Praktisi
tempo dulu umumnya melepaskan Dharma duniawi, menumpukan perhatian pada Buddha
Dharma, hal ini tentunya bagus, tetapi di dalam masyarakat hari ini, apakah
kita juga dapat berlaku sedemikian rupa? Tidak bisa, bila kita melepaskan
Dharma duniawi, bagaimana kita dapat mencari nafkah? Maka itu kita perlu
menghargai era perdagangan masa kini, minimal kita harus berusaha supaya
kebutuhan hidup yang paling dasar dapat terpenuhi.
Praktisi
takkan mendambakan kenikmatan duniawi, asalkan dapat hidup dengan layak, maka
ini sudah bagus, tenaga dan waktu yang tersisa hendaknya digunakan untuk
belajar Dharma non duniawi (Buddha Dharma). Dharma non duniawi yang paling
penting, tak lain adalah “Sutra Usia Tanpa Batas”, terutama versi rangkuman
Upasaka Xia Lian-ju, penjelasan sutra karya Upasaka Huang Nianzu menguraikannya
dengan terperinci. Bila kita dapat mengamalkannya sesuai dengan ajaran yang
tercantum di dalam sutra, maka tiada satupun praktisi yang tidak berhasil.
Kalimat
berikutnya menyebutkan dengan sangat jelas, “Oleh karena metode Pelafalan
Amituofo merupakan metode yang paling praktis”. Asalkan anda memenuhi tiga
syarat (yakin, bertekad, melafal Amituofo), maka sudah dapat melampaui enam
alam tumimbal lahir, terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat, mencapai
KeBuddhaan. Pintu Dharma yang begitu langka dan sulit ditemukan, kita telah
berkesempatan bersua dengannya.
Diantara
pintu Dharma yang tak terhingga, Pintu Dharma ini merupakan satu-satunya. Asalkan
yakin, benar-benar yakin Alam Sukhavati itu nyata adanya, mengapa demikian?
Buddha Sakyamuni mengajari kita jangan berbohong, jadi mana mungkin Sang Buddha
akan berdusta? Mustahil, jadi kita mesti benar-benar meyakini ucapan Buddha.
Yang
kedua, saya benar-benar berniat ke Alam Sukhavati. Keyakinan benar dan tekad
bulat, saya memohon terlahir ke Tanah Suci Sukhavati, Master Ouyi
memberitahukan pada kita, asalkan memenuhi dua persyaratan ini, keyakinan benar
dan tekad bulat, maka anda berkesempatan terlahir ke Alam Sukhavati. Ditambah
lagi dengan menfokuskan pikiran melafal Amituofo, maka anda dapat berhasil.
Inilah
yang kita lakukan pada era sekarang ini, 3 atau 4 tahun silam, Master Hai Xian
telah memberi teladan yang terbaik. Setelah ditabhiskan menjadi anggota Sangha,
sepanjang hayatnya membangkitkan keyakinan mendalam dan tekad menyeluruh,
melafal Amituofo dengan setulusnya, meninggal dunia pada usia 112 tahun,
terlahir ke Alam Sukhavati dengan bebas tanpa rintangan, memberi contoh teladan
bagi kita, kita mesti belajar padanya.
Maka
itu Pintu Dharma Pelafalan Amituofo merupakan yang paling praktis. “Dimanapun
dapat melatihnya”, tak perlu mengasingkan diri ke perdalaman gunung yang sunyi
senyap, tidak perlu; “Setiap saat dapat melafalnya”, tidak perlu mengasingkan
diri, tidak perlu duduk bersamadhi.
Asalkan
yakin Alam Sukhavati itu nyata adanya, tiada keraguan sama sekali, menfokuskan
pikiran melafal Amituofo, maka akan berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, “Tak
peduli melafal satu kali atau sepuluh kali, juga dapat terlahir ke Alam
Sukhavati”.
Berapa
kali melafal Amituofo baru bisa terlahir ke Alam Sukhavati? Cuma sepuluh kali
saja sudah dapat terlahir ke Alam Sukhavati. Bahkan ada yang saat menjelang
ajal, tak peduli sepuluh kali atau cuma satu kali saja, detik terakhir sebelum
menghembuskan nafas terakhir cuma sempat melafal se-kali saja, dia juga
berhasil terlahir ke Alam Sukhavati. Adakah pintu Dharma lain yang bisa
sebanding dengan Pintu Dharma ini?
Lihatlah,
Pintu Dharma ini juga “Tidak menghalangi bidang pekerjaan duniawi, tetap serupa
dapat terbebas dari samsara”. Samsara adalah enam alam tumimbal lahir,
selamanya terbebas darinya.
