Senin, 26 Februari 2018

Menghapus Nafsu Keinginan Memperoleh Kebijaksanaan


Apa tujuan kita belajar Pintu Dharma ini? Praktisi sekalian juga bisa menjawabnya, yakni bertekad terlahir ke Alam Sukhavati di penjuru barat. Lantas bagaimana cara menuju ke Alam Sukhavati? Di dalam Sutra tercantum dengan jelas, gunakanlah untuk bercermin, niat pikiranku yang muncul, ucapanku dan perbuatanku, apakah sudah sesuai dengan yang dikatakan di dalam Sutra? Kalau sudah sesuai, maka kita sudah punya kepastian; sebaliknya kalau belum sesuai, maka segeralah membangkitkan ketekunan, menerima dan mengamalkan sesuai dengan ajaran sutra.   

Syarat untuk belajar Ajaran Buddha, secara internal harus menghapus ketamakan, kebencian, kebodohan, kesombongan dan keraguan, secara eksternal harus meneladani Konfusius yakni harmonis, bajik, hormat, bersahaja dan mengalah.

Konfusius adalah insan suci besar, klasik peninggalan beliau tidaklah banyak, sedangkan Buddha Sakyamuni mewariskan Sutra dalam jumlah banyak. Ada kesamaan yang dimiliki Ajaran Buddha dan ajaran Konfusius yakni mengajari kita mengikhlaskan dan melepaskan, barulah dapat memasuki Pintu Ajaran.

Ajaran Buddha mengajari kita mengikhlaskan dan melepaskan, ajaran Konfusius mengajarkan kita menghapus nafsu keinginan (ge wu) sehingga memperoleh kebijaksanaan (zhi zhi).

“Ge wu” adalah melepaskan kemelekatan. “Ge” itu adalah bertempur, melawan siapa? Yakni bertempur dengan nafsu keinginan diri sendiri, bertempur dengan lobha, dosa dan moha. Asalkan dapat menaklukkan lobha, dosa dan moha, maka anda adalah insan suci.

“Zhi zhi” adalah memperoleh kebijaksanaan, setelah nafsu keinginan dimusnahkan, maka muncullah kebijaksanaan, setelah kebijaksanaan muncul maka dapat mempelajari Ajaran Buddha, dengan kebijaksanaan barulah dapat menjadi seorang Suciwan.

Setelah kebijaksanaan berkembang, pikiranmu jadi benar, bersinar cemerlang, anda takkan menindas orang lain, anda juga takkan menghina orang lain.

Maka itu setelah menghapus nafsu keinginan dan memperoleh kebijaksanaan, lalu pikiran jadi benar, hati pun jadi tulus, dalam memperlakukan orang lain, menangani persoalan, memperlakukan makhluk hidup dan benda mati, akan jujur dan tulus, betapa bagusnya masyarakat begini.

Ini disebut sebagai membina diri, jiwa dan raga jadi sehat. Setelah membina diri barulah dapat mengurus keluarga, rumah tangga akan jadi harmonis, keluarga harmonis segala hal jadi berjaya.

Setelah itu barulah dapat menata pemerintahan, kemudian barulah dapat mendamaikan dunia. Mendamaikan dunia maksudnya adalah membawa pada seluruh pelosok dunia, keharmonisan dan kebahagiaan, inilah yang disebut dengan mendamaikan dunia secara adil dan merata.      

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Januari 2018
Judul : Menghapus Nafsu Keinginan Memperoleh Kebijaksanaan
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0021


我們修這個法門,目的何在?這大家都會說,求生西方極樂世界。西方極樂世界怎麼去?經典上講得很清楚,拿來對照,我起心動念、言語造作,跟經上講的相不相同?如果相同,我們就有把握;不相同,趕緊努力,依教奉行。

學佛的條件,內要斷貪瞋痴慢疑,外面要學孔老夫子,溫良恭儉讓。夫子是大聖人,如果生在印度,印度人稱他作佛陀。他留下來的經典不多,釋迦牟尼佛的很多,兩個對照一下,完全相同,都是從看破、放下入門。看破、放下,佛說的,格物、致知是儒家說的,格物就是放下。格是什麼?格是打鬥。跟誰打?跟欲望打,跟你的貪瞋痴打。你能把你的貪瞋痴打敗,你就是聖人。一樣!致知是智慧現前,欲望打倒了,智慧就現前,智慧就能學佛,智慧就能成聖。

智慧現前之後,你的心就正了,正大光明,你不會欺負人,你不會侮辱人。所以,格物、致知以後,正心、誠意,對人、對事、對物誠誠懇懇、老老實實,這個社會多好。這叫身修,身心健康。身修而後家齊,你一家和睦,你會帶動你的家庭,家庭和,萬事興。然後治國、平天下。平天下是帶給天下、帶給全世界和諧安樂,這叫平天下,平是平等。

文摘恭錄 台南極樂寺餐後開示——打倒欲望 智慧現前  (第二十一集)  2018/1/29  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0021




 

Ketenaran dan keuntungan, Lima Nafsu Keinginan (harta, rupa, ketenaran, makanan dan tidur) dan Enam Kondisi Luar (rupa, suara, bau-bauan, rasa, sentuhan, bentuk-bentuk pikiran), semua ini harus dilepaskan. Kekayaan yang diperoleh secara tidak halal dan bertentangan dengan hukum, menipu orang lain, membohongi masyarakat, mengelabui negara, kekayaan begini hanya bertahan sekejab saja. Tempo dulu, masyarakat Tiongkok masih dapat mempertahankan warisan hingga tiga atau lima generasi, sekarang satu generasi saja tak sampai.

Kita giat melatih diri, memohon pemberkatan dan perlindungan dari Buddha dan Bodhisattva, hanya Buddha dan Bodhisattva yang paling dapat diandalkan. Sepanjang hidupku, memberi ceramah hingga sekarang sudah 59 tahun lamanya, siapa yang mendukungku selama ini? Yakni Buddha dan Bodhisattva. Memperoleh perlindungan dari Buddha dan Bodhisattva, berterimakasih pada budi Buddha dan Bodhisattva, ini nyata adanya.

Buddha dan Bodhisattva paling bisa diandalkan, jangan sampai terabaikan.     

Kutipan Ceramah Master Chin Kung 29 Januari 2018
Judul : Menghapus Nafsu Keinginan Memperoleh Kebijaksanaan
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 32-258-0021


名聞利養、五欲六塵是大障礙,這最大的,必定要放下,這個東西不是好東西。得來不易,不是用合理合法的正當手段得來的財富,都是欺騙眾生、欺騙別人、欺騙社會、欺騙國家,所以發財時間很短暫。中國人發財,傳三代、傳五代,現在一代都保不住。

我們努力做,求佛菩薩加持、佛菩薩保佑,佛菩薩最可靠。我這一生,講學到今年五十九年,誰支持我?誰擁護我?真的,就是佛菩薩。得佛菩薩的照顧,感佛菩薩的恩,這是真的,不是假的。佛菩薩是最可靠的,千萬不要丟掉。

文摘恭錄 台南極樂寺餐後開示——打倒欲望 智慧現前  (第二十一集)  2018/1/29  台灣台南極樂寺  檔名:32-258-0021