Sabtu, 17 November 2018

06.Apa yang dimaksud kebajikan tersembunyi?


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Apa yang dimaksud kebajikan tersembunyi?”

Apa itu kebajikan tersembunyi? Melakukan kebajikan jangan sampai diketahui orang banyak, inilah yang disebut kebajikan tersembunyi. Kebajikan tersembunyi akan menghasilkan balasan yang empuk.

Kalau berbuat secuil kebajikan saja, lalu sengaja diumbar-umbar, takut orang lain tidak mengetahuinya, bahkan disebarluaskan melalui media pemberitaan, mempromosikan amal sendiri kepada publik, maka berkah pun ikut ludes, sungguh disayangkan!

Maka itu orang yang benar-benar melakukan kebajikan, tidak perlu dipromosikan pada orang lain. Kalau melakukan kebajikan, lantas harus disebarluaskan melalui media, supaya terlihat di surat kabar, ini bukanlah kebajikan sesungguhnya.

Hati begini masih belum terpisah dari ketenaran dan keuntungan, hatimu tidak tulus, ini adalah kebajikan semu, munafik penuh kepura-puraan, bukan kebajikan sesungguhnya.

Kebajikan yang sesungguhnya, buat apa diketahui orang lain? Ketika media datang memberitakannya, hendaknya berusaha menghindarinya, begini barulah bagus.

Jaman dulu, insan yang memiliki kebajikan dan kemampuan besar, seperti kata pepatah “Menyembunyikan bakat diri, tidak mengumbar kemampuan diri sendiri”. Mengasingkan diri di atas gunung, tidak ada orang yang mengenalinya, maka itu moralitasnya kian dipupuk kian tebal.

Ketika jodohnya masak, ditemukan orang lain, dia dapat mengabdi bagi negara, berjasa pada rakyat. Di sini banyak pelajaran yang bisa kita petik, kita harus merenungkannya secara mendalam dan meneladaninya.



法音普薰集什麼是陰德?  (第九集)  檔名:29-511-0009
  什麼叫『陰德』?做好事不要讓人知道,這叫陰德。陰德報得厚。做一點點好事,人家都知道,像現在的新聞媒體來表揚、來讚歎,把你向社會廣大群眾去介紹,這也是福,這個福立刻就報掉,很可惜!所以真正做好事的人,不要讓人知道。如果做好事,一定要有媒體介紹,要報章上能夠看到,這不是真的好事。你這個心還沒有離開名聞利養,你不是真心,你這個善是假善、是偽善,不是真善。真善,何必讓人知道?媒體來報導,應當盡量避免,這樣才好。古時候,真正大德大能的人,所謂是韜光養晦,隱居在深山裡頭,沒有人知道,於是他的德愈積愈厚。到機緣成熟的時候,被人發現,他能為國家、為民族建功立業。這裡面含藏著許許多多的學問,這些我們都要深思,我們都要會學。