Upasaka
Huang Nian-zu ber-maitri karuna, memetik Kata-kata Dharma para Guru Sesepuh dan
praktisi senior, merangkumnya ke dalam buku karyanya yang berjudul “Penjelasan
Sutra Usia Tanpa Batas”. Membaca satu buku ini sudah serupa dengan membaca
keseluruhan isi Tripitaka. Mengapa dikatakan demikian?
Ini
adalah Dharma Ekayana, bukan saja Ekayana, bahkan juga memahami segalanya
dengan sempurna. Setelah kita memahaminya, kita takkan lagi bersantai ria,
namun membangkitkan keyakinan benar dan tekad benar terlahir ke Alam Sukhavati,
ini sangat penting, harus memiliki keyakinan benar.
Hari
ini kita mengatakan membangkitkan keyakinan benar adalah bohong-bohongan, mengapa
demikian? Masih belum melepaskan segala kemelekatan di dunia ini, masih saja
mendambakannya di hati, mulut melafal Amituofo, namun hati enggan melepaskan,
ini sama saja masih terbelenggu.
Sedangkan
Master Hai Xian telah melepaskan, setelah ditabhiskan, gurunya mengajarinya
melafal Amituofo berkesinambungan, saat itu dia sudah melepaskan segala
kemelekatan. Maka itu menurut perkiraanku, sebelum usia 25 tahun beliau telah
mencapai ketrampilan melafal Amituofo. Master Hai Xian meninggalkan keduniawian
pada usia 20 tahun, dalam kurun waktu 5 tahun, harusnya dia telah berhasil
mencapai kondisi batin ini.
Setelah
mencapai ketrampilan melafal Amituofo, maka terjalin dengan Buddha Amitabha,
bersua dengan Sang Buddha, baik di dalam samadhi maupun di dalam mimpi, Buddha
Amitabha akan datang membantumu, memberitahumu kapan akan datang menjemputmu,
saat menjelang ajal nanti, Buddha Amitabha pasti datang menjemputmu, hati pun
jadi lega, keyakinan hati jadi sempurna.
Baik
Dharma duniawi maupun Dharma non duniawi, tidak boleh didambakan, ada pula
praktisi yang tidak serakah lagi pada Dharma duniawi, tetapi beralih jadi
serakah pada Buddha Dharma. Buddha Sakyamuni mengajarkan kita untuk melenyapkan
hati lobha, tetapi ketamakan itu masih ada, cuma berganti objeknya saja.
Kalau
loba itu tidak dilenyapkan, saat menjelang ajal akan merintangi usahamu
terlahir ke Alam Sukhavati, ketika Buddha Amitabha datang menjemputmu, namun
anda masih belum sanggup melepaskan kemelekatan. Buddha Amitabha pun pergi
meninggalkan dirimu.
Tentunya
melepaskan kemelekatan itu tidaklah gampang, mesti memiliki ketrampilan melatih
diri barulah bisa cepat tercerahkan. Bagaimana supaya tercerahkan? Melepaskan
kemelekatan, menfokuskan pikiran melafal Amituofo berkesinambungan. Tidak perlu
waktu yang lama, Buddha Amitabha akan hadir untuk kedua kalinya, untuk ketiga
kalinya, senantiasa datang menjagamu, pikiranmu jadi terfokus. Kita tidak boleh
tidak mengetahuinya.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-3
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0003
念老慈悲,將祖師大德這些重要的法語,都把它抄在這一部,《無量壽經》註解裡頭。讀這一部註解等於說是把三藏十二部你全都讀了。為什麼?這是一乘法,不但是一乘,是了義。我們明白了,我們絕不放鬆,真信,真願意往生,這個重要,有個真信。我們說真信都是假話,為什麼?這個世間一切萬事萬物沒放下,還常常掛在心上,念在口上,沒放下,一樣都沒放下,所以要學。老和尚真放下了,出家剃了頭,師父教了他這句佛號,叫他一直念下去,他這個時候就放下了。所以我估計他,他念到功夫成片,應該在二十五歲之前,海賢老和尚二十歲出家的,五年應該得到這個地位,就是功夫成片。得功夫成片,跟阿彌陀佛就有感應,你見到佛,定中見到,夢中見到,佛來幫助你,透信息給你,這個信息多半是往生,往生的時候,阿彌陀佛一定來接引你,放心了,信心真足。世間法,出世間一切佛法,一切佛法不能貪,世間法不貪,貪佛法,佛是叫我們把貪心消除,我們貪心存在,只是換了對象,把貪世法換成貪佛法,還是貪。起不起作用?起作用,起什麼作用?障礙你往生,障礙佛菩薩來接引。阿彌陀佛來接引,走到你面前,你怎麼貪心還沒放下?佛就離開了。當然這也不容易,有這等功夫覺悟得快。怎麼覺悟?放下,一心專念阿彌陀佛。不必很久,阿彌陀佛第二次來了,第三次來了,常常來照顧你,你心定了。我們不能不知道。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第三集) 2018/1/27 台灣台南極樂寺 檔名:02-047-0003
Tempat bermuara segala Dharma Bajik (Kusala
Dharma), menjauhi kejahatan dan menimbun kebajikan adalah membantumu untuk
menumbuhkan akar kebajikan. Kebajikan dari segala kebajikan, kebajikan yang
terunggul, tak lain adalah membangkitkan keyakinan dan tekad melafal Amituofo,
inilah Kusala Dharma terunggul, dimana bermuaranya segala kebajikan.
