Kamis, 07 Februari 2019

53.Cara melatih hati tak tergoyahkan


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana cara melatih hati supaya tak tergoyahkan?”

Aliran Mahayana melatih Dhyana atau samadhi, ke mana pergi melatihnya? Ke Mall atau pusat perbelanjaan. Jadi melatih Dhyana atau Chan atau Zen itu bukanlah di vihara, tetapi jalan-jalan ke Mall. Lantas apa yang mau dilatih? Yakni hati yang tak tergoyahkan.

Anda melihat seluruhnya dengan jelas dan dimengerti, inilah yang disebut sebagai kebijaksanaan; namun takkan tergoyahkan, inilah yang disebut sebagai samadhi.

Kalau cuma duduk bersila menghadap ke tembok, ini tidak bisa, apapun tidak tahu, segala hal yang ada di luar juga tidak diketahui. Kalau sedang duduk menghadap ke tembok, yah memang hatinya tak tergoyahkan, tetapi begitu berinteraksi dengan lingkungan luar, hatinya langsung goyah, beragam perasaan emosional langsung bermunculan, susah, senang, khawatir, gembira dan sebagainya, inilah orang awam.

Maka itu ketika berhadapan dengan sebuah kondisi (cobaan), namun hati tetap tak tergoyahkan barulah disebut sebagai sejati.


法音普薰集如何練不動心?  (第八十七集)  檔名:29-511-0087
  大乘修禪定,在哪裡修?我們講的是百貨公司,外國人講Mall。修禪定不是在禪堂,去逛Mall去,逛百貨公司。練什麼?練不動心。看得很清楚,樣樣都清楚,那是什麼?那叫慧;如如不動,那是定。定慧等持,那真修禪定。盤腿面壁不行,什麼都不知道,外面事情什麼都不知道。是不動心,可是一接觸外面境界心就動了,苦樂憂喜捨就現前,那是凡夫。要在境界裡不動心才叫真不動。