Jumat, 26 Februari 2021

70.Cara Melakukan Abhaya Dana

 

 

Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma:

Cara Melakukan Abhaya Dana

 

Bagaimana cara melakukan Abhaya Dana? Bervegetarian jangka panjang adalah Abhaya Dana, selamanya tidak membunuh, tidak menyakiti makhluk hidup lagi, inilah Abhaya Dana. Kita tahu bahwa sebelum belajar Buddha Dharma, karma buruk dari membunuh yang kita lakukan sangatlah berat.

 

Ketika masih muda, saya suka berburu, membunuh sangat banyak makhluk hidup, jadi saya tahu bahwa karma ini sangat berat. Setelah belajar Buddha Dharma, saya langsung memilih untuk bervegetarian, selain itu juga sering mengikuti kegiatan melepas makhluk hidup ke alam bebas (Fang Shen).

 

Pada saat acara di vihara, pasti ada kegiatan Fang Shen, meskipun kami tidak memiliki kemampuan, berdana 1 yuan, 2 yuan juga boleh, berdana Fang Shen semampu saya, ini merupakan Abhaya Dana.

 

Setelah kondisi hidupku mulai membaik dan menjadi anggota Sangha, orang yang berdana menjadi lebih banyak, saya pun menggunakan dana ini untuk berdana obat-obatan, berdana biaya pengobatan di rumah sakit, menjelaskan pada rumah sakit bahwa jika ada pasien yang tidak mampu untuk membeli obat, maka dana ini diberikan kepada rumah sakit untuk tujuan ini, ini semuanya termasuk Abhaya Dana.

 

法音普薰集—修無畏布施的方法  (第一O九集)  檔名:29-511-0109

  無畏布施怎麼個修法?吃長素就是無畏布施,永遠不殺生,不傷害眾生,這是無畏布施。知道自己在沒有學佛之前,殺業很重。我年輕時候喜歡打獵,殺眾生很多,所以我就曉得這個罪很重。不但我學佛之後立刻就選擇素食,而且常常參加放生,這一些寺廟裡法會都放生,我們雖然沒有力量,捐個一塊、兩塊就行,盡我的力量放生,這是無畏布施。到以後生活環境逐漸好一點,出家之後供養多一點,我就把這個錢拿去捐助醫藥,醫院裡頭捐醫藥費,跟醫院說明,有些貧苦的病人沒有錢買藥的,這個錢給醫院裡頭專門做這個用途,這都是屬於無畏布施。