Kita ini tidak tahu, andaikata kita mengetahuinya,
maka akan segera meneladani Master Hai Xian, dengan setulusnya melafal
Amituofo. Anda akan menjadikan melafal Amituofo sebagai urusan yang paling
penting di dalam hidupmu, niat pikiran yang melafal Amituofo ini pasti
berkesinambungan tak terputus, kapan saja dan di mana saja, di dalam hatimu
hanya ada sepatah Amituofo, jelas dan dimengerti.
Hari ini kita bersalah pada Buddha, kita bersalah
pada Guru Sesepuh dan Praktisi Senior terdahulu, kita telah bersua dengan Pintu
Dharma ini tetapi tidak serius melatihnya.
Penyebabnya adalah tabiat duniawi kita sudah
dipelihara sampai begitu mendalam, walaupun mengkagumi Buddha Dharma, namun
terhadap Dharma duniawi, selalu saja mendambakannya, manalah ikhlas
melepaskannya.
Ada praktisi yang melatih Pintu Dharma ini, setelah
satu kurun waktu berlalu, jadi mundur dan beralih mempelajari pintu Dharma
lainnya. Pada jaman berakhirnya Dharma ini, guru-guru sesat yang memberi
ceramah Dharma, banyaknya bagaikan butiran pasir di Sungai Gangga. Perkataan
ini diucapkan oleh Buddha Sakyamuni di dalam sutra, agar kita bermawas diri.
Baru-baru ini saya mendengar ada lagi orang yang
mempelopori bahwa melafal Amituofo terlahir ke Alam Sukhavati begitu entengnya,
cukup dengan melafal Amituofo saja, membawa serta karma terlahir ke Alam
Sukhavati. Kabarnya banyak umat yang percaya sama omongannya. Dia bilang sutra
tidak perlu dibaca, Dharma juga tidak perlu dipelajari, sila juga tidak perlu
diamalkan. Ini adalah ucapan Mara, bukan Buddha.
Buddha dan Bodhisattva mengajari kita belajar
Aliran Sukhavati, tetapi tidak mengatakan tidak perlu menjalani sila. Kalau
tidak mendalami ajaran sutra, maka anda tidak mempunyai kemampuan untuk
membedakan benar dan sesat, tidak tahu membedakan benar dan salah. Ini sangat
penting.
Manusia di dunia sekarang mempunyai berkah yang
tipis, kita hidup pada era ini, dunia yang penuh kekacauan. Pemikiran yang
kacau, pengamalan juga kacau, semua lingkungan juga sudah kacau. Betul-betul
merupakan dunia yang kacau. Lantas bagaimana?
