Ada praktisi
yang mengajukan pertanyaan : Melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati,
sanggupkah saya mengamalkannya?
Andaikata saya
mengatakan saya tidak yakin bisa berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, saya
tidak sanggup mengamalkannya, kalau sudah begini, maka praktisi yang sudah
bertahun-tahun mengikutiku pasti akan sangat bersedih hati.
Andaikata saya
tidak sanggup mengamalkannya, lantas diantara kalian, ada berapa orang yang
sanggup mengamalkannya? Maka itu, andaikata saya sendiri tidak sanggup
mengamalkannya, saya juga takkan membiarkan kalian menderita kegagalan, makna
ini sangat penting. Tidak masalah kalau saya tidak sanggup mengamalkannya, yang
penting kalian dapat berhasil. Apakah kalian pasti dapat meraih keberhasilan? Pasti
terwujud.
Upasaka Huang Nian-zu
di dalam karyanya “Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas”, mengatakan bahwa dari 48
tekad Buddha Amitabha, Master Shandao memilih lima butir tekad yang esensial,
yakni : Pasti mencapai KeBuddhaan, Cahaya tanpa batas, Usia
tanpa batas, Pujian dari para Buddha, dan Sepuluh lafalan pasti terlahir ke
Alam Sukhavati. Lima butir tekad ini boleh dilihat sebagai inti dari 48 tekad
dan tekad ke-18 boleh dipandang sebagai inti dari lima butir tekad tersebut. Tekad
ke-18 adalah Sepuluh lafalan pasti terlahir ke Alam Sukhavati.
Di dalam “Penjelasan Amitabha Sutra”, Master Ou Yi memberitahu kita, berhasil
tidaknya seseorang terlahir ke Alam Sukhavati adalah tergantung pada ada
tidaknya keyakinan dan tekad yang dimiliki. Ingat, anda memiliki keyakinan
benar, yakin di penjuru barat ada Alam Sukhavati, di Alam Sukhavati ada Buddha
Amitabha, Buddha Amitabha membabarkan Dharma di Alam Sukhavati, menjemput para
makhluk di sembilan Dharmadhatu terlahir ke Alam Sukhavati mencapai KeBuddhaan.
Catatan :
Sembilan
Alam Dharma atau Dharmadhatu adalah :
1.
Bodhisattva
2.
Pratyeka Buddha
3.
Sravaka
4. Deva
5. Manusya-gati
6. Asura
7.
Tiryagyoni
8. Preta
9. Naraka
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 Januari 2018
Judul : Melafal
Amituofo Terlahir ke Alam Sukhavati, Sanggupkah Saya Mengamalkannya?
Bertempat di :
Vihara LingYanShan, Distrik Shuangxi, New Taipei City.
Kode Artikel : 32-260-0001
同修們要我在此地跟大家說幾句話,出了個題目,這個題目是:念佛往生我能做得到嗎?彌陀大願略說。
我如果說,我沒有把握,我做不到,那這些年來,大家跟我學佛的一定會很傷心。我做不到,你們有幾個人能做到?因此,我做不到,我也不能讓大家做不到,這個意思重要。我做不到不要緊,只要大家做到。大家能不能做到?肯定可以做到。
我們看念公大德,他在集註上是怎麼跟我說的。「善導大師於四十八願當中,稱定成正覺、光明無量、壽命無量、諸佛稱歎與十念必生」,這個五願,善導大師告訴我們,是阿彌陀佛的「真實願」。記住,真實願。視為四十八願的心要。可見四十八願攝於這五願,這五願也攝於第十八願。第十八願是什麼?十念必生。
蕅益大師告訴我們,《〈彌陀經〉要解》裡頭所說的,能不能往生極樂世界,完全決定在信願之有無。記住,你有真信,真正相信西方有極樂世界,極樂世界有阿彌陀佛,阿彌陀佛示現在西方,接引九法界眾生往生到極樂世界去成佛去。
文摘恭錄 — 念佛往生我能做到嗎——護國息災繫念法會第五個百七起首日談話 (共一集) 2018/1/7 台灣台北靈巖山雙溪小築 檔名:32-260-0001
Apabila ketulusan telah sampai batas maksimal, maka hati sejati akan
muncul ke permukaan. Niat pikiran kita yang timbul adalah hati khayal, hati
yang membeda-bedakan dan melekat adalah hati khayal, apa yang dapat anda
rasakan juga adalah hati khayal, bukanlah hati sejati. Jika hati khayal tidak
timbul, maka hati sejati akan muncul.
Jadi hati sejati tampak dari mana? Dari samadhi. Untuk mencapai samadhi
mesti meredakan hati khayal, barulah hati sejati muncul, tujuannya ada di sini.
Saat pikiran yang difokuskan hingga tercapainya pencerahan, maka hati sejati
akan muncul.
Apakah Aliran Sukhavati memiliki metode sedemikian rupa? Ada, yakni
dengan menggunakan sepatah “Namo Amituofo”, sepatah Amituofo merupakan hati
sejati, melenyapkan seluruh khayalan dan bentuk-bentuk pikiran, supaya hatimu
terfokus pada sepatah “Namo Amituofo”. Lama kelamaan, bentuk-bentuk pikiran
dengan sendirinya takkan ada lagi, hanya ada sepatah Amituofo saja, hati sejati
muncul, selamat buat anda, anda telah menemukan kembali jiwa sejati.
