Rabu, 06 Februari 2019

48.Alayavijnana


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
Apa yang dimaksud dengan “Alayavijnana”?

Alayavijnana adalah Bahasa Sanskrit, bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Mandarin artinya adalah gudang kesadaran atau gudang data, seluruh niat pikiranmu yang timbul, ucapan dan tindakan, akan direkam dan tersimpan di sini, tiada satupun yang ketinggalan.

Manusia setelah meninggal dunia, apapun tidak bisa dibawa pergi, hanyalah karma yang menyertai. Mengapa demikian? Segala yang berwujud tidak bisa dibawa pergi, karma itu tidak memiliki wujud, jadi bisa menyertaimu.

Bila kita terpikir hal ini, merasa sungguh menakutkan, di dunia ini tidak ada hal yang dapat membuat kita merasa ngeri, tetapi untuk hal yang satu ini, betul-betul membuat kita jadi gemetaran.

Apabila pikiran kita tidak baik, ucapan kita juga tidak baik, perbuatan kita juga tidak baik, maka Alayavijnana akan merekam dan menyimpannya dengan baik, takkan hilang dan musnah.

Coba pikirkan, hal begini celaka tidak! Setelah kita memahami kebenaran ini, kita pasti tidak boleh menciptakan karma buruk.


法音普薰集什麼是「阿賴耶」?  (第八十集)  檔名:29-511-0080
  「阿賴耶」是印度話,翻成中國意思叫「藏識」,倉庫、資料庫,你的點點滴滴,起心動念、言語造作都放在資料庫裡儲藏,不會漏掉的。我們人死了,什麼都帶不去,業會帶去。為什麼?有形的東西帶不去,業是無形的,它跟著你走。我們想到這一樁事情,就很可怕,世間沒有什麼值得畏懼的,這一樁事情真正值得我們畏懼。我們的思想不善、言語不善、行為不善,阿賴耶識裡頭永遠不會磨滅。你說這個東西,麻煩不麻煩!了解事實真相之後,我們決定不造惡業。