Sabtu, 03 Februari 2018

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018 (Bgn 1)


Mari kita membaca kalimat berikut ini, “Membuktikan Pintu Dharma Tanah Suci merupakan Ekayana yang memahami segalanya dengan sempurna, tempat bermuara segala kebajikan, sesuai untuk semua kalangan, baik suci maupun awam, keluar dari Triloka, mencapai empat tingkatan tanah suci di Alam Sukhavati, paling sempurna dan paling cepat, Pintu Dharma menakjubkan tak terbayangkan”.

Sepenggal kalimat ini mengajari kita untuk mengenali Pintu Dharma. Kita melatih diri, dapatkah berhasil atau tidak, dapatkah memperoleh manfaat unggul seperti yang disebutkan di dalam sutra, semua ini tergantung pada pembuktian. Memberitahukan pada kita bahwa “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah sutra yang bagaimana, orang yang mengetahuinya juga tidak banyak.

Maka itu pembuktian lebih penting dari segalanya. Sesungguhnya “Sutra Usia Tanpa Batas” adalah sutra yang bagaimana? Ekayana adalah Dharma untuk mencapai KeBuddhaan, Mahayana adalah Dharma untuk mencapai Bodhisattva, Hinayana adalah Dharma untuk mencapai Arahat.

Anda berharap menjadi Buddha atau Bodhisattva? Saya percaya semua orang pasti mengatakan Saya ingin menjadi Buddha. Kalau ingin mencapai KeBuddhaan, maka Buddha Sakyamuni akan membabarkan padamu Dharma Ekayana, Pintu Dharma yang mencapai KeBuddhaan dalam satu kehidupan, yang memahami segalanya dengan sempurna.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-3
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0003


我們看這個文,非常重要。「確認淨土法門為一乘了義,萬善同歸,三根普被,凡聖齊收,橫出三界,逕登四土,極圓極頓,不可思議之微妙法門也」。到這裡是一小段,教我們認識法門。我們修學能不能修成功,能不能得經中所說的殊勝利益,完全靠認知。所以這幾句話,擺在這經文的開端,告訴我們這是一部什麼經。知道的人確實不多。

所以認知比什麼都重要。它是什麼經?一乘了義。一乘,佛給我們說法有一乘法、有二乘法、有三乘法,可以分很多。一乘是成佛的法,大乘是成菩薩的法,小乘是成阿羅漢的法。你希望成佛還是成菩薩?我相信我們大家一定都是說,我想成佛。成佛,佛就給你講一乘法,一生成佛的法門,那就是了義的,一乘了義,了是明瞭,義是義理,全通達了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第三集)  2018/1/27  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0003




 

Tempat bermuara-nya segala kebajikan, segala Dharma Bajik (Kusala Dharma) baik duniawi maupun non duniawi, seluruhnya telah tercakup di dalam 48 tekad Buddha Amitabha, 48 tekad ada di dalam sepatah Amituofo.

Praktisi Aliran Sukhavati tidak boleh tidak memahaminya, kalau tidak memahaminya maka tak berdaya mengikhlaskan, bila tak berdaya mengikhlaskan, maka tak berdaya melepaskan kemelekatan, “mengikhlaskan dan melepaskan” adalah langkah awal memasuki Pintu Buddha, dengan perkataan lain, bila tidak belajar “mengikhlaskan dan melepaskan”, setelah belajar Ajaran Buddha selama beberapa dasawarsa, hanya boleh dikatakan cuma sebatas menjalin jodoh dengan Buddha.

Adakah memperoleh manfaat? Tidak ada. Apa yang dimaksud memperoleh manfaat? Dengan menggunakan Pintu Dharma Pelafalan Amituofo sebagai perumpamaan, 24 jam timbul niat pikiran, hanya melafal sepatah Amituofo, begini barulah betul. Andaikata masih timbul niat pikiran lainnya, khayalan dan perbedaan lainya, maka anda masih belum trampil. Ini tidak boleh tidak dipahami.

Mengapa kita tidak sanggup mencapai kondisi batin ini? Oleh karena terhadap “Ekayana yang memahami segalanya dengan sempurna, tempat bermuara segala kebajikan, sesuai untuk semua kalangan, baik suci maupun awam, keluar dari Triloka, mencapai empat tingkatan tanah suci di Alam Sukhavati, paling sempurna dan paling cepat, Pintu Dharma menakjubkan tak terbayangkan”, kita tidak memahaminya, maka itu ketrampilan kita tidak efektif.

Hal ini takkan terjadi bila kita memahami semua ini. Apa yang patut dilepaskan maka harus dilepaskan, segala khayalan, bentuk-bentuk pikiran mesti dilepaskan, pintu Dharma yang beraneka ragam juga mesti dilepaskan. Mengapa demikian? Andaikata tidak melepaskannya, maka Pintu Dharma Tanah Suci yang merupakan Ekayana yang memahami segalanya dengan sempurna, anda tidak bisa memperolehnya.

