Rabu, 06 Februari 2019

43.Bertekad kembali lagi


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
Apa yang dimaksud dengan “Bertekad kembali lagi”?

Dalam belajar Ajaran Buddha, praktisi sekalian pasti pernah mendengar istiah bertekad kembali lagi, apa yang dimaksud dengan istilah “Bertekad kembali lagi”?

Apabila kita mengikrarkan tekad, kekuatan tekad ini dapat melampaui kekuatan karma, maka saat sekarang ini juga kita telah merupakan sosok yang bertekad kembali lagi.

Apa tekad yang diikrarkan para Buddha dan Bodhisattva? Kita mengetahui bahwa para Buddha dan Bodhisattva menjelma ke dunia ini, tubuh manusia ini digunakan untuk mengabdi demi para makhluk, bukan untuk kepentingan diri sendiri.

Hari ini kita telah berhasil terlahir sebagai manusia, tetapi setiap niat pikiran yang timbul adalah demi kepentingan diri sendiri, demi diri sendiri adalah kekuatan karma.

Hendaknya merenungkan bahwa tubuh ini bukanlah milik diri sendiri, tetapi merupakan alat untuk mengabdi bagi kepentingan orang banyak, inilah yang dimaksud sebagai “Bertekad kembali lagi”, dirimu tiada bedanya lagi dengan para Buddha dan Bodhisattva.


法音普薰集「乘願再來」是什麼意思?  (第七十二集)  檔名:29-511-0072
  學佛,大家聽說諸佛菩薩乘願再來,什麼叫「乘願再來」?我們如果發個願,願力超過我們的業力,我們現在就乘願再來了。佛菩薩是什麼願?我們知道,佛菩薩應化在這個世間,這個身體是為大眾服務的,不是為自己。我們今天得這個身體,念念是為我的,為我是業力。身體不是我的,身體是為一切眾生服務的一個工具,那你就是乘願再來,你跟佛菩薩沒有兩樣。