Selasa, 20 November 2018

22.Makna persembahan Bunga dan Buah


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Makna persembahan Bunga dan Buah”

Bunga melambangkan benih sebab, setelah bersemi lalu menghasilkan buah, bunga adalah benih sebab; persembahan buah melambangkan buah akibat.   

Melihat persembahan bunga, setiap saat mengingatkan diri kita supaya melatih diri, yakni membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, ini adalah benih sebab. Kelak terlahir ke Alam Sukhavati, ini adalah buah akibat.

Melihat persembahan buah, mengingatkan diri sendiri supaya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, saya mesti bersua dengan Buddha Amitabha. Maka itu persembahan buah dan bunga adalah untuk mengingatkan diri sendiri, begini barulah punya berkah.

Kalau anda beranggapan bahwa persembahan ini karena Buddha dan Bodhisattva hobi memandangnya, sehingga saya mempersembahkannya lebih banyak lagi, supaya Buddha dan Bodhisattva jadi lebih menyukai diriku, melindungi diriku, maka anda sudah melakukan kekeliruan besar, anda ini sungguh sesat.

Segala bentuk persembahan mengandung makna dan pendidikan yang senantiasa mengingatkan diri sendiri.




法音普薰集—佛前供花供果的意義  (第三十六集)  檔名:29-511-0036
佛前面供花,花代表因,植物先開花後結果,花是因;供果是代表果報。我們供的花,時時刻刻眼睛一看,就提醒我要修行,我要信願持名,這是花。將來往生西方極樂世界,那是果。供果,看到果,就想到我要到西方世界去,我要見阿彌陀佛。所以這個花果是常常提醒自己的,那就有福了。如果你認為這個供養是佛菩薩好看,我多供一點佛菩薩就歡喜我、就保佑我,那你就大錯特錯了,你就完全搞顛倒了。時時刻刻提醒自己。