Jika anda ingin memperoleh Pintu Dharma ini, maka harus melepaskan 84 ribu pintu Dharma. Dengan perkataan lain, asalkan bisa melepaskan, maka baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi takkan lagi bisa menjadi penghalang bagi dirimu, maka itu persoalan ini mesti diperhatikan dengan seksama.         

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-3
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0003


萬善同歸,世出世間一切善法,都在四十八願當中,四十八願就在這一句佛號當中。淨宗同學這些道理不能不懂,不懂你無法看破,無法看破你就無法放下,放下、看破是佛法的入門,換句話說,我們就沒有門可入了,學了幾十年不能說白學,只可以說跟佛結了法緣。有沒有得受用?沒有。什麼叫得受用?用念佛法門做例子,二六時中起心動念,就是一句佛號,這就對了。如果還有別的念頭起來,別的妄想分別執著,那你沒成片,談不上功夫。這個不能不知道。為什麼我們達不到這個境界?我們確確實實對於,一乘了義,萬善同歸,三根普被,凡聖齊收,橫出三界,逕登四土,極圓極頓,不可思議的微妙法門,一無所知,所以功夫不得力。如果我們對這個明瞭就不會了。該放下的要放下,一切妄想、雜念都要放下,佛法裡面經教法門也要放下。為什麼?你如果不放下,淨土一乘了義的法門你得不到。你想得到這個法門,就必須把八萬四千法門統統放下,也就是說,世出世間一切法就不障礙你了,不然的話這些會障礙你。所以我們不能不特別留意。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第三集)  2018/1/27  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0003

 

 
 

Setelah belajar Ajaran Buddha selama 30-40 tahun, mengapa khayalan, bentuk-bentuk pikiran, sejak pagi hingga malam masih bermunculan? Ini menjelaskan bahwa ketrampilan melafal Amituofo yang kita miliki belumlah efektif.

Kali ini merupakan pengulangan kelima kita belajar “Sutra Usia Tanpa Batas”, saya sedang berpikir, bagaimana kalau kita membuatnya sebagai pusat belajar kita, bagaimana kita tidak perlu lagi mencemaskan baik Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, melepaskan segala kemelekatan, sehingga setiap saat dapat melafal Amituofo, dari sini melatih ketrampilan, kami percaya bagi praktisi yang memiliki akar kebajikan yang mendalam dan tebal, hanya dalam waktu beberapa bulan atau setahun saja, dapat mencapai ketrampilan melafal Amituofo.   

Di dalam kisah-kisah para praktisi yang berhasil terlahir ke Alam Sukhavati, sebagian besar hanya membutuhkan waktu tiga tahun untuk mencapai ketrampilan melafal Amituofo, ketrampilannya telah efektif. Asalkan tidak mendambakan lagi dunia ini, terhadap aneka ragam pintu Dharma juga tidak mendambakannya lagi, diantara 84 ribu pintu Dharma, saya cuma memilih satu Pintu Dharma saja, yakni membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo, hanya ini yang menjadi satu-satunya pilihanku. Yang lainnya takkan dipilih, Buddha Dharma saja sudah sanggup dilepaskan, apalagi Dharma duniawi!

Dengan demikian ketrampilan melatih diri barulah jadi efektif. Meskipun ketrampilan sudah efektif, namun takkan melonggarkannya, harus serupa dengan Master Hai Xian, menggenggamnya erat-erat. Beliau merupakan teladan yang terbaik pada era kita ini, yang belajar padanya tiada satupun yang tidak berhasil, mesti serius belajarnya. Apa yang dipelajari? Melepaskan apa yang patut dilepaskan, melafal Amituofo secara berkesinambungan, begini barulah betul.  

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu (Pengulangan Kelima)
Serial ke-3
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0003


學佛學了三、四十年了,為什麼妄想、雜念,從早到晚常常出現,常常發生?這說明我們念佛功夫不得力。這次我們第五次《無量壽經》的學習,我就想,我們把這個做為一個中心,學習的中心,如何落實世出世間一切法不再關心了,不再操勞了,統統放下,讓這句佛號時時刻刻提起,在這上下功夫,我們相信善根深厚的,幾個月、一年功夫成片。我們在《淨土聖賢錄》、《往生傳》裡面所看到的,許許多多人三年功夫成片了,功夫得力了。只要對世間沒有留戀,對佛法八萬四千法門沒有留戀,我在八萬四千法門裡,只取一個法門,就是信、願、持名,就取這個,其他的不取,佛法也放下了,何況世間法!那麼功夫就很可能得力了。功夫得力抓緊,絕不放鬆,要像海賢老和尚那樣,緊緊的抓住。他是我們這個時代最好的榜樣,跟他學習沒有一個不成就,要真學。學什麼?該放下的全放下,該提起的絕無中斷,這就對了。

文摘恭錄 淨土大經科註(第五回)  (第三集)  2018/1/27  台灣台南極樂寺  檔名:02-047-0003