Selasa, 20 November 2018

21.Makna persembahan pelita


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma
“Makna dari persembahan pelita”

Persembahan pelita, pelita melambangkan terang, hati kita harus benar dan terang, berani berkorban demi membantu orang lain. Makanya persembahan pelita tempo dulu menggunakan pelita minyak, menerangi orang lain; membakar diri sendiri demi menerangi orang lain, inilah yang disebut Maha Maitri Karuna.

Masa kini pelita minyak sudah diganti dengan pelita listrik, fenomena ini sudah sulit terlihat. Tempo dulu masih menggunakan pelita minyak, lilin, jadi mudah terlihat, yakni membakar diri sendiri guna menerangi orang lain. Sekarang sudah menggunakan pelita listrik, tidak mudah untuk menemukan fenomena ini.

Maka itu berbagai simbol dalam Ajaran Buddha merupakan pendidikan yang sangat bagus, namun sayangnya kalian malah melupakan makna yang sesungguhnya, beralih jadi kepercayaan takhayul, untuk menyenangkan hati dan menjilat pada Buddha dan Bodhisattva, ini sudah keliru!

Insan mulia di dunia ini takkan terpengaruh pada orang yang menjilat padanya, apalagi Buddha dan Bodhisattva! Ini namanya merendahkan Buddha dan Bodhisattva.

Maka itu mesti memahami bahwa dibalik simbol-simbol Ajaran Buddha, memiliki makna dan pendidikan yang sangat bagus, setiap saat mengingatkan diri sendiri.

Catatan penerjemah :
Masa kini mengganti pelita minyak dengan pelita listrik, tujuannya adalah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, salah satunya adalah kebakaran.



法音普薰集佛前供燈的意義  (第三十四集)  檔名:29-511-0034

供養的燈,燈是表光明,我們心地要正大光明,要能犧牲自己,幫助別人。所以這個燈用油燈,油燒乾了,照耀別人;燃燒自己,照耀別人,這叫大慈悲。現在用電燈了,這個現象就很難看得到了。從前用油燈、用蠟燭很容易看到,燃燒自己,照耀別人。現在用電燈,不太容易見到這個現象。

  所以佛門裡頭種種陳設,都是非常好的教育,大家把這個真正的意義忘掉了,都搞迷信,變成諂媚佛菩薩、巴結佛菩薩,這成什麼話!這錯了。世間正人君子都不受你巴結,何況佛菩薩!這真叫侮辱佛菩薩,佛菩薩要是有知的話,早就把你趕出去了。所以一定要曉得,它是非常良好的教育設施,時時刻刻提醒我們自己。