“Juga
dapat mencerahkan diri sendiri dan orang lain, menyelamatkan para makhluk kelak
di kemudian hari; juga memberi manfaat bagi diri sendiri dan orang lain,
menciptakan berkah bagi masyarakat dan dunia”.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Maret 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-9
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0009
過去學佛,往往把世間法放下了,專注在佛法,當然是好,可是在今天這個社會,我們能不能這樣做?不能,放棄世法,我們的生活來源到哪裡找?所以必須要重視工商業發達的時代,我們至少要能顧慮到,基本的生活能過得去。學佛的人不貪享受,能過得去就好,要把精神,要把時間,放在學習出世間法。出世間法最簡單、最重要的,《無量壽經》,特別是夏蓮居老居士的會集本,念老的註解註得非常詳細。我們能夠依教奉行,沒有一個不成就的。
底下說得很清楚,「因持名之法,最為方便」。你看,只要你真信,三個條件,就超越六道輪迴,往生西方極樂世界作佛去了。這樣稀有難逢的法門我們遇到了。無量法門裡頭,這個法門就一個。只要信,真正相信西方極樂世界有,為什麼?佛教我們不妄語,佛怎麼可能妄語?佛怎麼可能兩舌?不可能的,我們要真正相信。第二個,我真願意到極樂世界。真信切願,懇切的願望,我要求生淨土,蕅益大師告訴我們,只要有這兩條,真信切願,極樂世界你就有分了。再加上一心專念,你就成功了。這是在近代,三、四年前,海賢老和尚給我們做出最好的榜樣。他學佛,出家了學佛,一生就是深信切願,老實念佛,一百一十二歲往生,自在往生,給我們做榜樣的,我們要向他學習。
所以這個法門,持名之法,最為方便。「隨地可修」,不必要到深山寂靜之處,不需要;「隨時可念」,不需要閉關,不需要坐禪,都很辛苦。「但發廣大覺心」,廣大的覺心,就是肯定深信有極樂世界,沒有絲毫疑惑,「一向專念名號」,這一句就行了,加上這一句,往生就成功了,「下至十念一念,亦得往生」。這還得了嗎!念多少佛號?念十句佛號就能往生。還有臨命終時,十句,甚至於一句,最後嚥氣的那一聲是阿彌陀佛,他就往生了。還有哪個法門能跟它相比?你看看這個法門,「不誤世間工作,依舊頓脫生死」。生死是六道輪迴,永遠離開了。「既能自覺覺他,廣度眾生於未來;亦復自他俱利,造福社會於當世」。這個法門是本師釋迦牟尼佛,將阿彌陀佛這個願心,大願大行,幫助遍法界虛空界一切眾生,一生當中圓成佛道,了不起!廣度眾生於未來,自覺覺他於現前,自他俱利,造福社會於當世。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第九集) 2018/3/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-047-0009
Kegiatan
iring-iringan mobil berkeliling kota sambil melafal Amituofo, hal ini tidak
mendapat persetujuan dari pemerintah setempat (Tiongkok), apabila anda
bersikeras menyelenggarakannya, maka ini merupakan perbuatan melawan hukum. Maka
itu praktisi sekalian, segala bentuk penyelenggaraan upacara ritual dan
kegiatan Agama Buddha, terlebih dulu harus menaati hukum negara.
Sebagian
orang mengganggu ketertiban umum, tetapi umat Buddha dilarang melakukannya.
Waktu sebelumnya saya tidak mengetahuinya, makanya pernah menyelenggarakan
pendidikan warisan budaya leluhur di kampung halamanku. Kemudian pihak
pemerintah memberitahuku, kegiatan ini tidak diperkenankan, meminta kami untuk
menghentikan segala kegiatan belajar mengajar. Kami segera mematuhinya dan
membubarkan diri.
Pejabat
setempat yang melihat kami begitu patuh jadi keheranan, datang bertanya padaku,
kenapa kalian bisa begitu patuh? Saya menjawab, kami adalah pengikut Buddha,
harus menaati tata hukum di wilayah manapun kami berada.
Andaikata
anda hendak menyelenggarakan kegiatan ini, anda harus memohon ijin terlebih
dulu dari Departemen Agama dan menjaga ketertiban masyarakat. Tanpa persetujuan
mereka, anda bersikeras menyelenggarakan kegiatan tersebut, maka ini merupakan
perbuatan melawan hukum.
Praktisi
Aliran Sukhavati hendaknya mengingat baik-baik, janganlah sesekali melakukan
perbuatan yang melawan hukum negara, apalagi menyelenggarakan kegiatan-kegiatan
yang tidak mendapat persetujuan dari pihak berwenang.
Kegiatan-kegiatan
yang dilarang pemerintah setempat, janganlah diselenggarakan, buat apa bersikeras
menentang pihak berwenang? Melawan pemerintah merupakan sikap tidak hormat pada
Sang Buddha dan Brahmajala Sutra.
Brahmajala
Sutra menyebutkan “Tidak melakukan perbuatan yang merugikan negara, tidak
menfitnah pemimpin negara”, Keyura Sutra (Yingluo Jing) menyebutkan “Tidak
mengemplang pajak, tidak melakukan perbuatan melawan hukum negara”, empat butir
sila ini, harus ditaati baik oleh anggota Sangha maupun orang awam.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 10 Maret 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-9
Bertempat di : HK Buddhist Education Foundation
Kode Artikel : 02-047-0009
環城念佛,國家法律沒有這一條,這個環城,沒有環城這條法律,你要去做就是犯法。所以希望同學們,佛事活動一定要服從國家的法律。一般人擾亂社會,佛門弟子絕不容許。我過去不知道,曾經在家鄉辦過一個活動,傳統文化。政府的官員告訴我,這是法律上沒有的,不許可這樣做的,叫我們停課,我們就停課,叫我們解散,我們就解散。政府官員看到我們這麼服從,他好奇,來問我,你們怎麼這麼聽話?我說我們是佛弟子,佛弟子最重要的,就是要聽從領導的教誨。如果你要辦這個活動,你必須到宗教局,宗教有關,還有地方安全的,要得到他們同意,那你就不犯國制了。如果政府沒有同意你就去做,這叫犯國制。希望淨宗同學要記住,決定不能犯國家的法律,要服從,不要搞這些政府不許可的活動。好像這個宗教場所之外,集體的一些活動,政府都不願意看到。為什麼要跟政府作對?跟政府作對是大不敬,對誰不敬?對佛不敬,對《梵網經》不敬,佛在經上說的你為什麼要犯?我早年年輕的時候到台中初學佛,李老師就把這四句話告訴我,《梵網經》上,「不作國賊,不謗國主」,《瓔珞經》上,「不漏國稅,不犯國制」,四重戒,在家出家佛弟子必須要遵守。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第九集) 2018/3/10 香港佛陀教育協會 檔名:02-047-0009