Buddha Sakyamuni setelah mencapai KeBuddhaan, di dalam sutra pertama
yang dibabarkanNya, memberitahukan pada kita, setiap makhluk memiliki
kebijaksanaan, pahala dan kemampuan yang sama dengan Buddha; dengan perkataan
lain, setiap makhluk seharusnya menikmati kehidupan Buddha yang benar, bajik,
indah dan bijak, menikmati kondisi yang benar, bajik, indah dan bijak, ini
barulah kenikmatan hidup tertinggi.
Tetapi Buddha Sakyamuni mengetahui bahwa kekotoran batin dan tabiat kita
sudah terlampau berat, bila ingin mengandalkan kekuatan diri sendiri, maka
takkan berdaya melenyapkan khayalan, perbedaan dan kemelekatan; untuk membebaskan
diri dari penderitaan dan kesusahan, juga tak berdaya.
Di dalam Buddha Dharma, standar yang paling rendah untuk mengukur keberhasilan
dalam melatih diri, adalah sanggup melepaskan kemelekatan pada tubuh jasmani,
yakni tidak boleh melekat pada Panca Skandha ini sebagai diri sendiri; hanya
untuk satu poin ini saja, kita sangat sulit mampu mengamalkannya.
Buddha Sakyamuni mengetahui akar kebijaksanaan kita, maka itu Beliau
memperkenalkan kepada kita Buddha Amitabha dan Alam Sukhavati, membabarkan
kepada kita tentang 48 tekad agung Buddha Amitabha; dengan mengandalkan 48
butir tekad mewujudkan Alam Sukhavati. Alam Sukhavati membantu semua makhluk
yang terlahir di sana, dalam satu kehidupan mencapai KeBuddhaan.
Alam Sukhavati yang diwujudkan oleh Buddha Amitabha, tidak hanya
menjamin kita dalam satu kehidupan menyempurnakan KeBuddhaan, bahkan yang
paling istimewa adalah dibawah pemberkatan kekuatan tekad Buddha Amitabha,
begitu si praktisi terlahir ke Alam Sukhavati, walaupun belum mencapai
keBuddhaan, tetapi, saat itu sudah dapat memiliki kemampuan gaib yang setara
dengan Buddha, kemampuan dan manfaat; selain itu, mereka takkan mengalami kemunduran,
sampai pada mencapai KeBuddhaan dengan sempurna!
Di dalam Tripitaka, kita dapat menemukan bahwa di alam semesta yang
tanpa batas ini, satu-satunya hanyalah Alam Sukhavati yang memiliki lingkungan
yang sedemikian unggulnya; dengan perkataan lain, Alam Sukhavati dapat membantu
kita sebelum mencapai KeBuddhaan, memperoleh kenikmatan hidup tertinggi dengan
sempurna. Maka itu sebuah alam yang sedemikian bagusnya, mana boleh kita tidak bertekad
menuju ke sana!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran
Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong
Kong
Kode Artikel : 32-259-0001
世尊成佛以後,在他所說的第一部經典裡面就告訴我們,每個眾生都有跟佛陀一樣的智慧、福報以及能力;換句話說,每個眾生都應該享受佛陀那種真善美慧的生活、享受那種真善美慧的境界,那才是生命最高的享受。但是佛陀知道,我們的煩惱習氣太重,靠自己的能力,真的是沒有辦法把妄想、分別、執著的煩惱放下;想要脫離這些煩惱、苦難,卻又脫離不了。在佛法裡面,修行成就的最低標準,是要把「身見」放下,也就是不能去執著這個五蘊身是自己;光是這一點,我們就很難做到。釋迦牟尼佛知道我們的根性,所以,他跟我們介紹阿彌陀佛,為我們介紹極樂世界,向我們轉述了阿彌陀佛所發的四十八願;憑藉這四十八願,建立了極樂世界。這個世界,就是要幫助一切眾生在那裡一生圓滿成佛。阿彌陀佛建立的極樂世界,不僅讓我們可以一生圓滿成佛,並且,非常殊勝的是,在彌陀本願威神的加持下,眾生一到了極樂世界,雖然還沒有證得佛陀的果位,但是,那時就已經能夠擁有跟佛陀一樣的神通、能力與受用;並且,他們的修行境界永遠不會退轉,一直到圓滿成佛!在篇幅浩瀚的《大藏經》中,我們可以觀察到,在這個大宇宙裡面,只有極樂世界有這麼殊勝的境界;換句話說,極樂世界能夠讓我們在還沒有究竟成佛之前,就圓滿得到生命最高的享受。所以,這麼好的一個世界,我們怎麼可以不去!
