Sabtu, 08 Desember 2018

Ceramah di Paris 19 Mei 2018


Petikan Ceramah Master Chin Kung di Paris, Perancis, 19 Mei 2018
Judul : Di mana letak ketrampilan Buddha Dharma?

Kini kita melihat banyak orang yang sesat, menganggap yang benar sebagai salah dan sebaliknya menganggap yang salah itu sebagai yang benar, menciptakan karma buruk, dia tidak tahu bahwa akibat karma segera berbuah, oleh karena usia manusia tidak panjang.

Ketika karma buruk berbuah, masalah pun datang, tahun-tahun belakangan ini, kasus serupa ini sangat banyak. Siapa yang melakukan pelimpahan jasa (chau tu), yang paling efektif? Diri sendiri yang melakukan pelimpahan jasa barulah hasilnya efektif.

Asalkan diri sendiri melatih diri sesuai dengan ajaran sutra, barulah efektif. Meskipun orang lain memiliki ketrampilan melatih diri, melimpahkan jasa kebajikan kepada dirimu, ibarat menelan makanan, usai itu memuntahkan-nya buat dimakan dirimu, beginilah rasanya.

Maka itu di mana letak ketrampilan Buddha Dharma? Yakni melepaskan kemelekatan. Masalah sebagian orang adalah tidak sanggup melepaskan kemelekatan; masih menganggap diri sendiri yang paling benar dan paling hebat, sehingga menimbulkan problema besar yang tak berujung!

Semakin banyak memberi manfaat bagi para makhluk, maka jasa kebajikan semakin besar, mesti mengupayakan supaya orang lain memperoleh manfaat yang sesungguhnya, maka itu jasa kebajikan memberi ceramah Dharma adalah sangat besar.

Berapa orang yang datang mendengar ceramah, berapa orang yang setelah mendengar lalu memahaminya, berapa orang yang menerima, meyakini dan mengamalkan sesuai ajaran, semakin banyak jumlahnya maka jasa kebajikanmu kian besar.

Manfaat yang anda peroleh sekarang adalah usia panjang; usia panjang ini bukanlah yang ada dalam garis hidupmu, anda tidak memiliki usia yang demikian panjang, namun usiamu bertambah panjang.

Yang melampaui usia 100 tahun, banyak yang merupakan hasil pelatihan diri, apa yang dilatih? Yakni bentuk-bentuk pikiran berkurang. Maka itu jasa kebajikan dari sepatah Amituofo bukan main!

Andaikata siang malam 24 jam, di dalam pikiranmu hanya ada Amituofo, tiada lagi niat pikiran kedua, maka anda merupakan seorang praktisi agung!

Dari pagi hingga malam sibuk melafal Amituofo, bernamaskara pada Buddha, membaca sutra, bahkan juga memberi ceramah, tapi pikirannya dipenuhi bentuk-bentuk pikiran, pikirannya bercabang-cabang, maka hasilnya juga tidak efektif, nihil.

Hari ini untuk memupuk jasa kebajikan adalah hal yang mudah, lebih gampang dibandingkan dengan orang zaman dulu, tempo dulu lebih sulit bersua dengan kesempatan sedemikian rupa, sekarang kesempatan ini bertebaran di mana-mana.

Asalkan anda dapat menggenggamnya dengan erat, anda juga mengenalinya, lalu sedikit berupaya, maka buah akibatnya tak terbayangkan.

Lihatlah, sekarang kami hendak menyelenggarakan Kampus Studi Budaya Han, ini merupakan jasa kebajikan yang besar. Studi Budaya Han diwariskan secara turun temurun selama lima ribu tahun, sampai pada generasi ini, sudah hampir terputus, tidak ada orang yang mempelajari Bahasa Mandarin Kuno, buku-buku Klasik kuno disajikan di hadapan kita, kita juga tidak mampu membaca dan memahaminya, ini merupakan persoalan besar.

Studi Budaya Han ditujukan untuk membina generasi muda, agar budaya warisan leluhur dapat dilestarikan, Bahasa Mandarin Klasik/Kuno tidak musnah. Leluhur kita telah bersusah payah meninggalkan begitu banyak hasil karya yang berharga kepada kita, kita tidak boleh membiarkannya musnah di generasi kita, apabila terputus di tangan kita, maka ini merupakan orang yang paling berdosa!




文摘恭錄 法國巴黎餐後開示真正佛法的功夫在哪裡?  (第二集)  2018/5/19  法國巴黎精舍  檔名:32-295-0002

我們現在看很多人迷惑、顛倒、造業,他不知道這個業報很快就現前,因為壽命不長。現前了,問題就來了,這些事情這些年來發生很多。誰超度最有效?自己超度;自己認真如理如法的修行,那才叫真有效。別人有再好的功夫,給你迴向,就像吃東西一樣,吃完了吐了給你吃,就這個味道。

所以,佛法的功夫在哪裡?在放下。一般人問題就是放不下,問題在這兒;還自以為是,這麻煩就大了!

利益眾生愈多功德愈大,要人家得真正的利益,所以講經的功德就大了。講經多少人聽,多少人聽明白了,多少人依教奉行,這個人數愈多你的功德愈大。在現前你所得到的,長壽;這個長壽不是你命中的壽,你沒有這麼長的壽,延長了。一百多歲的,很多都是修得的,修什麼?妄念少。所以一句阿彌陀佛的功德不得了!你這一天二十四小時,腦子裡都是阿彌陀佛,沒有別的東西,是大修行人!

一天到晚我念佛、拜佛、念經、誦經,甚至於講經,還有妄想、還有雜念,效果就沒有了,就全都沖掉了。

今天修功德容易,比古人容易,古時候這個機會很難遇到,現在機會到處都有。只要你能夠掌握住,你認識它、掌握住,你在這上下一點功夫,得的果報不可思議。

  你看我們要辦漢學院,這功德大。大在哪裡?漢學在中國承傳五千年,現在這個時代快要斷了;沒有人讀文字學、沒有人學文言文,古書擺在面前看不懂,這就是大問題。辦漢學,我們培養一批年輕人,讓他承傳下去,文字學不中斷、文言文不中斷,這是拯救五千年傳統文化。老祖宗辛辛苦苦留下來,我們絕不能看到在我們這一代斷掉,那這就是最大的罪人!