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 Januari 2018
Judul : Melafal
Amituofo Terlahir ke Alam Sukhavati, Sanggupkah Saya Mengamalkannya?
Bertempat di :
Vihara LingYanShan, Distrik Shuangxi, New Taipei City.
Kode Artikel : 32-260-0001
真誠到極處,真心就現前了。我們起心動念是妄心,分別、執著是妄心,你所能感官感覺到的全是妄心,不是真心。妄心不起,真心就現前。所以真心從哪裡看?從禪定。禪定就是要把妄心放下,真心現前,目的在此地。所以定到極處豁然大悟,那是真心現前。淨土宗有沒有這個方法?有。什麼方法?用這一句佛號「南無阿彌陀佛」。這句佛號是真心,把所有一切妄想雜念打掉,讓你的心只留這一句南無阿彌陀佛。時間久了,其他的念頭沒有了,只有這一句阿彌陀佛在,那就是真心現前,那就恭喜你,你見性了。
文摘恭錄 — 念佛往生我能做到嗎——護國息災繫念法會第五個百七起首日談話 (共一集) 2018/1/7 台灣台北靈巖山雙溪小築 檔名:32-260-0001
Master Shandao di dalam “Catatan Amitayurdhyana Sutra”, menganggap bahwa
pelaku Pancanantariya Karma tidak dapat terlahir ke Alam Sukhavati, ini
merupakan upaya kausalya dari Buddha untuk menghentikan kejahatan. Mengapa
demikian? Oleh karena Maitri Karuna Buddha tiada taranya, memiliki
kebijaksanaan dan kebajikan nan sempurna, mana mungkin berpangku tangan membiarkan
para makhluk berada di jalan buntu?
Pelaku Pancanantariya Karma akibatnya jatuh ke Neraka Avici. Lantas
bagaimana kalau sudah terlanjur melakukannya? Buddha masih tetap menyelamatkan
dirimu. Tetapi meskipun berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, Bunga Teratai di
kolam tujuh mustika tidak bermekar, kelopak bunga tetap tertutup, setelah satu
kalpa besar berlalu, barulah Bunga Teratai bermekaran. Jadi tidak serupa dengan
umumnya praktisi yang terlahir ke Alam Sukhavati, begitu terlahir bunga
bermekar bertemu Buddha.
Beginilah maknanya, bukanlah Buddha yang tidak bersedia menyelamatkan-nya,
tetapi oleh karena karma buruknya yang terlampau berat, sehingga merintangi
Bunga Teratai diri sendiri tidak dapat bermekar.
Di sini ada tiga rintangan, yakni : Yang pertama adalah “Tidak dapat
bertemu Buddha Amitabha”, juga tidak dapat bertemu dengan Bodhisattva dan
Arahat. Yang kedua adalah “Tidak dapat mendengar pembabaran Dharma dari Buddha
Amitabha”. Yang ketiga adalah “Tidak dapat memberi persembahan”.
Selain tiga rintangan ini, dia takkan merasakan derita lainnya, ini
sudah cukup lumayan.
Catatan :
Pancanantariya Karma adalah perbuatan yang dapat berakibat jatuh ke
Neraka Avici, terdiri dari 5 butir yakni :
1. Membunuh ayah
2. Membunuh ibu
3. Membunuh Arahat
4. Melukai Buddha
5. Memecah belah Sangha
Kutipan Ceramah
Master Chin Kung 7 Januari 2018
Judul : Melafal
Amituofo Terlahir ke Alam Sukhavati, Sanggupkah Saya Mengamalkannya?
Bertempat di :
Vihara LingYanShan, Distrik Shuangxi, New Taipei City.
Kode Artikel : 32-260-0001
善導大師《觀經疏》裡頭,還有一個解釋,認為五逆謗法不得往生,是佛止惡的意思,是佛的方便說,不是事實。為什麼?佛慈悲到極處,智慧德行圓滿,哪有見死不救的道理?這個看法、這個想法很好,很難得。四十八願裡面,除了謗法、五逆之外,他的障極重,「眾生若造,直入阿鼻」,就是阿鼻地獄,「歷劫周慞,無由可出」,出不來。「但如來恐其造斯二過,方便止言,不得往生,亦不是不攝也」。如果真造了?真造了,佛還是度你,還是救你。但是雖然得生極樂世界,七寶池中花沒開,所以它華合,就是沒開,逕於多劫。前面講一大劫花才能開,不像一般往生,生到極樂世界花開見佛。是這麼個意思,不是佛不度、不救你,是因為你的業障太重,障礙你自己在極樂世界七寶池中花不能開。這個裡面有三種障,第一個,「不得見佛」,見不到菩薩,見不到這些阿羅漢。第二,「不得聽聞正法」。第三,「不得歷事供養」。除這三樁事情之外,他沒有其他的痛苦,真的不錯了。
文摘恭錄 — 念佛往生我能做到嗎——護國息災繫念法會第五個百七起首日談話 (共一集) 2018/1/7 台灣台北靈巖山雙溪小築 檔名:32-260-0001