文摘恭錄 — 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示 (共一集) 2018/1/6 香港沙田鄉議局大樓 檔名:32-259-0001
Mengenai 48 tekad Buddha Amitabha, Master Shandao yang hidup pada masa
Dinasti Tang, memilih lima butir tekad yang paling esensial, yang merupakan
inti dari 48 tekad.
Lima butir tekad inti tersebut adalah : Pasti mencapai KeBuddhaan,
Cahaya tanpa batas, Usia tanpa batas, Pujian dari para Buddha, dan Sepuluh
lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati; lima butir tekad ini telah mencakup 48
tekad Buddha Amitabha. 48 tekad agung Buddha Amitabha tercantum di dalam Sutra
Usia Tanpa Batas Bab 6.
Lima butir tekad inti, yang pertama adalah “Pasti mencapai KeBuddhaan”,
yaitu menjamin kita di Alam Sukhavati pasti dalam satu kehidupan mencapai
KeBuddhaan, menemukan kembali jiwa sejati kita yang tetap suci tak berubah
selamanya.
Kemudian yang kedua adalah “Cahaya tanpa batas” ; sebutir tekad ini
menunjukkan wilayah Buddha Amitabha menyelamatkan para makhluk adalah tanpa
batas, dengan perkataan lain, 48 tekad diikrarkan demi setiap makhluk. Cahaya juga
melambangkan kebijaksanaan; Buddha Amitabha memiliki kebijaksanaan tak
terhingga, memperoleh kebebasan besar, dapat menjelma di sepuluh penjuru alam
yang tak terhingga, membawa pada semua makhluk manfaat yang sesungguhnya, ini
sungguh tak terbayangkan!
Selanjutnya adalah “Usia tanpa batas”, sebutir tekad ini adalah Buddha
Amitabha menjamin bahwa di Alam Sukhavati, kita pasti memiliki waktu yang cukup
untuk melatih diri, akhirnya pasti berhasil menyempurnakan KeBuddhaan di Alam
Sukhavati.
Penduduk Alam Sukhavati memiliki usia tanpa batas, tidak memiliki
persoalan tumimbal lahir, hal ini tak berdaya diwujudkan di dunia kita ini.
Selain itu, sebutir tekad ini juga membantu kita memahami bahwa usia Buddha
Amitabha adalah tanpa batas. Maka itu, di Alam Sukhavati kita pasti takkan
kehilangan bimbingan dan perlindungan dari Guru; Buddha Amitabha akan
senantiasa mendampingi kita sampai kita berhasil mencapai KeBuddhaan.
Selanjutnya adalah “Pujian dari para Buddha”, sebutir tekad ini
menjelaskan bahwa semua Buddha di sepuluh penjuru alam juga menasehati para
makhluk supaya membangkitkan tekad terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada
Buddha Amitabha.
Demikian pula setelah kita berhasil mencapai KeBuddhaan, juga akan
mengajari para makhluk supaya bertekad terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada
Buddha Amitabha, oleh karena, ini merupakan bantuan yang paling unggul dan
sempurna yang dapat kita persembahkan bagi semua makhluk.
