Sabtu, 08 Desember 2018

Ceramah di Paris 21 Juni 2018


Ceramah Master Chin Kung di Paris, Perancis, 21 Juni 2018
Judul : Perbanyak melihat kelebihan orang lain, jangan melihat kekurangan orang lain

Baik suasana suka maupun duka dapat membantumu mencapai kemajuan batin, mengapa anda tidak bahagia? Saat permulaan saya memasuki Pintu Buddha, Mr.Fang Dong-mei mengatakan padaku, “Belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi”.

Apa yang dimaksud sebagai kenikmatan hidup tertinggi? Yakni saat senang takkan timbul kemelekatan, saat susah takkan mengeluh, batinmu senantiasa seimbang, hati yang seimbang inilah yang merupakan hati sejati.

Manusia masa kini, balasan atas perbuatan baik dan jahatnya kian jelas terlihat; pelaku karma baik memperoleh balasan baik, demikian pula sebaliknya, semua ini terpampang jelas di depan mata kita.

Bila kita ingin berhasil pada satu masa kehidupan ini, tidak perlu tinggal berlama-lama di Surga, barulah dapat mencapai Alam Sukhavati. Orang lain sudah sampai di Alam Sukhavati, sementara anda masih berdaya upaya di Alam Surga.

Guru Sesepuh selalu berkata, melatih diri tak terpisahkan dari lingkungan orang banyak. Demikian pula kehidupan di dalam lingkungan vihara, perbanyak melihat kelebihan orang lain, jangan melihat kekurangan orang lain.

Dalam kehidupan bersama orang banyak, selama kurun waktu yang panjang, kita ditempa oleh cobaan-cobaan; sebaliknya bila tinggal sendirian di gubuk, mengasingkan diri, tidak ada yang menempanya, maka sulit mencapai kemajuan batin, ini juga bukan pilihan bijak.

Kebencian yang tidak terurai, tidak tahu balas budi, hanya tahu balas dendam, ini sudah menjadi fenomena umum. Bila bertemu dengan orang begini juga tidak perlu menyalahkannya, oleh karena dia hidup pada era sekarang ini, apa yang dia lihat, yang dia dengar, yang dia dekati adalah bersifat negatif, jadi bagaimana bisa menyalahkannya, cuma ada rasa iba melihat orang begini.

Dalam membaca buku, sutra Buddha merupakan pilihan terbaik. Bila bercita-cita mulia maka kita mesti melangkah di Jalan menuju Alam Sukhavati, wajib membaca Lima Sutra dan satu sastra Aliran Sukhavati.

Hendaknya memiliki misi sedemikian rupa, saya datang ke dunia ini guna melatih diri, setiap niat pikiran yang muncul, ucapan dan tindakan adalah teladan buat diperlihatkan kepada orang lain, menjadi seorang praktisi sejati, memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain. Daripada berteori lebih baik memberi teladan dalam bentuk pengamalan nyata.

Maka itu melatih diri dalam era dunia yang penuh kekacauan ini, bagi yang tidak paham akan merasa kesulitan, sebaliknya bagi yang sudah paham takkan merasa kesulitan.

Setelah belajar akan timbul minat melatih diri, setelah belajar, dalam hati akan terasa nyaman, begitu bahagia, sukacita ini bukan berasal dari luar, namun mengalir dari dalam batin.


 

法國巴黎餐後開示多看別人的優點 不看別人的缺陷  (第七集)  2018/6/21  法國巴黎精舍  檔名:32-295-0007

順境逆境都把你提升,你怎麼會不快樂?我入佛門,方東美先生告訴我,「學佛是人生最高的享受」。最高的享受是什麼?順境沒有貪戀,逆境沒有怨恨,你的心是平等的,平等心是真心。

人類到今天,善惡太明顯了;斷惡修善決定有好報,也都就在面前。要自己在這一生有成就,不必到天上待那麼長的時間,才能到極樂世界去。別人已經去了,你還在天上。

佛法自古以來,祖師們常常講,依眾靠眾,過團體生活,多看別人的優點,不看別人的缺陷。大眾住在一起,磨鍊的時間長;一個人住茅蓬,孤陋寡聞,進步很難,那都是錯誤的。閉關,閉什麼關?胡思亂想,是真的。怨恨不能化解,不知道報恩,只懂得報怨,這是這個時代普遍的現象。見到了不必怪他,他生長在這個時代,他看到的、聽到的、接觸到的都有問題,怎麼能怪他,怪他可憐。

讀書,佛經是第一好的。真正有志,我們今天走極樂世界的道路,淨土的五經一論必須讀的,不能離開的。世間的書,四十歲以前可以讀四書五經,四十歲以後就不必了,要讀《群書治要》。拿這個書來對照我們起心動念、所作所為,以這個為標準,書裡有很多我們做到了,有很多還沒有做到。

培養使命感,我來到這個世間,真修行,起心動念、言語造作都能給大眾表一個好樣子,真修行,幫助自己、幫助別人。言教不如身教,身是自己做到,大家看到了。

  所以亂世修行,不會的很難,會的不難。你學了有興趣,學了心裡很舒暢、很快樂,這個樂不是從外頭來的,內心往外發的。《論語》上頭一句話,「不亦說乎」,悅是快樂,不是從外來的,從內來的,從內裡面的快樂往外發,真樂!