Senin, 19 November 2018

20.Makna Rupang Bodhisattva Maitreya


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Mengapa di depan pintu masuk vihara ditaruh rupang Bodhisattva Maitreya?”

Dalam tradisi Ajaran Buddha Tiongkok, memang terdapat banyak keistimewaan. Begitu melangkah masuk vihara, anda akan memasuki ruangan pertama yakni altar pemujaan Empat Raja Langit; di sini anda akan melihat rupang Bodhisattva Maitreya.

Rupang Bodhisattva Maitreya diukir menurut sosok Bhiksu Kantong Kain, Bhiksu Kantong Kain muncul pada masa Dinasti Song, di Lin’an, Lin’an sekarang adalah Hangzhou, Bhiksu Kantong satu era dengan Yue Fei (Jenderal tersohor Dinasti Song).

Siapa nama sebenarnya dari Bhiksu Kantong? Tidak ada orang yang mengetahuinya. Oleh karena tiap hari dia memikul sebuah kantong kain, berpindapatra ke mana-mana, makanya masyarakat memanggilnya sebagai Bhiksu Kantong Kain.

Karakteristik dari Bhiksu Kantong adalah wajahnya penuh senyuman, orangnya gendut, perutnya buncit; akhirnya barulah diketahui bahwa beliau adalah jelmaan Bodhisattva Maitreya, maka itu masyarakat Tiongkok mengukir rupang Bodhisattva Maitreya menuruti sosok Bhiksu Kantong, ciri khasnya adalah perutnya yang buncit.

Apa makna dari perut buncit? Dapat memaafkan. Wajahnya penuh senyuman, setiap hari bersukacita, tak peduli berhadapan dengan siapa saja, wajahnya selalu penuh senyuman menyambut kehadiran orang lain.

Maka itu mengapa rupang Bodhisattva Maitreya ditempatkan di depan pintu masuk vihara, ini memberitahukan pada kita, untuk memasuki Pintu Buddha, apa syarat pertamanya? Yakni terlebih dulu harus belajar seperti Bodhisattva Maitreya, barulah boleh melangkah masuk ke dalam Pintu Buddha, hati harus lapang, belajar memaafkan, wajah mesti penuh senyuman, setelah memenuhi persyaratan ini, barulah boleh memasuki Pintu Buddha, mulai belajar Buddha Dharma. Inilah maknanya.



法音普薰集寺院一進山門為何供奉彌勒菩薩?  (第三十三集)  檔名:29-511-0033

所以在中國佛教,確確實實有許多地方非常殊勝。一進山門,諸位所見到的第一個建築物就是天王殿;天王殿裡面,你第一眼看到的,彌勒菩薩。彌勒菩薩的造像是造的布袋和尚像,布袋和尚出現在中國南宋,臨安就是現在的杭州,他跟岳飛同時代,他究竟是姓什麼?名字什麼?沒有人知道。因為他每天扛著一個大布袋,到處化緣,人家就叫他布袋和尚。布袋和尚的特徵是滿面笑容,人肥肥胖胖,肚皮很大;到以後知道他是彌勒菩薩化身,所以中國造彌勒菩薩的像都造布袋和尚。特別明顯的表徵,肚皮大。

  肚皮大表示什麼?能包容,大肚能容,取這個意思。滿面笑容,歡歡喜喜,無論對待什麼人都是笑面迎人。所以把他的像擺在門口,就是告訴我們,學佛要什麼條件才能入佛門?像彌勒菩薩那樣就可以入佛門,心量要大,要能包容,要能滿面歡喜迎人,這個條件就可以入佛門,取這個意思。