Yang terakhir atau yang kelima adalah “Sepuluh lafalan pasti terlahir ke
Alam Sukhavati”. Sebutir tekad ini memberitahukan pada kita, asalkan yakin
bahwa Alam Sukhavati itu nyata adanya, yakin bahwa Buddha Amitabha itu nyata
adanya, yakin bahwa Buddha Amitabha mengikrarkan 48 tekad tujuannya adalah demi
diri kita, setiap butir tekadNya adalah nyata adanya; kemudian membulatkan
tekad mesti terlahir ke Alam Sukhavati, belajar pada Buddha Amitabha; lalu tekun
melafal Amituofo berkesinambungan tak terputus, sampai saat menjelang ajal,
dengan keyakinan dan tekad sedemikian rupa, melafal Amituofo hingga sepuluh
kali, maka kita pasti berhasil terlahir ke Alam Sukhavati.
“Sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati”, sebutir tekad ini
sangat penting sekali, sehingga memperkokoh keyakinan hati kita untuk terlahir
ke Alam Sukhavati, dengan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, pasti berhasil
terlahir ke Alam Sukhavati!
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran
Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong
Kong
Kode Artikel : 32-259-0001
關於阿彌陀佛的四十八願,唐朝善導大師為我們擷取出五個真實之願。這是一個很好的精華版,是四十八願的心髓。這當中包括了定成正覺、光明無量、壽命無量、諸佛稱歎以及十念必生這五願;這五願圓滿含攝了彌陀的四十八願。而這些願文,都記載在《佛說大乘無量壽莊嚴清淨平等覺經》的第六品裡面。這五願首先是「定成正覺願」,就是保證我們在極樂世界決定可以一生成佛,真正回歸到自己清淨永恆的本來面目。再來是「光明無量願」;這一願是指阿彌陀佛度脫眾生的範圍沒有邊際,換句話說,四十八願是為每一個眾生發的。光明也代表智慧;阿彌陀佛的智慧無量,得大自在,能夠在十方無量世界,帶給一切眾生真實利益,這真正是不可思議!接下來是「壽命無量願」,這一願就是阿彌陀佛向我們保證,在極樂世界,我們有絕對足夠的時間來修行,最終必定在極樂世界圓滿成佛。往生極樂世界的眾生,壽命沒有限量,沒有生死的問題,這在我們這個世界是無法做到的。此外,這一願也讓我們了解到,阿彌陀佛的壽命無量,所以,我們在極樂世界絕對不會失去老師的指導與呵護;阿彌陀佛會在極樂世界陪伴我們,一直到我們圓滿成佛。接下來是「諸佛稱歎願」,這一願說明了,十方世界一切諸佛都勸眾生要求生極樂世界、親近阿彌陀佛。我們成佛以後,也是教導眾生,要求生極樂世界、親近阿彌陀佛,因為,這是我們所能夠給予眾生的最究竟圓滿的幫助。最後,第五個真實之願是「十念必生願」。這一願就是告訴我們,只要真相信有極樂世界,真相信有阿彌陀佛,相信阿彌陀佛為我發了四十八願,願願都是真的;然後立定志向,發願今生一定要往生極樂世界,親近阿彌陀佛;然後念這句阿彌陀佛佛號,乃至於臨命終時,能以這樣的信願念至十聲佛號,那麼,我們一定可以往生極樂世界。「十念必生」這一願非常重要,讓我們堅定往生極樂的信心,信願持名,定生極樂!
文摘恭錄 — 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示 (共一集) 2018/1/6 香港沙田鄉議局大樓 檔名:32-259-0001
Biasanya kita melafal Amituofo, makin banyak makin bagus, waktunya kian
panjang kian bagus. Tanpa memelihara kebiasaan melafal Amituofo dalam waktu
keseharian, sulit bagi kita untuk menjamin diri sendiri ketika meninggalkan
dunia ini, dalam momen yang sekejab tersebut, mampukah kita mempertahankan
lafalan Amituofo berkesinambungan.
