Minggu, 09 Desember 2018

Ceramah di Paris 16 September 2018 (Bgn 1)


Ceramah Master Chin Kung di Paris, Perancis, 16 September 2018
Judul : Semua makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang sama dengan Tathagata

Tidak membeda-bedakan, tidak melekat, tidak timbul niat pikiran, terbukalah kebijaksanaan. Kebijaksanaan ini terjalin dengan kebijaksanaan Tathagata, para Buddha dan Bodhisattva memiliki kebijaksanaan tak terhingga, anda juga memiliki kebijaksanaan tak terhingga.

Kebijaksanaan ini sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati (Jiwa KeBuddhaan), jadi bukan berasal dari luar diri. “Semua makhluk memiliki kebijaksanaan, kemampuan kebajikan dan rupa yang sama dengan Tathagata”, 32 tanda utama dan 80 tanda sekunder, semua ini sejak semula telah sempurna dalam jiwa sejati. Samadhi dan kebijaksanaan tercapai, maka rupa pun jadi bagus; sama dengan rupa Buddha.

Maka itu segala kondisi di luar adalah semu, kosong, tidak ada yang bisa diperoleh. Karena itu melatih diri adalah melepaskan kemelekatan, bila tidak sanggup melepaskan kemelekatan adalah sama dengan tidak melatih diri.

Menyadari bahwa dunia ini semu adanya, tidak ada yang bisa diperoleh, maka sepatutnya melepaskan kemelekatan. Setelah memahami fakta ini, maka selanjutnya mesti memikul misi Buddha untuk menyelamatkan para makhluk, ini merupakan jasa kebajikan tak terhingga.

Manusia di dunia ini, mengapa ketrampilan melatih dirinya tidak efektif, alasannya tak lain adalah tidak sanggup melepaskan kemelekatan. Bukan saja tidak sanggup melepaskan, malah sibuk memperebutkan, ini lebih celaka lagi. Dengan sikap mental begini, bukan saja tidak sudi melepaskan, malah ingin menguasai, orang begini tidak bisa keluar dari enam alam tumimbal lahir.

Manusia di dunia ini menimbun berkah dan kebijaksanaan, yang sejak semula telah sempurna di dalam jiwa sejati, yang sama dengan Buddha Amitabha, mengapa tidak memupuknya? Mengapa malah mengejar rupa semu di luar diri? Orang yang mengejar rupa semu sungguh memprihatinkan, oleh karena rupa semu ada di dalam enam alam tumimbal lahir.


法國巴黎餐後開示一切眾生,皆有如來智慧德相  (第十集)  2018/9/16  法國巴黎精舍  檔名:32-295-0010

不分別不執著、不起心不動念,智慧開了。這個智慧跟如來無量智慧相應,佛菩薩無量智慧,你也無量智慧。這智慧是自性裡頭本有的,不是從外來的。「一切眾生皆有如來智慧德相」,三十二相八十種好都是自性本來具足的,你的定慧現前了,相都改變了;相一改變,跟佛一樣。所以外面境界上什麼都是假的、都是空的,什麼也得不到。三十二相八十種好都是自性裡頭本有的,只要你心定了、智慧開了就現前。所以真修就是放下,放下就是真修,不肯放下的,跟沒修沒兩樣。知道這個世間是假的,沒有一樣是真的,就肯放下,應該放下,它不是真的。證得實相之後,就要扛起佛菩薩度眾生的這個擔子,那是無量功德。

世間人學佛功夫不得力,沒有別的,就是放不下;不但放不下,還要去爭取,那就更糟糕了。有這種心態,不能放下,還要佔有,他出不了六道輪迴,關係很大。

  世間人所追求的福慧,自性裡頭本來具足,跟諸佛菩薩、跟阿彌陀佛沒有兩樣,為什麼不求?求外頭假相?求假相可憐,假相是六道裡頭的,六道以外沒有。