Ceramah Master Chin
Kung Serial Suara Dharma :
“Mengapa
dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci?”
Setelah membaca
banyak sutra Mahayana, maka kita akan mengetahui bahwa pada satu masa kehidupan
ini kita berjodoh bertemu dengan Buddha Dharma, berjumpa dengan Buddha Dharma
Mahayana, khususnya dapat bersua dengan Pintu Dharma Tanah Suci, yang merupakan
akar kebajikan yang ditimbun selama kalpa yang tak terhingga, selama kelahiran
demi kelahiran pada masa kehidupan lampau.
Setelah melatih
diri selama kalpa yang tak terhingga, hingga hari ini masih tetap juga rupanya
begini, hasil dari pelatihan diri selama kalpa yang tak terhingga, diri sendiri
begitu jelas memahaminya, diri sendiri mengerti adanya, ini sungguh menakutkan;
dengan perkataan lain, setelah melewati kalpa yang tak terhingga, hingga hari
ini ternyata tabiat dan kekotoran batin kita masih tetap saja tidak berubah,
aku masih seperti yang dulu.
Begitu bertumimbal
lahir lagi, seluruh kejadian masa kehidupan lampau dilupakan hingga
sebersih-bersihnya, segala sesuatu harus dimulai lagi dari awal. Bagi insan
yang memiliki akar kebajikan dan berkah kebajikan yang tebal dan mendalam, bersua
dengan Pintu Dharma ini, dapat bertemu dengan Pintu Dharma ini merupakan akar
kebajikan, berkah kebajikan dan jalinan jodoh yang ditimbun selama kelahiran
demi kelahiran, kalpa demi kalpa.
Lihatlah di dunia
ini, ada berapa banyak orang yang belajar Ajaran Buddha? Berapa banyak orang
yang melatih diri? Tetapi ada berapa orang yang berjodoh bersua dengan Pintu
Dharma ini? Setelah berjodoh bersua dengan Pintu Dharma ini, lantas ada berapa
orang saja yang dapat meyakini dan menerimanya?
Sekarang jadi
mengerti, akar kebajikan dan berkah kebajikan kita pada masa kehidupan lampau,
lebih tebal dan mendalam dibandingkan dengan dirinya, makanya kita dapat bersua
dengan Aliran Sukhavati.
Mereka tidak
berkesempatan bersua dengan Aliran Sukhavati, walaupun telah bertemu namun juga
tidak sanggup membangkitkan keyakinan, ini membuktikan bahwa akar kebajikan dan
berkah kebajikan yang kita miliki lebih mendalam dan tebal dibandingkan dengan
dirinya.
Tetapi harus
dipikirkan, bila pada satu masa kehidupan ini dilewatkan sia-sia, setelah kalpa
tak terhingga kemudian, hasil yang kita capai mungkin takkan beda jauh dengan
satu masa kehidupan sekarang ini.
Kita akan bersua
kembali dengan Pintu Dharma ini, apabila lagi-lagi kita tidak sanggup
membangkitkan keyakinan, lagi-lagi tidak sudi menerimanya, maka itu adalah
waktu kalpa tak terhingga ditambah lagi kalpa tak terhingga, berputar di enam
alam tumimbal lahir terlampau menyengsarakan, buat apa menerima siksaan begini!
Maka itu mengapa
para Buddha Tathagata menasehati kita, serupa dengan Buddha Sakyamuni yang
berulang kali menasehati kita supaya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati di
penjuru barat, oleh karena manfaat ini terlampau besar sekali.
Catatan :
Akar kebajikan adalah dapat meyakini, dapat memahami
Berkah kebajikan adalah dapat bertekad, dapat
mengamalkan
Jalinan jodoh adalah dapat bersua dengan Pintu Dharma
Tanah Suci
法音普薰集—為什麼能遇到淨土法門? (第六十五集) 檔名:29-511-0065
大乘經看多了就知道,我們這一生當中有緣遇到佛法,遇到大乘佛法,特別是遇到淨宗法門,都是過去生中生生世世無量劫來所修積的善根。無量劫的修行,到今天還是這個樣子,無量劫修行的結果,這自己清楚,自己明瞭,這很可怕;換句話說,無量劫之後,大概還跟今天差不多,這是真的不是假的。一投胎一輪迴,前生的事情忘得乾乾淨淨,說老實話,就像這一生一樣,一切都要從頭來起。好處,可以說是善根福德深厚,遇到這個法門,遇到這個法門那是多生多劫的善根福德因緣。你看我們這個世間,學佛的人有多少?修行人有多少?幾個人遇到這個法門?幾個人能夠相信、能夠接受這個法門?這就明瞭了,我們過去生中比他的善根福德深厚,遇到了。他們沒有機會遇到,遇到他也不相信,這就證明我們的善根福德比他深厚。但是要想想,這一生錯過了,無量劫之後,我們的成果大概跟這一生差不多。我們的機會必定也會遇到這個法門,遇到這個法門,再不相信,再不接受,那就無量劫之後再加無量劫,生死輪迴太苦了,何必去受這些冤枉罪!這是諸佛如來為什麼要勸勉我們,世尊在這裡一而再、再而三的勸我們求生西方極樂世界,這個利益太大了。