Hanya menuruti ajaran sutra yang dibabarkan Buddha
Sakyamuni, dari ajaran sutra mencari jalan keluar bagi diri kita, menggali
keluar kebijaksanaan kita, kemampuan kita untuk membedakan benar dan sesat, tahu
membedakan benar dan salah, kita mesti membulatkan tekad pada satu kehidupan
ini juga meraih keberhasilan sempurna.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-3
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0003
萬善同歸,斷惡修善是幫助你長養善根。善中之善,世出世間第一善法,有沒有?有,在哪裡?信願持名,就是第一善法,就是萬善同歸。我們不知道,如果我們知道,就會像賢公老和尚老實念佛。念佛是你這一生當中,第一樁大事,阿彌陀佛這個念頭,肯定是念念不斷,無論在什麼時候,無論在什麼場所,你心裡頭沒有念頭,只有阿彌陀佛,清清楚楚。記住,這是萬善同歸,歸到哪裡?歸到性海,歸到自性。自性萬德莊嚴,這個時候你能體會得到。
這都是幾句話,從「一乘了義」,到「逕登四土,極圓極頓,不可思議之微妙法門」。今天這個法門在我們面前,我們對不起佛陀,對不起祖師大德,我們遇到了沒真幹。這就是原因,世間法的習氣養得太深了,雖然仰慕佛法,世間法還捨不得放下。學習佛法的人遇到這個法,學了一段時期,放棄了,換別的法門。末法時期,邪師說法如恆河沙。這個話是佛在經上講的,不是騙我們的,是讓我們提醒、警覺。
我聽說最近又有人在提倡,念佛往生淨土很簡單、很容易,念就行了,帶業往生,什麼都可以帶去,根本這些那些都不必談。聽說有不少人相信,經也不念了,教也不學了,戒律也不要了,以為這就能成功。這話是魔說的,不是佛說的。佛菩薩、祖師大德教我們學習淨宗,沒有說不持戒了。若不深入經藏,你就沒有能力辨別邪正,沒有能力辨別是非。這個重要。現在這個世界眾生福薄,我們生在這個時代,亂世。什麼亂了?思想亂了,行持亂了,一切環境統統都亂了。真的是亂世。怎麼辦?依止如來的經教,從經教裡面找出我們的出路,找出我們的智慧,我們有能力辨別邪正,辨別是非,我們下定決心,在這一生當中圓滿成就。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第三集) 2018/1/27 台灣台南極樂寺 檔名:02-047-0003
“Sutra Usia Tanpa Batas” merupakan “Sutra terpenting
dari semua sutra Aliran Tanah Suci”. Upasaka Huang Nian-zu menunjuk pada kita,
“Sutra Usia Tanpa Batas” yang dirangkum Upasaka Xia Lian-ju, merupakan versi
yang terbaik.
Kini, terhadap versi rangkuman ini, orang-orang
yang mengkritik jumlahnya masih banyak. Pernah satu kurun waktu, saya juga kena
dampaknya. Saya katakan pada semua orang, walaupun seluruh manusia di dunia ini
tidak percaya, namun saya seorang diri masih yakin. Mengapa demikian?
Guruku (Upasaka Li Bing-nan) mengasihi dan
melindungiku, muridnya ini, takkan mengelabuiku, Guruku mewariskan buku sutra
ini kepadaku, andaikata saya tidak percaya dan beralih ke versi lainnya, saya
akan sangat bersalah pada beliau! Maka itu saya umumkan, meskipun seluruh manusia
di dunia ini tidak percaya, namun saya seorang diri masih yakin, takkan ada
keraguan sama sekali.
Sekarang kritikan itu berangsur-angsur reda,
orang-orang yang yakin pada sutra versi rangkuman, kian hari kian banyak
jumlahnya. Tetapi kalau ada orang yang datang menghasutmu, jangan belajar sutra
ini, atau mengatakan padamu, masih ada metode lain yang lebih sakti, semua ini
adalah omong kosong yang tujuannya untuk mencelakai dirimu, menutup jalanmu
terlahir ke Alam Sukhavati, sungguh mengerikan.
Kutipan Ceramah Master Chin Kung 27 Januari 2018
Judul : Penjelasan Sutra Usia Tanpa Batas Karya Upasaka Huang Nianzu
(Pengulangan Kelima)
Serial ke-3
Bertempat di : Vihara Ji Le Si, Tainan, Taiwan
Kode Artikel : 02-047-0003
這部經,《無量壽經》,「乃淨土群經之首要」。念老為我們指出的,就是夏蓮居老居士,會集的《無量壽經》,「漢、魏、吳、唐、宋五種原譯,廣擷精要,圓攝眾妙,匯成今經。現推為《無量壽經》之善本」。這把這部經介紹出來。
現在對這個本子,批評的人還很多。曾經有一段時間,我都受這影響,外面,甚至於對人身攻擊的都很多。我向大家說,全世界的人都不相信,我一個人還相信。為什麼?我的老師愛護我這個學生,不會騙我,老師傳給我的,我要不相信,去換別的本子,我怎麼能對得起老師!所以我在講經的時候也宣布,全世界人都不相信,我一個人還相信,絕不懷疑。現在環境逐漸好轉,相信這部經的人愈來愈多了,好事。可是還有許多人在勸你,不要學這個經,或者是學五種原譯本,或者乾脆叫你統統都不要學。甚至於說出來,三根普被,利鈍全收,三根,上中下三根,我們是下下根人,不是上根人,經教這麼難,一生當中出去,說佛有更妙的法門,帶業往生,這要記住,不要忘掉,只要臨終念這句阿彌陀佛,就可以往生,不必講求功夫。這些言論都是錯誤的,都是害人的,都是把往生到極樂世界這條道路堵塞,非常可怕。我們不能不重視。
文摘恭錄 — 淨土大經科註(第五回) (第三集) 2018/1/27 台灣台南極樂寺 檔名:02-047-0003