Sejati) dapat berlangsung di dunia ini buat selama-lamanya, memberi manfaat bagi para makhluk yang menderita, selain hal ini takkan ada niat pikiran lainnya.



法音普薰集如何使壽命延長?  (第三十集)  檔名:29-511-0030

我們現在想到,我們的業障真的太重了,罪孽太深了。不要說過去生中,這一生當中,沒有把佛法搞清楚之前,造業。不是說我學了佛法就沒造業,不可能,為什麼?你沒有徹底了解,你的心沒死,你還胡思亂想,你還有雜念,這就是你依然在造業;造業比過去輕一點,惡業少一點,善業多一點,如此而已。所以,細心觀察自己,認真反省,八萬四千法門、無量法門道理我全懂,我一點都不懷疑,我做不到。一生的時間很有限,八十多歲一彈指,時間都空過了。時間空過就是罪孽,上天賦予你的壽命,這上天是講過去生中所修的,你為什麼不好好的用它?壽命短不要緊,好好用,自然延長。《了凡四訓》是個很好的例子,了凡先生沒有求長壽,孔先生給他算命,他的壽命五十三歲,他活到七十四歲走的,延壽二十一年。沒求,斷惡修善,積功累德,自然延長。

  我相信命運,我的壽命只有四十五歲,沒有求長壽,只是想到四十五歲我能往生就好了,求往生。壽是自自然然延長的,我了解。章嘉大師告訴我,《楞嚴經》上所說的,「將此深心奉塵剎,是則名為報佛恩」。一心向佛,念念不忘,總希望正法能久住世間,利益苦難眾生,沒有別的念頭。