Kamis, 07 Februari 2019

52.Cara mengukur kesucian hati sendiri


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana cara mengukur kesucian hati sendiri?”

Ada praktisi yang memiliki pelatihan diri yang bagus, tetapi begitu godaan muncul, dia langsung tidak mampu mengendalikan diri, perasaan emosionalnya langsung muncul ke permukaan, keserakahan, kebencian, kedunguan, kesombongan dan kecurigaan mulai bangkit.

Hal ini menunjukkan bahwa teori sudah dipahaminya dengan jelas, bahkan dia bisa menceramahkannya dengan mahir, apa yang dia sampaikan sungguh beralasan dan tak terbantahkan, tetapi begitu godaan muncul, dia masih saja menunjukkan jati dirinya adalah orang awam, apa yang dia pelajari jadi tidak efektif, inilah yang disebut tidak sanggup bersabar menahan diri dari godaan.

Anda memang memiliki pelatihan diri yang bagus, tapi begitu orang lain datang memujimu, menghormatimu, memberi persembahan padamu, anda langsung merasa bangga, merasa diri sendiri ternyata begitu lumayannya, niat pikiran pongah itu langsung naik ke permukaan, meskipun tidak terlampau parah, cuma dikit-dikitlah, tapi dikit-dikit juga celaka, merusak kesucian hatimu.


法音普薰集如何檢視自己的清淨心?  (第八十六集)  檔名:29-511-0086
  有人修得很好,境界一現前不行了,怨恨惱怒煩起來了,貪瞋痴慢疑起來了。這就是說什麼?教理他很清楚、很明白,講得頭頭是道,境界一現前他還是凡夫,所學的東西不得受用,這就是不能安忍。你修得不錯,人家讚歎你、恭敬你、供養你,你自以為不錯,貢高我慢的念頭生起來,雖然不是很嚴重,一點點,一點點都不行,把你清淨心破掉了。