Jumat, 07 Desember 2018

29.Cara mengatasi serangga


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Di rumah banyak nyamuk dan semut, apa yang harus dilakukan?”

Tempo dulu saya pernah membaca riwayat Master Yin Guang, kuti yang ditempati Master Yin Guang, terdapat banyak nyamuk, lalat, kutu, yang mengganggu lingkungan hunian manusia.

Dayaka-nya, yakni orang yang menjaga Master, ingin mengusir keluar semua serangga tersebut. Master Yin Guang berkata : “Tidak perlu, kehadiran  mereka menandakan pelatihan diri dan moralitas saya masih belum mencukupi, sehingga tidak sanggup menggugah mereka, jadi jangan mengusir mereka”.

Setelah Master berusia 70 tahun, di kuti hunian beliau tidak dijumpai seekor serangga pun, mereka sudah pindah keluar. Sekarang saya sendiri juga telah berusia 70 tahun, selama 2 tahun belakangan ini, saya sangat gembira ternyata ada hasilnya. Rumah yang saya tempati juga banyak semut, kecoa, selama 2 tahun ini, lambat laun kian berkurang jumlahnya.

Di Toowoomba (Australia), kami membeli sebuah rumah mungil, sudah hampir 2 tahun, mulanya rumah ini banyak terdapat semut, kecoa dan serangga kecil lainnya.

Saya berpesan pada rekan praktisi supaya jangan membunuh serangga-serangga tersebut, hendaknya menyikapinya dengan hati yang suci dan perasaan hormat, bukan saja tidak boleh membunuh serangga-serangga ini, bahkan niat untuk mencelakai mereka juga tidak boleh ada.

Ketika melihat mereka, kami beranjali dan menyapa : “Bodhisattva Semut, Bodhisattva Kecoa”, kita mesti menggunakan hati yang tulus pada mereka. Lalu bilang pada mereka, kita hidup pada lingkungan yang berbeda, lingkungan di dalam rumah merupakan tempat hunianku, sementara lingkungan di luar rumah barulah merupakan tempat hunian kalian, semoga kita dapat hidup berdampingan secara harmonis, jangan saling mengganggu, bisa saling bertoleransi, senantiasa memancarkan pikiran sedemikian rupa, guna menasehati mereka.

Satu setengah tahun kemudian, saya lihat jumlah semut sudah berkurang 90 persen, sekarang masih ada, tapi jumlahnya sudah menyusut, tidak seperti waktu permulaan banyaknya sampai bergerombol. Saya bilang ke rekan praktisi lainnya, supaya mereka lebih giat berusaha, akhirnya dalam kurun waktu 2 tahun, serangga-serangga tersebut tidak tampak lagi. Menggunakan hati welas asih yang tulus untuk mengatasi kehadiran serangga-serangga tersebut.

Bukan saja terhadap satwa, namun terhadap tumbuhan juga tidak terkecuali. Di kebun kami ditanami beragam bunga, pepohonan dan sayuran, kami merawat mereka dengan hati welas asih, bunga-bunga bermekar dengan indah dan menebarkan keharuman, pepohonan dan sayur-sayuran tumbuh subur. Kami tidak menggunakan pupuk dan pestisida, kami hanya menggunakan hati welas asih dalam merawat mereka.

  


法音普薰集—家中出現蚊蟲螞蟻怎麼辦  (第四十八集)  檔名:29-511-0048

過去我讀印光法師的傳記,印光大師早年住的寮房,房間裡面有蚊蟲、有蒼蠅、有跳蚤,這些東西干擾。他的侍者,就是照顧他的人,想把這些東西清除,趕出去。大師說:不必,有牠們在,顯示我自己修行的德行不夠,不能夠感動牠們,不要趕牠們走。到七十歲以後,他的房間去找這些東西,一個都找不到。果然這些東西搬家了,在佛法的術語叫「遷單」,牠搬走了。印光大師七十歲以後,我現在也七十歲以後,這兩年來,我很歡喜有了效果。我居住的這些房子,也有這些螞蟻、蟑螂,常常會看見,這兩年當中逐漸逐漸少了。

我在圖文巴買了一個小地方,已經有一年八個月,剛剛買下來的時候,螞蟻非常多,蟑螂、小蟲很多。山上住了兩位同修,我告訴她,決定不殺生,對於牠們要以清淨心、恭敬心來對待;不但不可以傷害這些小螞蟻,連害牠的念頭都要斷絕。看到牠們,我們合掌「螞蟻菩薩、蟑螂菩薩」,我們要這個心對待牠。告訴牠,我們生活環境不一樣,房子裡面是我的生活環境,房子外面是你們生活環境,希望我們和睦相處,互不干擾,互助合作,常常這樣的心對待牠、勸勉牠。這一年半以來,我再看看螞蟻少了百分之九十,現在還有,很少,不像從前成群結隊。我告訴大眾,我們再努力兩年,大概完全就沒有。用真誠的愛心,對這些小動物。

不僅對這些小動物,對植物也不例外。我們花園裡面種了很多花、很多樹木,還有蔬菜,在山上我們自己種蔬菜,我們也是用愛心對待它、愛心照顧它,花開得特別美、開得香,這些小樹、蔬菜長得特別好。我們不要用化肥,不要用農藥,完全沒有,是以愛心來照顧。