Ketika kita baru mulai belajar melafal Amituofo, mungkin masih belum
sanggup mewujudkan setiap saat teringat melafal Amituofo, tetapi, kita boleh
membuat jadwal, setiap pagi begitu bangun tidur, langsung melafal Amituofo
sepuluh kali, malam hari menjelang tidur, juga melafal Amituofo sepuluh kali, setiap
hari tak pernah absen. Lama kelamaan, melafal Amituofo jadi kebiasaan.
Kita harus percaya, Buddha Sakyamuni Maha Maitri Maha Karuna, berulang
kali memperkenalkan Alam Sukhavati kepada kita, jadi tidak mungkin mengelabui
kita. Setelah terlahir ke Alam Sukhavati, maka persoalan siklus kelahiran dan
kematian telah selesai, satu masa kehidupan ini, tak sia-sia datang ke dunia
manusia, tidak menyia-nyiakan waktu.
Di dalam sebutir tekad “Sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati”,
ada menyinggung tentang “Penyaluran Jasa”; praktisi senior tempo dulu
memberitahu kita, makna dari penyaluran jasa adalah “Melimpahkan jasa kebajikan
diri sendiri kepada para makhluk, bersama-sama bertemu dengan Tathagata Buddha
Amitabha, terlahir ke Alam Sukhavati”.
Kita belajar Ajaran Buddha, bukan hanya mencapai keberhasilan buat diri
sendiri, namun juga harus membantu para makhluk yang berjodoh dengan kita, agar
mereka juga ikut berhasil. Kita tahu bahwa Alam Sukhavati sangat bagus, juga
harus memperkenalkan Alam Sukhavati kepada semua orang, jasa kebajikan dari
melatih diri dipersembahkan kepada semua makhluk, semoga mereka dapat
mengikutiku bersama-sama terlahir ke Alam Sukhavati, bersama-sama bersua dengan
Buddha Amitabha, bersama-sama mencapai KeBuddhaan!
Setiap niat pikiran kita adalah mengharapkan, semoga semua makhluk dapat
serupa dengan diriku, pada akhirnya juga dapat menjauhi segala derita, di dalam
48 tekad Buddha Amitabha, memperoleh kenikmatan hidup tertinggi.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 6 Januari 2018
Judul : Ajaran
Buddha dan Kenikmatan Hidup Tertinggi
Bertempat di : Shatin Heung Yee Kuk Building, Hong
Kong
Kode Artikel : 32-259-0001
我們平常念佛,念得愈多愈好,時間愈長愈好。沒有平時積累的功夫,我們很難保證自己離開這個世界的時候那一剎那能不能提起這句佛號。我們一開始念佛可能還做不到時時刻刻提起這句佛號,但是,我們可以每天早晨一醒來就念十聲阿彌陀佛,晚上睡覺之前也念十聲阿彌陀佛,每一天都不缺課。久而久之,念佛就成了習慣,這樣就對了。我們要相信,釋迦牟尼佛大慈大悲,為我們多次介紹極樂世界,絕不可能是在欺騙我們。真正能夠往生極樂世界,我們生生世世的問題都解決了,這一生沒有白白來到人間,沒有虛度光陰。「十念必生」這一願,提到「回向」這個詞彙;古大德告訴我們,回向的意思是「回己功德,普施眾生,共見阿彌陀如來,生安樂國」。這說得好!我們學佛,不只是要成就自己,也要成就與我們有緣的眾生。我們知道極樂世界好,也要把極樂世界介紹給大家,把修行的功德供養給大家,希望大家都能跟我一起到極樂世界,一起見佛,一起成佛!我們念念盼望著,一切眾生都可以跟我們一樣,最終都能夠遠離一切苦難,在阿彌陀佛的四十八願裡面,得到宇宙人生最高的享受。
文摘恭錄 — 佛陀教育與人生最高的享受——阿彌陀佛關懷中心圓通學子感恩之旅佛學講座開示 (共一集) 2018/1/6 香港沙田鄉議局大樓 檔名:32-259-0001