Sabtu, 16 Februari 2019

57B.Ketrampilan melafal Amituofo 02


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Apakah ketrampilan melafal Amituofo kita telah efektif?”
Bgn 2

Kami jadi teringat, Opa Oma yang tinggal di dusun, mereka melafal Amituofo hingga memiliki ketrampilan, sehingga kelak terlahir ke Alam Sukhavati pada Bunga Lotus tingkatan tinggi.

Mereka ini apapun tidak tahu, anda tanya padanya apa makna dari Bodhicitta, dia tidak tahu, tetapi dia begitu yakin, dia begitu ingin terlahir ke Alam Sukhavati.

Ternyata hati beginilah yang disebut sebagai Bodhicitta, Bodhicitta tertinggi tiada taranya, inilah yang dikatakan Master Ouyi di dalam hasil karyanya yang berjudul “Penjelasan Amitabha Sutra”.

Master Yin Guang yang melihat buah pena Master Ouyi ini, memberikan pujian bertubi-tubi. Guru Sesepuh generasi sebelumnya, tidak ada yang mengatakan hal ini, tetapi hal ini malah diungkapkan oleh Master Ouyi, sehingga mengurai keraguan kita.

Oleh karena selama ini kita selalu ragu, Oma Opa tidak mengenal aksara, juga tidak pernah dengar ceramah, dia tidak membangkitkan Bodhicitta, lantas bagaimana bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Begitu Master Ouyi menjelaskannya, kita jadi mengerti.

Hati yang tulus adalah Bodhicitta, hati yang berniat terlahir ke Alam Sukhavati adalah Bodhicitta, jadi dia bukan berpura-pura. Makanya sepatah Amituofo yang dia lafal adalah berasal dari ketulusan hatinya, sehingga saat melafal Amituofo takkan ada bentuk-bentuk pikiran.

Lihatlah dalam kehidupan kesehariannya, dia menempa diri dari permasalahan yang dihadapi, ini merupakan ketrampilan yang sesungguhnya, dia juga menuruti jodoh atau menjalani apa adanya.

Dia juga suka berjalan-jalan. Meskipun enam indria (mata, telinga, hidung, lidah, tubuh dan pikiran) melakukan kontak dengan enam kondisi luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), di hatinya cuma ada sepatah Amituofo, yang lainnya takkan ada.

Dia melihat dengan jelas, ini adalah kebijaksanaan, mendengar dengan jelas, ini adalah kebijaksanaan, di dalam hati cuma ada sepatah Amituofo, ini adalah samadhi, yakni Samadhi Pelafalan Amituofo, inilah ketrampilan sejati!


法音普薰集我們念佛的功夫得力嗎?  (第九十六集)  檔名:29-511-0096
(二)

所以讓我們想到,鄉下的阿公阿婆,他們那個念佛是真有功夫,那真的增高品位。他什麼都不懂,你問他什麼菩提心他不知道,但他真相信,他真想往生。原來那個心就是菩提心,無上菩提心,這是蕅益大師在《要解》裡頭說的。印光大師看到了,佩服得五體投地,講得太好了。過去祖師從來沒有說出來的,蕅益大師說出來了,把我們這個疑惑解開了。因為我們從前總是疑惑,老太婆、老阿公不認識字,沒有聽過講經,他沒發菩提心,他怎麼會往生?蕅益大師這一解釋,明白了。真信是菩提心,真願意往生就是菩提心,他不是假的。所以他那個佛號是真念,念佛的時候決定沒有妄想,決定沒有雜念。你看他歷事鍊心,真功夫,他也很隨緣,到處也可以去逛逛。雖然六根接觸外頭六塵境界,他心裡頭只有一句佛號,其他的都沒進來。看得清清楚楚,慧,聽得清清楚楚是智慧,心裡頭一句阿彌陀佛,這是禪定,這念佛三昧,真功夫!