Kamis, 07 Februari 2019

49.Cara melepaskan keakuan


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana cara melepaskan keakuan?”

Buddha Sakyamuni membabarkan mengapa anda tidak bisa menjadi Buddha, mengapa anda hidup di dalam enam alam tumimbal lahir, hal ini dikarenakan hati yang mementingkan diri sendiri itu terlampau berat.

Buddha Dharma mengatakan dirimu melekat pada “keakuan”, oleh karena adanya “aku”, sehingga anda tidak sanggup terbebas dari enam alam tumimbal lahir, poin ini harus kita pahami dengan jelas.

Maka itu Buddha Dharma mengajarkan kita supaya melenyapkan keakuan. Untuk melenyapkan keakuan, maka niat pikiran yang muncul, ucapan dan tindakan, jangan demi kepentingan diri sendiri, dengan demikian “keakuan” ini barulah dapat dieliminasi, barulah dapat dilenyapkan.

Sebaliknya apabila setiap butir niat pikiran yang muncul masih memikirkan sang “aku”, maka niat pikiran “keakuan” anda kian hari akan kian meningkat. Dengan perkataan lain, tak peduli pintu Dharma manapun yang anda latih, sebagus apapun pelatihan dirimu, namun tetap juga tidak dapat terbebas dari enam alam tumimbal lahir.  

Betapapun bagusnya pelatihan dirimu, cuma bisa menikmati berkah Alam Dewa dan Manusia, tidak dapat keluar dari enam alam tumimbal lahir. Setelah kita memahami kebenaran ini, barulah menyadari bahwa mengapa Sang Buddha tidak memperbolehkan kita mementingkan keuntungan diri sendiri, kita jadi mengerti.


法音普薰集如何將「我」放下?  (第八十二集)  檔名:29-511-0082
  佛說你為什麼不能作佛,你為什麼會生活在六道輪迴裡面,就是因為你自私自利的心太重了。佛法講你執著有個「我」,有「我」你就脫離不了六道輪迴,這一點我們必須要清楚。所以佛法教我們要破我執。破我執,我們起心動念、言語造作,決定不要為自己想,這個「我」才能夠淡化,才能夠斷掉。什麼事情,起心動念還想著有「我」,你這個「我」的念頭天天在增長。換句話說,無論修學哪個法門,修得再好,都脫離不了六道輪迴。修得很好,也不過是享天福而已,出不了六道。我們明白這個道理,才曉得佛為什麼不許可我們為自己利益去著想,我們就明白了。