Rabu, 06 Februari 2019

44.Definisi baik dan jahat




Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Bagaimana caranya membedakan baik dan jahat?

Insan yang cerdas, yang memiliki kebijaksanaan, dalam kehidupan yang berlangsung sangat singkat ini, hendaknya tahu menimbun berkah. Apa yang dimaksud dengan kebajikan? Apa yang dimaksud dengan kejahatan? Harus memiliki kemampuan dan kebijaksanaan untuk membedakannya.

Setiap tindakan yang dilakukan demi memberi manfaat bagi semua makhluk, mensejahterakan masyarakat, mendamaikan dunia, ini adalah kebajikan.

Sebaliknya bila tindakan tersebut dilakukan demi kepentingan diri sendiri, memberi keuntungan bagi organisasi sendiri, yang merugikan orang lain, yang mengelabui orang lain, ini adalah kejahatan.

Akibat dari perbuatan jahat adalah jatuh ke tiga alam sengsara, jadi buat apa bukan? Berapa lama manusia bisa hidup di dunia ini? Meskipun usiamu bisa mencapai 100 tahun, juga hanyalah 36 ribu hari saja. Bayangkanlah, terlampau singkat dan pendeknya.

Hanya untuk kurun waktu yang sedemikian singkatnya, pergi menciptakan karma buruk, lalu hasilnya jatuh ke tiga alam rendah, menjalani siksaan untuk kurun waktu yang panjang sekali. Sungguh tidak pantas!

Maka itu manusia di dunia ini yang belajar ajaran insan suci dan bijak, mengecap pendidikan kesusilaan, mesti tahu mengendalikan tabiat dan nafsu keinginan diri sendiri, membangkitkan niat mulia guna memberi manfaat bagi semua makhluk.


法音普薰集「善」、「惡」我們分得清楚嗎?  (第七十三集)  檔名:29-511-0073
  聰明人、有智慧的人,在這一生短短期間當中,要懂得修福。什麼叫善?什麼叫惡?必須有能力、有智慧辨別。凡是利益一切眾生,幫助社會安定、世界和平,這是善。凡是利益自己,利益自己的團體,損害別人,欺騙別人,這是惡。惡的果報在三途,這又何必?人在世間你能活幾天?算你活上一百歲,也不過三萬六千日,想一想太短暫了。這麼短暫的時間去造作罪業,墮落在三途,那個時間就長了。不值得!所以在這個世間讀聖賢書,受好的教育,必定要克服自己的煩惱,克服自己的欲望,真正發心利益眾生。