Minggu, 18 November 2018

12.Cara Hidup Bahagia


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Bagaimana caranya hidup dengan bahagia?”

Tempo dulu ketika saya tinggal di Amerika, banyak orang yang datang bertanya padaku : Mengapa anda selalu tampak bahagia? Saya jawab : “Belajar Ajaran Buddha”.

Belajar Ajaran Buddha mendatangkan kebahagiaan, kalau tidak bisa membuat kita jadi bahagia, buat apa kita mempelajarinya? Guruku, Mr.Fang Dong-mei, menggunakan cara ini untuk memperkenalkan Ajaran Buddha kepadaku.

Saat itu saya baru berusia 26 tahun, beliau berkata padaku “Belajar Ajaran Buddha merupakan kenikmatan hidup tertinggi”, kalimat ini membuatku begitu bersukacita, sehingga saya menaruh minat mendalam terhadap Ajaran Buddha.

Tujuan Ajaran Buddha adalah membantu semua makhluk menjauhi penderitaan memperoleh kebahagiaan, tetapi masalahnya anda tidak serius belajarnya; apabila anda belajar dengan kesungguhan hati, pasti akan memperoleh kehidupan yang bahagia serupa dengan Buddha dan Bodhisattva.

Bagaimana cara belajarnya? Mesti menuruti ajaran yang dibabarkan oleh Buddha, yakni memahami kebenaran yang terkandung di dalam sutra, menjadikannya sebagai pemikiran dan pandangan diri sendiri; menerapkan ajaran sutra dalam kehidupan keseharian, dengan demikian anda menjalani kehidupan Buddha dan Bodhisattva.

Sebaliknya jika dalam kehidupan keseharian, anda menuruti kekotoran batin dan tabiat diri sendiri, maka anda cuma berpura-pura belajar Ajaran Buddha, hatimu tidak tulus, sehingga jasa kebajikan dan manfaat unggul dari Buddha Dharma, anda tidak bisa menikmatinya sama sekali, sungguh patut disayangkan!


法音普薰集如何生活得快樂?  (第十八集)  檔名:29-511-0018
  我過去住在美國的時候常常遇到,每到一個地方,有許許多多華僑的朋友、當地美國的朋友來問我:你為什麼生活這麼快樂?我被人問的次數太多了。我回答他們:「學佛」。學佛真的快樂,不快樂我學它幹什麼?我的老師接引我就是用這個形象、用這個方法把佛法介紹給我的。那個時候我二十六歲,方東美先生告訴我,「學佛是人生最高的享受」,這句話我聽了很中意,所以我就特別留意佛教。真的佛教的教學它的目的是幫助一切眾生離苦得樂,可惜你不認真學;你要認真學,你一定得到像佛、像菩薩那樣的快樂生活、幸福生活。要怎麼學習?一定要隨順佛陀的教誨,也就是說要把經典裡面的道理參透,變成自己的思想見解;把經典裡面的教誨變成我們自己實際的生活行為,你就過佛菩薩的生活。如果在日常生活當中還要隨順自己的煩惱習氣,那你就錯了,你學佛是假的不是真的,佛法裡面殊勝的功德利益你一點都沒有享受到,這叫真可惜!