Sabtu, 22 Desember 2018

32.Sebab jatuh ke Neraka


Ceramah Master Chin Kung Serial Suara Dharma :
“Mengapa ada praktisi pelafal Amituofo yang jatuh ke Neraka?”

Kalau dia melafal Amituofo bercampur dengan niat mengejar ketenaran dan keuntungan, bercampur dengan niat mementingkan diri sendiri, kalau sudah demikian rupanya, walaupun dalam sehari anda mampu melafal sebanyak 200 ribu kali, tetap saja jatuh ke tiga alam rendah.

Ini merupakan perkataan dari Master Ciyun Guanding yang hidup pada era pemerintahan Kaisar Qianlong (Kaisar Dinasti Qing ke-6). Hal ini tercantum di dalam buku karya Master Ciyun yang berjudul “Penjelasan Bab Bodhisattva Mahasthamaprapta Melafal Amituofo Dengan Sempurna Tanpa Rintangan”.

Ketika masih menjadi praktisi pemula, saya begitu tercengang ketika membaca buku ini, oleh karena di dalamnya ada dibahas tentang seratus jenis buah akibat dari melafal Amituofo, butir pertama adalah jatuh ke Neraka Avici.

Saya jadi kebingungan, kenapa melafal Amituofo bisa jatuh ke Neraka Avici?  Sambil membawa buku tersebut, saya pergi bertanya pada Guru Li, beliau berkata : Ini merupakan masalah besar! Nanti waktu ceramah akan saya jelaskan supaya semua orang ikut mendengarnya.

Kemudian kami baru mengetahui bahwa dari seratus jenis buah akibat tersebut, butir terakhir adalah terlahir ke Alam Sukhavati pada Bunga Lotus tingkatan paling atas, jadi semua ini tergantung pada hati apa yang anda gunakan.

Kalau anda memakai Buddha Dharma untuk mengelabui umat, demi mengejar ketenaran dan keuntungan, maka akibatnya jatuh ke Neraka Avici, hal ini tidak boleh tidak dipahami.

Melafal Amituofo adalah hal yang baik, tetapi harus melihat hati apa yang dia gunakan, apa niatnya? Bagaimana perbuatannya? Apa tujuannya? Jalannya benar atau sesat.

Maka itu hati suci dan setara adalah dilatih dalam kehidupan keseharian.



法音普薰集—為什麼念佛人還墮地獄  (第五十六集)  檔名:29-511-0056
如果一向專念裡面還夾雜著名聞利養,還夾雜著自私自利,你就是一天念二十萬聲佛號,還是墮三途。這個話不是我說的,是乾隆時代慈雲灌頂法師說的。你們看看灌頂法師《大勢至菩薩念佛圓通章疏鈔》,那裡面就有。我是在學生時代讀到這《疏鈔》,我感到很驚訝,因為他講念佛一百種不同的果報,第一句就是念佛墮阿鼻地獄。我就很疑惑,念佛是好事情,怎麼會墮阿鼻地獄?我就拿著這個本子去問李老師,李老師一看,他說:這個大問題!他說:我不跟你一個人說,我講經的時候跟大家說。我們以後才曉得,一百條最後一條是上上品往生,看你用的是什麼心。你拿著佛法欺騙眾生,圖自己的名聞利養,墮阿鼻地獄,這個我們不能不曉得。念佛是好事情,一定要看他用的是什麼心,他的用意何在?他用的是什麼手段,他的目的又何在?這裡頭有邪有正。所以清淨平等心就在日常生活當中去鍊,去鍛鍊。